Salah satu karakter yang masih misterius dalam serial One Piece adalah Monkey D. Dragon. Ayah Luffy ini adalah pemimpin pasukan Revolusioner yang sedang berusaha menggulingkan kekuasaan yang dimonopoli oleh Tenryuubito, Gorosei, Pemerintah Dunia dan lain-lain. Oleh sebab itu Dragon menjadi salah satu dari orang yang paling dicari di serial One Piece. 

Meski demikian, Dragon cenderung santai dan tidak begitu peduli. Dia masih fokus dengan tujuannya dan bergerak dengan perhitungan matang, sehingga Dragon jarang muncul di serial One Piece, meski tergolong sebagai karkater penting. Bahkan hingga sekarang, para penggemar masih belum melihat Dragon bertarung dengan serius. Banyak penggemar yang mempertanyakan, seperti apa kekuatan Dragon sebenarnya.

Bagian yang terlihat dari Dragon adalah sisi kepemimpinannya di Pasukan Revolusioner. Dragon tergolong pemimpin yang cerdas dan bisa mengatur anak buahnya dengan baik. Para anggota Pasukan Revolusioner memiliki visi yang sama seperti Dragon yaitu menggulingkan Pemerintah, sehingga dengan para pengikutnya, Dragon dapat menjalankan rencananya.

Kecerdasan Dragon terbukti saat berhadapan dengan Kurohige yang licik di markas pertama Pasukan Revolusioner yaitu Baltigo. Dragon berhasil mengelabui Kurohige dan juga Pemerintah dunia menggunakan strategi yang cukup pintar. Meski akhirnya Baltigo hancur, namun markas Pasukan Revolusioner saat ini memiliki tempat baru yang lebih nyaman dari pada sebelumnya.

Secara resmi, masih belum terkonfirmasi seperti apa kekuatan yang dimiliki oleh Dragon. Namun menurut beberapa teori yang beredar berdasarkan apa yang terjadi di serial One Piece, nampaknya kekuatan Dragon berhubungan dengan cuaca. Sayangnya apakah itu adalah kekuatan Buah Iblis atau Haki masih belum terkonfirmasi hingga sekarang, namun kebanyakan penggemar mengira itu adalah Haki dari Dragon dengan tingkatan yang luar biasa.

Selain itu, Akainu juga nampak memiliki dendam pribadi dengan Dragon di masa lalu, asumsi ini hadir ketika Akainu tampak lebih membenci Luffy yang merupakan anak Dragon daripada Ace yang merupakan anak dari Roger. Bisa jadi Akainu dan Dragon sempat bertarung di masa lalu dan perseteruan keduanya belum selesai. Dan jika memang itu benar, maka bukti bahwa Dragon memiliki kekuatan yang luar biasa menjadi semakin kuat, sebab siapapun yang berhadapan dengan Akainu dan membuatnya tertarik, maka dia adalah orang yang kuat.