24 tahun sebelum apa yang terjadi sekarang di One Piece, Roger harus dieksekusi oleh pemerintah dunia dan angkatan laut. Eksekusi matinya dilakukan di Logue Town, dan diperlihatkan pada orang banyak. Sebelum hidupnya berakhir, Roger sempat membubarkan kru bajak lautnya, karena semua tujuan Roger sudah tercapai. Tapi, bagaimana jika sebenarnya Roger masih memiliki misi terakhir yang belum terwujud? Misi tersebut kemungkinan diserahkan pada anak buahnya yang sampai sekarang masih hidup.

Seperti yang kita ketahui bahwa bajak laut Roger pernah mencapai Laugh Tale. Di pulau tersebut, Roger dan kawan-kawan menemukan harta karun berusia 800 tahun, dan diduga harta karun tersebut adalah milik Joy Boy. Menariknya dalam harta karun tersebut, ada banyak fakta yang disembunyikan. Contohnya adalah tentang abad yang hilang, senjata kuno, dan arti klan D.

Karena sudah mengetahui apa isinya, berarti Roger tahu semua rahasia dunia. Anehnya, Roger dan kawan-kawannya seolah tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka hanya tertawa karena mereka tiba di Laugh Tale lebih cepat dari yang direncanakan. Jadi, bagaimana jika sebenarnya misi terakhir Roger yang belum selesai adalah mencari orang yang bisa menyelesaikan atau mewujudkan ramalan yang tertulis di Poneglyph? Saat perang Marineford terjadi, Whitebeard sempat mengatakan kepada Blackbeard bahwa dirinya bukanlah sosok yang ditunggu Roger. Itu berarti Roger sedang mencari orang yang bisa mewujudkan ramalan di Poneglyph yang ada di Laugh Tale.

Proses pencarian sosok tersebut kemungkinan selesai saat Shanks memberikan Topi Jeraminya pada Luffy, dan kemudian Topi Jerami itulah yang menjadi tanda bagi kru Roger lainnya seperti Rayleigh, Crocus, dan Scopper Gaban, bahwa sosok yang akan mewujudkan ramalan sudah ditemukan, dan itu adalah Luffy.

Misi tersebut kemungkinan diberikan oleh Roger kepada Shanks, Rayleigh, Crocus, dan Scopper Gaban, sebelum bajak laut Roger dibubarkan. Mereka butuh sesuatu yang akan memicu generasi muda untuk bersedia menjadi penerus Roger, dan mewujudkan apa yang sebenarnya telah diramalkan. Oleh karena itulah Roger memutuskan untuk dieksekusi dan ditonton oleh publik, dan eksekusi itulah yang pada akhirnya memicu semangat orang-orang.

Mungkin Geeks sudah tahu tentang isi dari Poneglyph terakhir yang bisa mengguncang dunia, bahkan bisa menggulingkan kekuasaan dari Pemerintah Dunia. Poneglyph tersebut juga bisa menyebabkan perang besar antara bajak laut dan pihak Pemerintah Dunia, kaum naga langit, dan tentunya angkatan laut. Sang calon raja bajak laut ini (Luffy) nantinya akan menjadi pemimpin dari sebuah pasukan besar dan memandu pasukan ini dalam pertempuran terakhir melawan pemerintah. Luffy sepertinya sudah ditakdirkan untuk hal ini, dan banyak fans juga yang sudah berspekulasi kalau dia akan menjadi orang yang memimpin para pasukan ini.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/