Dalam cerita One Piece, pertarungan menjadi sebuah hal yang tidak terhindarkan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan pertarungan, nasib seseorang bisa diputuskan. Contohnya adalah ketika pertarungan antara Kuzan dan Sakazuki terjadi. Pertarungan tersebut dilakukan demi memutuskan siapa yang lebih pantas untuk menjadi fleet admiral angkatan laut. Pertarungan juga dilakukan untuk menghadapi ancaman yang muncul.

Contohnya adalah ketika Luffy dan kru Topi Jerami harus menghadapi Enel di pulau langit, ketika mereka harus menghadapi Crocodile dan pasukannya di Alabasta, atau seperti yang terjadi saat ini ketika Luffy harus menghadapi Kaido di Onigashima. Dalam pertarungan tersebut, tidak jarang terdapat senjata yang digunakan oleh para karakter. Berikut adalah beberapa senjata dahsyat yang ada di cerita One Piece.

Dials

Dials mungking terlihat seperti kulit kerang pada umumnya, namun jangan salah. Kulit kerang tersebut memiliki kekuatan dahsyat. Dials sendiri memiliki ukuran beragam, mulai dari ukuran kecil seperti kulit kerang pada umumnya, sampai yang seukuran manusia. Dials juga memiliki fungsi yang berbeda-beda, salah satunya adalah bisa digunakan dalam pertempuran.

Usopp mempraktikan hal ini dengan menggunakan Impact Dial saat dia bertarung melawan Luffy. Usopp juga menggunakan Flash Dial untuk membuat Luffy buta sementara saat pertarungan berlangsung. Di tangan orang yang benar, Dials bisa dimanfaatkan menjadi senjata yang berguna menghadapi musuh. Namun, di tangan orang yang salah, Dials bisa menjadi sesuatu yang mematikan.

Kanabo

Kanabo merupakan senjata yang digunakan oleh “makhluk paling kuat di dunia” yaitu Kaido. Senjata mengerikan milik Kaido ini dibuat dari material berwarna hitam yang misterius. Di ujungnya terdapat duri-duri tajam yang siap membuat musuh terluka parah. Salah satu bukti kekuatan dari Kanabo adalah mampu menerbangkan musuhnya sampai jarak yang sangat jauh. Hal ini pernah diperlihatkan ketika Kaido menghajar Luffy.

Dengan kekuatannya yang dahsyat, Kaido bahkan mampu melukai dan mengalahkan Luffy dengan sangat mudah di awal pertarungan mereka. Bahkan, Luffy sampai tidak sadarkan diri. Dibandingkan dengan senjata kuar lainnya, Kanabo milik Kaido ini mungkin tidak terlihat istimewa. Namun, dengan kekuatan yang dimiliki Kaido, Kanabo bisa berubah menjadi senjata yang mengerikan.

Yoru

Yoru merupakan salah satu dari 12 pedang dengan tingkat kesempurnaan yan gsangat tinggi (Saijo O Wazamono). Dan Yoru juga merupakan salah satu black blade atau pedang hitam dalam cerita One Piece. Artinya pedang Yoru sudah sangat melekat pada sosok Dracule Mihawk, selaku pemiliknya, dan juga pedang Yoru memiliki kemampuan Haki dahsyat di dalamnya.

Rasanya tidak perlu lagi untuk membahas bagaimana kekuatan dari Yoru. Menjadi salah satu pedang terkuat yang dipadukan dengan kemampuan Mihawk, Yoru bahkan mampu memotong gunung es yang dibuat oleh Kuzan saat pertempuran besar di Marineford. Meski pun jaraknya jauh, Mihawk juga masih mampu menghancurkan apa pun dengan mudah dengan pedang Yoru.

Enma

Enma merupakan salah satu dari 21 pedang dengan kualitas baik. Pedang Enma memiliki kualitas satu tingkat di bawah Yoru. Pedang Enma merupakan salah satu pedang yang dahulu sempat dimiliki oleh Kozuki Oden. Pedang lainnya adalah Ame no Habakiri. Salah satu bukti kedahsyatan pedang Enma adalah pedang ini menjadi satu-satunya senjata yang mampu membuat bekas luka di tubuh Kaido.

Meski pun merupakan senjata yang kuat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mereka yang ingin menggunakan Enma. Pertama, Enma merupakan pedang yang sulit dikendalikan. Kedua, pedang ini mampu menguras Haki dari penggunanya. Jika penggunanya tidak memiliki kemampuan Haki yang cukup, dan tidak mampu mengendalikannya, maka mereka tidak akan sadarkan diri.

Shusui

Seperti halnya Enma, Shusui juga merupakan salah satu dari 21 pedang dengan kualitas baik. Pedang Shusui ternyata bukanlah pedang biasa. Menurut cerita Hiyori, pedang yang dibuat di Wano ini merupakan harta karun terbesar dari wilayah tersebut. Dan mereka percaya, hilangnya pedang Shusui yang menjadi penyebab kesengsaraan di Wano. Karena itulah, Hiyori meminta Zoro mengembalikannya.

Shusui sendiri diketahui merupakan pedang yang dimiliki oleh samurai legendaris Wano, Shimotsuki Ryuma.  Zoro mendapatkan Shusui setelah dia bertarung menghadapi zombie Ryuma di Thriller Bark. Salah satu bukti kekuatan dari Shusui adalah mampu menahan serangan Oars dan juga Trident milik Neptune. Selain itu, Zoro juga pernah membelah sebuah kapal bajak laut dengan hanya satu tebasan menggunakan Shusui. Dan dahulu, disebutkan bahwa Ryuma pernah memenggal kepala naga dengan menggunakan pedang ini.

Clima Tact

Clima Tact merupakan tongkat yang dimiliki oleh Nami. Dalam setiap pertarungan yang dilakukan oleh Nami, dia selalu mengandalkan Clima Tact miliknya untuk mengalahkan musuh. Clima Tact sendiri mengalami beberapa kali perubahan. Sekilas, Clima Tact mungkin terlihat seperti tongkat besi biasa. Namun, Clima Tact mampu melakukan sesuatu yang luar biasa.

Finally a New Power-Up for Nami! - One PieceContohnya adalah mengeluarkan awan hitam yang mampu meledak, kemudian mengeluarkan awan yang bisa mengeluarkan petir dahsyat, dan sebagainya. Sesuai dengan sosok Nami, memang kekuatan Clima Tact semuanya berkaitan dengan cuaca. Meski pun begitu, serangan Clima Tact tidak bisa diremehkan. Apalagi yang paling baru Clima Tact sudah menyatu dengan salah satu Homies milik Big Mom, Zeus, yang mana hal itu semakin memperkuat serangan Clima Tact.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.