Film Ant-Man & The Wasp: Quantumania akan memperkenalkan sosok karakter villain baru ke MCU, yaitu Kang the Conqueror. Karakternya sendiri akan diperankan oleh aktor Jonathan Majors. Kemunculan Kang sendiri sudah sejak lama dinantikan oleh para fans, di mana banyak fans yang berharap bahwa Kang akan menjadi villain utama di Phase 4 ini.

Namun, sebelum kemudian Marvel Studios memperkenalkan Kang ke hadapan para penonton, sepertinya mereka memiliki pekerjaan rumah yang sangat berat yang harus dikerjakan. Pekerjaan rumah tersebut adalah membuat cerita masa lalu atau backstory dari Kang masuk akal bagi filmnya. Mengapa hal tersebut harus dilakukan? Ini karena Kang bukanlah sosok karakter biasa.

Kang the Conqueror – sesuai namanya – adalah seorang petualang lintas waktu. Dan berbicara mengenai perjalanan waktu, baik di komik ataupun di MCU, tidak ada satu model khusus yang “menggambarkan” tentang perjalanan waktu. Berbagai momen perjalanan waktu memiliki “keunikannya” sendiri. Cerita masa lalu Kang juga sudah sering kali mengalami perubahan, sejak pertama kali diperkenalkan pada 1964.

Yang juga semakin memberatkan tugas Marvel Studios adalah Kang memiliki banyak sekali nama atau julukan. Setiap masa yang dia kunjungi, Kang selalu mendapatkan nama yang berbeda. Contohnya adalah dia mendapatkan nama Rama-Tut ketika berkuasa di Mesir kuno, dan dia memiliki nama panggilan lainnya. Lalu, siapa sebenarnya sosok Kang the Conqueror?

Simpelnya, Kang lahir di abad ke 30 di sebuah dimensi paralel di mana manusia tidak pernah merasakan “Masa Kegelapan,” yang artinya teknologi benar-benar sangat maju dan modern di dunia tersebut. Kang adalah sosok yang genius dan ahli dalam membuat strategi peperangan. Dia berhasil menghancurkan siapa pun yang memerintah pada masa dia berada.

Kang juga sudah sering kali bertarung menghadapi Avengers, di mana dia menggunakan senjata modern untuk mengalahkan mereka. Namun, para Avengers selalu berhasil menang dan memberkan perlawanan. Dengan banyaknya “identitas” Kang, hal ini mempersulit Marvel untuk menentukan cerita mana yang paling masuk akal untuk kemudian dihadirkan di layar lebar dan menjadi bagian dari MCU.

Marvel sepertinya menyadari masalah yang mereka hadapi, sehingga mereka pun merilis sebuah miniseri berjudul Kang, yang ditulis oleh Collin Kellu dan Jackson Lanzing, sebelum film Ant-Man 3 dirilis. Miniseri berjumlah lima volume ini akan dirilis pada Agustus mendatang. Miniserinya akan menghadirkan cerita tentang masa lalu Kang dan petualangannya ke berbagai masa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.