Cara mengalahkan Kaido masih belum diketahui hingga saat ini. Pasalnya, Kaido adalah makhluk paling kuat di Dunia. Sebelumnya, kreator One Piece, Eiichiro Oda, pernah menyebut bahwa dirinya sangat kesulitan dalam menentukan cara mengalahkan Kaido. Tetapi seiring berjalannya waktu, Oda menemukan caranya. Banyak yang kemudian bertanya-tanya siapa yang akan mengalahkan Kaido dalam pertempurannya nanti?

Nah banyak sekali teori yang bermunculan, dan salah satu teori paling terkenal menyebut bahwa Zoro adalah sosok yang akan mengalahkan Kaido. Ada banyak bukti yang mendukung teori tersebut, salah satunya adalah pedang Enma yang dimiliki Zoro. Setelah Enma di tangan Zoro, Tenguyama mengatakan bahwa Enma adalah pedang dahsyat. Tidak semua orang mampu menggunakannya, karena pedang tersebut menyerap Haki dalam jumlah besar.

Zoro pernah merasakan kedahsyatan pedang Enma yang sangat sulit dikendalikan. Tenguyama kemudian kembali menjelaskan bahwa jika Zoro dapat menguasai sepenuhnya pedang Enma, Zoro akan membuat Enma menjadi pedang hitam (black blade). Berdasarkan dari apa yang diungkapkan oleh Tenguyama, Zoro tentunya akan mendapatkan peningkatan kekuatan dengan bantuan Enma. Dan jika pedang ini digunakan dalam potensi yang sebenarnya, maka kita akan melihat efek yang sama seperti saat digunakan Oden.

Disamping kekuatan dahsyat Enma, Zoro juga memiliki motivasi besar utuk mengalahkan Kaido. Selain demi membantu Hiyori membalaskan dendam Kozuki Oden, Zoro juga akan membalas dendam atas kematian Yasuie. Meskipun Orochi adalah sosok yang membunuh Yasuie, tapi karena mendapatkan perlindungan Kaido, Orochi berani melakukan hal tersebut. Ini bukanlah perkara memenuhi ramalan atau apapun itu. Ini adalah sebuah hal/pekerjaan yang harus diselesaikan.

Oden sendiri sebelumnya gagal menyelesaikan pertarungannya melawan Kaido dan sekarang ada kekuatan yang jauh lebih besar, yang akan meneruskan pekerjaan tersebut. Mengapa Zoro memiliki peran penting dalam pertarungan ini? Luffy adalah calon raja bajak laut, yang mana ketika dia berhasil mendapatkan gelar tersebut, akan ada banyak musuh yang mengincar kepalanya. Maka selain Luffy, seluruh krunya pun harus berkembang dan jauh lebih kuat. Zoro adalah salah satu orang yang percaya pada mimpi Luffy tersebut, dan dia akan berusaha untuk membantu Luffy mewujudkan mimpinya.

Kita pun sudah melihat motivasi Zoro untuk menghabisi Kaido. Mungkin motivasi itulah yang akan membuat Zoro bangkit dari keterpurukannya sekarang. Meskipun Zoro diprediksi akan mengalahkan Kaido nanti, tetapi Zoro mungkin tidak akan bertarung sendiri. Mungkin ia akan mendapatkan bantuan dari Luffy. Meskipun begitu, Zoro dipastikan memiliki peran penting dalam kekalahan Kaido. Bisa jadi Kaido akan mendapatkan bekas luka baru.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/