Meski telah berjalan selama 2 dekade lebih, One Piece masih menyimpan banyak misteri yang belum terungkap. Contohnya adalah kita masih belum tahu masa lalu dari Zoro, atau kita juga masih belum tahu siapa sebenarnya Monkey D. Dragon, ayah dari Monkey D. Luffy, sang protagonis utama series ini, dan juga pemimpin Pasukan Revolusi.

Seberapa kuat Dragon? Apakah dia memiliki kekuatan buah iblis? Apakah dia memiliki kekuatan Haki? Itulah yang menjadi pertanyaan para fans. Banyak teori yang kemudian bermunculan untuk mencoba menjelaskan mengenai kekuatan dari Monkey D. Dragon. Ada yang mengatakan bahwa Dragon adalah pengguna buah iblis. Kembali, para fans pun banyak berspekulasi mengenai hal ini. Berikut adalah kemungkinan buah iblis yang dimiliki oleh Dragon.

Mythical Zoan Thunderbird

Disadari atau tidak, Dragon sebelumnya tidak memiliki tato di wajahnya. Hal ini bisa dilihat saat dia menghadiri eksekusi Roger yang diselenggarakan di Loguetown. Beberapa waktu kemudian, seperti saat Dragon berada di kerajaan Goa, kita melihat bagaimana Dragon sudah memiliki tato di wajahnya. Hal inilah yang kemudian memunculkan teori bahwa Dragon kemungkinan sudah mengonsumsi buah iblis yang memberikannya kekuatan untuk mengendalikan cuaca.

Jika merujuk pada Eiichiro Oda yang senang akan hal yang berbau mistis dan mitologi, ada kemungkinan juga jika Dragon memiliki buah iblis tipe mythical Zoan dengan bentuk Thunderbird. Thunderbird merupakan makhluk mitologi dari suku asli Amerika (Indian, Navajo, dan sebagainya) yang mampu mengendalikan cuaca. Selain itu Thunderbird pun mampu berubah wujud menjadi manusia, yang menjelaskan bagaimana sistem kerja dari buah iblis tipe Zoan.

Buah Iblis Paramecia

Sebagian mengatakan Dragon memiliki buah iblis Logia atau Paramecia yang berhubungan dengan cuaca. Seperti yang kita ketahui, sosok Dragon erat kaitannya dengan pengendalian cuaca. Bukan tanpa sebab. Setiap kali kemunculan Dragon selalu disertai oleh cuaca yang buruk, badai, atau angin besar. Ada beberapa bukti bahwa kemunculan Dragon selalu berkaitan dengan cuaca buruk dan angin.

One Piece: Petunjuk Buah Iblis Dragon! | GreensceneSebagian fans One Piece menduga bahwa Dragon kemungkinan bisa mengendalikan cuaca sesuai dengan keinginannya. Dia bisa mengubah kelembaban, suhu, dan sebagainya. Banyak fans juga yang memperkirakan bahwa Dragon mewarisi kekuatan untuk bisa mengendalikan cuaca ini dari Gol D. Roger. Hal ini dikarenakan, seperti halnya Dragon, Roger selalu diuntungkan dengan cuaca yang berpihak kepadanya.

Kaze Kaze no Mi

Saat Sabo hampir saja tenggelam, tiba-tiba muncul Dragon yang kemudian menyelamatkan nyawanya dan membawa Sabo ke kapal Pasukan Revolusi. Yang menarik adalah dari sudut pandang gambarnya, posisi Dragon seolah tidak menapak ke air alias mengapung. Dan ketika Dragon tiba di kapal, ada banyak angin (atau asap) di seluruh tubuhnya.

Are there Water and Air type Logia devil fruits? - Forums - MyAnimeList.netJika dilihat dari efek yang dihasilkan, ada kemungkinan bahwa Dragon memiliki kemampuan buah iblis Kaze Kaze no Mi atau Wind Wind Fruit atau buah iblis angin. Buah iblis ini berjenis Logia di mana kita bisa mengendalikan atau berubah menjadi angina itu sendiri. Hal ini kemudian bisa menjelaskan ketika Dragon “tidak menapak” ketika menyelamatkan Sabo di laut. Dragon juga sepertinya tidak terpengaruh ketika ada angin besar mengarah kepadanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.