Hagoromo Otsutsuki atau yang biasa dikenal sebagai Rikkudo Sennin, merupakan karakter terkuat di seluruh seri Naruto dan juga merupakan karakter yang terkuat diantara klan Otsutsuki lainnya. Dia merupakan anak dari Kaguya Otsutsuki dan sedari kecil, Hagoromo sudah memiliki Rinnegan di matanya. Dengan kemampuan yang dia miliki serta Rinnegan di matanya, membuat Hagoromo tidak ada tandingannya.

Kemampuan Hagoromo sempat membuat Kaguya merasa terancam. Salah satu contoh kekuatannya adalah ketika dia menciptakan bulan dengan menggunakan Chibaku Tensei, meskipun dia sudah memberikan sebagian kekuatannya kepada Naruto dan Sasuke. Tidak diragukan lagi bahwa Hagoromo merupakan sosok yang sangat dahsyat yang bisa membantu Naruto dan Sasuke dalam menghadapi masalah.

Namun, sayangnya Hagoromo sudah meninggal ribuan tahun yang lalu. Hagoromo sempat kembali muncul di perang besar ninja keempat, dimana sang Rikkudo Sennin muncul di alam bawah sadar Naruto. Setelah perbincangan cukup lama, akhirnya Hagoromo memberikan sebagian kekuatannya kepada Naruto dan Sasuke. Dan mereka berdua pun akhirnya memiliki chakra Six Path.

Cultture.com

Dengan kondisi dan situasi yang berbahaya seperti sekarang, dimana Code menjadi ancaman baru setelah Isshiki tewas, apakah Hagoromo bisa kembali muncul? Meskipun Hagoromo adalah bagian dari klan Otsutsuki, namun dia berbeda dengan klan Otsutsuki lainnya. Dia tidak meninggalkan jejak Karma di tubuh orang lain, yang bisa membuatnya kembali bangkit di tubuh tersebut.

Jika ditanya apakah Hagoromo bisa kembali dihidupkan, maka jawabannya adalah bisa. Ada berbagai teknik yang mungkin sudah Geeks ketahui untuk membangkitkan mereka yang sudah tewas, contohnya adalah Edo Tensei atau Rinne Tensei atau teknik lainnya. Namun, ada permasalahan besar jika memang serinya hendak membangkitkan kembali Hagoromo.

Pertama, kita tidak tahu dimana tubuh asli dari Hagoromo. Hagoromo sudah tewas ribuan tahun lalu, dan tidak diketahui juga dimana Hagoromo dimakamkan – atau mungkin juga tubuh Hagoromo menghilang. Untuk membangkitkan kembali Hagoromo, maka kita perlu mencari tubuh aslinya. Dengan jarak waktu yang sudah ribuan tahun, rasanya sulit untuk mencari keberadaan tubuhnya.

Youtube.com

Kita juga tidak tahu apakah tubuhnya masih utuh atau sudah berubah menjadi tulang belulang. Kemudian yang kedua adalah butuh DNA dari sosok Hagoromo. Untuk mencari tubuhnya pun sudah susah, apalagi mendapatkan DNA dari Hagoromo. Bukankah Naruto dan Sasuke memiliki chakra Six Path milik Hagoromo? Masih belum diketahui apakah chakra di dalam diri seseorang bisa digunakan sebagai cara membangkitkan sosok yang sudah mati – kecuali mungkin teknik pertukaran chakra.

Belum lagi kita harus mempersiapkan persyaratan lainnya untuk melakukan berbagai ritual atau proses untuk membangkitkan Hagoromo. Pada intinya, hal itu akan sangat sulit di lakukan. Tapi, mungkin Kishimoto memiliki cara lainnya untuk membangkitkan Hagoromo, sesuatu yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita. Jadi, apakah Hagoromo bisa dibangkitkan? Jawabannya adalah bisa, namun sangat kecil kemungkinan itu terjadi.

Mengapa Hagoromo Harus Bangkit?

Rasanya Geeks juga sudah bisa menebak alasan mengapa Hagoromo harus bangkit. Seperti yang disebutkan di atas, dunia shinobi kini berada dalam ancaman baru. Setelah kematian Isshiki, sosok mengerikan lainnya muncul menggantikan Isshiki. Dia adalah Code, yang merupakan salah satu anggota dari Kara. Isshiki menunjuk langsung Code untuk menjadi penerusnya.

Code memang tidak memiliki segel Karma yang seperti dimiliki oleh Boruto atau Kawaki, namun dia memiliki Karma Putih, yang mana menurut Isshiki itu adalah “warisan” dari dirinya. Isshiki meminta Code untuk meningkatkan kekuatannya dengan memakan buah chakra, dan menjadi sosok dewa baru. Sejauh ini, kita memang masih belum mengetahui sejauh apa kekuatan dari Code.

Duniagames.com

Namun, jika melihat dia adalah bagian dari anggota Kara, maka bisa disimpulkan untuk sementara bahwa dia memiliki kekuatan dahsyat. Dan dengan kekuatan tersebut dia akan menjadi ancaman baru bagi dunia shinobi. Naruto dan Sasuke sendiri saat ini sudah mulai melemah dengan menghilangnya Rinnegan dan juga Kurama dari diri Sasuke dan Naruto.

Generasi muda shinobi Konoha mungkin kuat, namun mereka masih belum berpengalaman dan belum mampu untuk bertarung. Dengan semua kelemahan yang ada, mereka membutuhkan sosok kuat yang bisa membantu mereka. Dan Hagoromo mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan kemampuan dahsyat yang dia miliki, Hagoromo bisa membantu Naruto dan Sasuke serta shinobi lainnya menghadapi Code.

Tentunya akan sangat menarik juga melihat Hagoromo kembali hidup. Menarik untuk melihat apa yang akan dia lakukan terhadap klan Otsutsuki lainnya, yang sudah terbukti justru berbuat jahat kepada para shinobi dan makhluk lainnya di bumi. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Hagoromo akan dibangkitkan oleh Kishimoto atau tidak. (Featured Image: wallpaperaccess.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.