Pertarungan melawan Kaido dan Big Mom masih terus berlanjut dalam arc Wano ini. Bahkan, sekarang situasinya sudah semakin memuncak. Di chapter 1009 kemarin, kita melihat bagaimana akhirnya taktik atau strategi Kidd berhasil dilakukan. Kidd memiliki ide untuk memisahkan Kaido dan Big Mom, karena menghadapi keduanya sekaligus tentu akan menjadi kesulitan besar.

Big Mom berhasil dijatuhkan, meskipun kemudian dia berhasil diselamatkan oleh Promotheus. Luffy sendiri sempat diperlihatkan masih tidak sadarkan diri, setelah dia mendapatkan serangan dahsyat Ragnarok dari Kaido. Zoro dan Law pun tidak mampu berbuat apa-apa dalam menghadapi Kaido, meskipun mereka semua sudah mengerahkan seluruh kekuatannya, terutama Zoro.

Disaat Kaido hendak pergi, Luffy yang tidak sadarkan diri kemudian terbangun. Luffy mengatakan bahwa tidak ada dari mereka yang mau bergabung dengan Kaido dan kelompoknya. Namun, ada satu momen yang krusial dan menarik pada saat itu. Luffy mengatakan bahwa dia menyadari semua serangan yang dia lakukan tidak mempan terhadap Kaido. Tetapi, saat pertama kali Kaido menyerang Luffy dengan tongkatnya dia pun mengerti tentang sesuatu.

one-piece-1010-12Luffy paham bahwa Kaido menggunakan Conqueror Haki untuk melindungi dirinya dan menyerang orang lain. Kaido sendiri tidak menampik hal tersebut, dimana dia hanya mengatakan bahwa itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sangat kuat saja. Hal ini seolah menjadi pengungkapan fakta baru mengenai Conqueror Haki. Sebelumnya, tidak banyak fakta tentang Conqueror Haki, selain untuk mengintimidasi orang dan menggunakannya untuk “merusak.”

Sering kali Conqueror Haki diperlihatkan hanya mampu untuk membuat orang tidak sadarkan diri, seperti yang Luffy lakukan di pulau manusia ikan dan saat dia menghentikan algojo di Marineford. Fakta bahwa Conqueror Haki bisa menjadi pelapis bagi tubuh penggunanya dan juga melapisi senjata, menjadi sebuah hal yang menarik dan baru.

one-piece-1010-15Selama ini kita mengetahui bahwa hanya Armament Haki yang bisa melakukan hal tersebut. Berbagai tingkatan Armament Haki membuat penggunanya bisa mengeraskan bagian tubuh atau melapisi senjata yang mereka gunakan. Bahkan, mereka juga bisa menghancurkan benda dari dalam. Di akhir cerita, kemudian kita melihat Luffy, mengenakan teknik Conqueror Haki untuk menghajar Kaido.

Yang menarik dari momen tersebut adalah kita melhat semacam kilat di sekitar Luffy sesaat sebelum menghajar Kaido. Momen ini membuat Trafalgar Law terkejut, karena dia melihat untuk pertama kalinya serangan bisa efektif tanpa perlu menyentuhnya. Peristiwa ini seolah mengingatkan kita pada peristiwa pertarungan Whitebeard dan Roger, dimana Conqueror Haki mereka saling beradu, meskipun kedua pedang mereka tidak saling bersentuhkan.

One Piece on Twitter: "Roger vs Whitebeard… "Oda sendiri belum memberikan penjelasan apapun saat itu bahwa itu adalah Conqueror Haki. Namun, para fans sendiri banyak yang menduga bahwa itu adalah Conqueror Haki. Baru di chapter 1010 ini kita akhirnya mendapatkan konfirmasi bahwa itu adalah Conqueror Haki. Berdasarkan penjelasan tersebut kita akhirnya tahu apa sebenarnya rahasia yang membuat Kaido bisa menjadi makhluk terkuat dan tidak bisa dibunuh.

Semuanya berkat Conqueror Haki yang menjadi pelindung bagi Kaido dari berbagai serangan. Namun, Luffy pun memiliki Haki tersebut dan dia sepertinya sudah menguasainya. Luffy juga sudah paham dengan situasi yang ada dan bagaimana cara untuk bisa menghadapi Kaido. Pertanyaannya kemudian apakah artinya Luffy pada akhirnya akan berhasil mengalahkan Kaido? Atau Kaido akan menunjukan kemampuannya yang lain? Semuanya masih harus kita tunggu kelanjutannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.