Seri One Piece memperlihatkan Roronoa Zoro menggunakan kekuatan terbesar yang pernah dia gunakan selama ini. Setelah sempat absen dari beberapa momen penting selama arc Whole Cake Island, Zoro kembali menjadi sorotan utama di arc Wano Country. Secara perlahan, Zoro diperlihatkan mengalami peningkatan kekuatan melalui berbagai momen dan peristiwa yang ada.

Puncaknya sendiri ada di pertarungan melawan Kaido yang terjadi di Onigashima. Worst Generation bertarung menghadapi Big Mom dan Kaido, dan menghadapi dua orang Yonko sekaligus terbukti bukan sebuah hal yang mudah. Meskipun di chapter sebelumnya Zoro diperlihatkan berhasil melukai Kaido, namun di chapter terbaru kemarin Zoro benar-benar mengerahkan semua kekuatannya.

Disaat pertarungan kelima Worst Generation melawan dua Yonko berlanjut di chapter terbaru serinya, masing-masing mereka mendorong kemampuan mereka sampai batasnya. Big Mom dan Kaido sendiri terus memaksa Worst Generation dengan serangan-serangan dahsyat mereka. Di chapter 1010 kemarin, fans dikejutkan dengan serangan Asura Zoro yang menjadi serangan terdahsyat Zoro.

One Piece Zoro Conqueror's Haki Kaido Fight Spoilers MangaBagaimana tidak, Kaido sendiri yang mengakui bahwa dalam serangan tersebut terdapat Conqueror Haki. Namun, Zoro sendiri tidak menyadari bahwa ada Conqueror Haki dalam serangannya. Yang luar biasa adalah serangan dari Zoro tersebut juga diakui bisa meninggalkan bekas luka di tubuh Kaido. Hal ini memang menjadi bukti bagaimana kekuatan dari sosok Roronoa Zoro.

Namun, ada hal menarik yang kemudian muncul dimana serangan tersebut ternyata tidak cukup untuk membuat Kaido tumbang. Zoro sendiri menyayangkan hal tersebut, namun dia tidak bisa berbuat banyak karena kekuatan dan tenaganya sudah habis. Ini menjadi pertanda bahwa meskipun kemampuan Zoro sudah meningkat, namun belum bisa menyamai kemampuan dari Kaido atau bahkan Luffy.

Hal ini juga seolah menjadi tanda bahwa Zoro masih perlu melatih kemampuannya, untuk bisa menjadi ahli pedang terkuat di dunia. Pasalnya, pemegang titel ahli pedang terkuat saat ini, Dracule Mihawk, masih belum diketahui seberapa besar kekuatannya. Logikanya, jika Zoro mampu menghadapi Kaido, maka dia mungkin akan mampu menghadapi Mihawk.

One Piece: Sekuat Apa Haoshoku Haki Zoro? | GreensceneJika kemudian Zoro tidak mampu menumbangkan Kaido, maka artinya dia masih belum siap atau masih belum mampu menghadapi Mihawk. Tapi, tentunya Zoro masih memiliki waktu untuk terus melatih dan meningkatkan kembali kekuatannya. Zoro bisa kembali berlatih setelah arc Wano selesai. Atau mungkin Zoro bisa menambah pengalamannya bertarung dengan menghadapi sosok kuat lainnya.

Salah satu karakter yang mungkin bisa menjadi lawan kuat bagi Zoro adalah King, sosok yang sudah sejak lama dispekulasikan akan menjadi lawan bagi Zoro. Sejauh ini, kekuatan King memang masih misterius. Namun, saat menghadapi Marco, King terlihat tidak berdaya. Artinya, kemampuan King berada di bawah Marco dan hal ini bisa dimanfaatkan oleh Zoro untuk meningkatkan kembali kekuatannya. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan cerita dari Zoro dalam meningkatkan kekuatannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.