Pertarungan terakhir dan terbesar di Infinity Saga telah membuat timeline Marvel Cinematic Universe menjadi sedikit membingungkan. Setelah jentikan Thanos yang disebut ‘Snap’ menghapus setengah kehidupan alam semesta di film Avenger: Infinity Wars, ada jarak lima tahun sampai kejadian di film Avengers: Endgame, di mana jentikan Hulk yang disebut ‘Blip’ berhasil menghidupkan kembali makhluk-makhluk yang sempat dihapus oleh Thanos. Sejak kejadian tersebut, urutan tayangan MCU terhadap timeline, menjadi tidak mudah untuk ditebak, termasuk film Shang-Chi yang akan rilis bulan depan.

Banyak pertanyaan seputar film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, salah satunya mengenai latar waktu di filmnya. Apakah pertarungan Shang-Chi melawan ayahnya terjadi sebelum ‘snap’, sehingga Shang-Chi bisa saja terlibat di pertarung akhir melawan Thanos, atau justru setelah Blip, sehingga memunculkan pertanyaan, apakah Shang-Chi termasuk orang yang dihapus oleh Thanos? Ditambah lagi dengan kejadian di akhir serial Loki, yang membuka kemungkinan multiverse, membuat timeline Shang-Chi sangat penting untuk diketahui.

Baru-baru ini dalam wawancaranya dengan Fandango, sutradara Shang-Chi, Destin Daniel Cretton ditanya mengenai kapan tepatnya kejadian di film Shang-ChiĀ berlangsung. Cretton menjawab bahwa kejadiannya terjadi pada masa sekarang. “Shang-Chi akan berlangsung pada masa sekarang di timeline MCU.” kata Cretton. ketika ditanya lagi oleh Fandango apakah yang dimaksud dengan ‘masa sekarang’ adalah setelah ‘Snap’, Cretton mengiyakan hal tersebut. Sementara dia tidak menjelaskan lebih detail lagi, jawaban Cretton tersebut sudah cukup menjelaskan bahwa film Shang-Chi akan berlangsung setelah ‘Snap’.

Dengan beberapa tayangan awal Fase 4 MCU yang berlatar waktu setelah kejadian Avengers: Endgame, termasuk WandaVision yang berlatar seminggu kemudian, The Falcon and the Winter Soldier yang berlatar beberapa bulan kemudian, film Shang-Chi sepertinya berlangsung sekitar kejadian TFATWS. Seperti yang terlihat di trailernya, dunia tampaknya sudah hidup normal kembali dengan segala aktivitas dan hiburan di dalamnya. Dengan timeline ini, semoga saja film Shang-Chi menjadi awal timeline MCU kedepannya yang mulai kembali normal. Film Shang-Chi dijadwalkan rilis pada tanggal 3 September 2021.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.