Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Zoan Vs Logia, Mana Lebih Kuat?

One Piece: Zoan Vs Logia, Mana Lebih Kuat?

Buah Iblis merupakan salah satu item kekuatan yang ada di dunia One Piece. Kekuatan buah ini memang sangat unik dan memiliki banyak macamnya di seluruh dunia. Sehingga sangat jarang para pengguna Buah Iblis memiliki kekuatan yang sama hingga sekarang. Buah Iblis dibagi menjadi tiga tipe dasar yaitu Logia, Paramecia, dan Zoan. Namun menurut sebuah sumber dari ketiga jenis ini, hanya Zoan dan Logia yang digolongkan sebagai Buah Iblis terkuat. Lantas Buah Iblis mana yang lebih kuat diantara Zoan dan Logia?

Zoan

Buah Iblis tipe Zoan merupakan buah yang memberikan kekuatan makhluk hidup pada penggunanya. Pada umumnya Zoan memberikan kekuatan hewan pada pemiliknya, seperti burung, serigala, harimau, dan lain-lain. Bahkan selama di arc Wano kalian bisa melihat beberapa jenis Zoan Kuno yang terkenal dengan istilah Mythical Zoan, jenis ini memberikan kekuatan hewan legenda kepada para penggunanya seperti yang digunakan oleh Marco, para All-Star, dan lain-lain.

Para pengguna Buah Iblis tipe Zoan bisa memiliki tiga bentuk unik yaitu bentuk manusia namun memiliki kekuatan hewan, bentuk hewan dan bentuk hybrid (campuan antara manusia dan hewan). Sehingga para pengguna tipe Zoan mudah untuk diidentifikasi karena memiliki jenis kekuatan dan bentuk yang mencolok. Karena kekuatan yang digunakan adalah perpaduan kekuatan dua makhluk yang berbeda, maka kebanyakan tipe Zoan akan memiliki kekuatan yang sangat luar biasa dan unggul dalam pertarungan satu lawan satu.

Logia

Logia merupakan tipe Buah Iblis yang memberikan kekuatan elemen kepada penggunanya. Hingga sekarang beberapa karakter terkenal yang memiliki Buah Iblis Logia adalah Akainu, Kizaru, Aokiji, Ace, Smoker dan lain-lain. Karena Logia memberikan kekuatan alam yang murni maka kebanyakan dari mereka menjadi orang-orang yang sangat kuat dan susah untuk dikalahkan. Bahkan Akainu sempat mengatakan bahwa Buah Iblis tipe Logia menjadi salah satu buah yang paling langka di seluruh dunia.

Hingga sekarang sebagian besar orang-orang yang sangat menginginkan kekuatan Buah Iblis, pasti mencari tipe Logie terlebih dahulu dalam petualangannya. Selain bisa menggunakan kekuatan elemen, tipe Logia juga bisa mengubah tubuh penggunanya menjadi elemen. Jadi jika seseorang memiliki Buah Iblis tipe Logia seperti Mera mera no Mi, maka dia juga bisa mengubah tubuhnya menjadi api seperti Ace dan Sabo. Itulah sebabnya sangat sulit jika berhadapan dengan lawan yang menggunakan kekuatan Buah Iblis tipe Logia.

Siapakah Yang Akan Menang?

Tipe Zoan dan Logia memang adalah dua jenis Buah Iblis yang memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Namun untuk saat ini nampaknya pengguna Logia masih diuntungkan karena memiliki tubuh yang kebal terhadap serangan tertentu, seperti Smoker yang sangat susah ditangkap, Ace yang tidak mudah ditembak, Akainu yang sangat sulit dihajar, dan beberapa pengguna Logia yang lain-lain.

Sedangkan para pengguna Zoan memang memiliki bentuk fisik yang unik dan rata-rata juga kebal dari serangan apapun. Namun setiap serangan yang menimpa pengguna Zoan masih bisa menyentuh kulit penggunanya, jadi untuk mengalahkannya hanya diperlukan pedang yang lebih tajam atau kekuatan yang lebih besar dari pada biasanya. Terbukti saat Kaido melawan Oden, meski Kaido terkenal memiliki kulit yang sangat keras namun saat Oden menggunakan kekuatan pedangnya yang luar biasa maka kulit Kaido bisa tergores. Hal ini juga berlaku saat Zoro hampir mengenai Kaido dengan pedang warisan Oden yaitu Enma saat perang di Onigashima.

Kesimpulannya, hingga sekarang Logia masih tergolong lebih kuat daripada Zoan karena merupakan kekuatan elemen yang berasal dari alam. Sehingga para penggunanya tidak hanya memiliki tubuh yang keras, namun juga bisa menghindari serangan lawan dengan mudah seperti Smoker dan Crocodile. Bahkan jika dibandingkan, kekuatan Logia jauh lebih besar karena berasal dari element alam murni, dari pada Zoan yang merupakan makhluk hidup liar. 

 

Exit mobile version