Beberapa waktu lalu, Marco sudah menunjukkan batang hidungnya di Wano. Kemunculan Marco sangat mengejutkan para fans. Sebelumnya, Marco memastikan bahwa dirinya tidak bisa membantu Luffy karena ia memiliki tanggung jawab lain, yaitu melindungi kampung halaman Whitebeard. Tidak disangka bahwa pada akhirnya Marco datang bersama dengan Nekomamushi dan Izo untuk membantu Luffy dan kawan-kawan.

Tidak diketahui secara pasti apa yang membuat Marco merubah pikirannya, tetapi sepertinya itu dilakukan untuk mengalahkan Kaido dan Big Mom. Atau bisa jadi Marco memiliki alasan lain untuk terlibat dalam pertarungan besar ini. Yang menjadi pertanyaan besar adalah apa alasan sebenarnya bagi Marco? Nah ada spekulasi yang menyebut bahwa Marco akan membawa Luffy untuk mendapatkan Road Poneglyph terakhir. Road Poneglyph merupakan petunjuk yang sangat penting untuk membawa Luffy dan kawan-kawan menuju Laugh Tale.

Sepanjang cerita One Piece bergulir, sudah ada tiga Road Poneglyph yang diperlihatkan. Tetapi Road Poneglyph terakhir/ketiga belum diketahui keberadaannya. Lantas, di mana Road Poneglyph terakhir berada? Ada teori yang menyebut bahwa benda tersebut berada di sebuah tempat yang sangat aman. Tempat tersebut dipercaya berada di pulau Sphinx yang menjadi kampung halaman Whitebeard.

Salah satu Road Poneglyph yang dianggap hilang berasal dari pulau manusia ikan, di mana Road Poneglyph tersebut berasal dari era Roger. Terungkap bahwa dalam perjalanan Roger, sebuah Road Poneglyph tersimpan di hutan laut pulau manusia ikan, tepat di samping Poneglyph yang berisi permintaan Joy Boy terhadap para penghuni manusia ikan. Tetapi setelah Roger dieksekusi mati, Whitebeard kemudian mengambil alih pulau manusia ikan dan tempat tersebut dijadikan sebagai wilayah kekuasaannya hingga akhir hayatnya.

Setelah Whitebeard tewas, Big Mom mengambil alih pulau manusia ikan tersebut. Big Mom sekarang sudah memiliki satu Road Poneglyph, dan ia masih mencari keberadaan Poneglyph terakhir. Jika Big Mom tidak memiliki Road Poneglyph terakhir yang dimaksud, artinya Road Poneglyph tersebut menghilang ketika Whitebeard masih berkuasa. Bisa jadi Whitebeard, secara sembunyi-sembunyi memindahkan Road Poneglyph terakhir ke pulau Sphinx demi melindungi pulau manusia ikan dari para pemburu Poneglyph.

Pulau Sphinx sendiri merupakan sebuah pulau terpencil yang tidak berada di bawah kekuasaan Pemerintah Dunia, sehingga tempat tersebut cukup aman untuk menyimpan benda penting. Apalagi, keberadaan pulau Sphinx tidak diketahui oleh orang banyak, dan hal itulah yang membuat Whitebeard menyembunyikan Road Poneglyph terakhir di pulau tersebut. Karena sekarang Marco menjaga pulau Sphinx, maka kemungkinan besar setelah perang di Wano berakhir, Marco akan menuntun Luffy untuk mengambil Road Poneglyph terakhir.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/