Shanks merupakan seorang Yonko atau penguasa lautan yang menguasai wilayah lainnya di Grand Line yang disebut juga sebagai New World, bersama para Yonko lainnya. Dia merupakan kapten dari kelompok bajak laut rambut merah dan merupakan salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece. Shanks diperkenalkan sejak awal cerita One Piece dimulai, dengan dia yang mempercayakan topi jerami miliknya kepada Luffy.

Sejak diperkenalkan Shanks memang sangat jarang untuk muncul dalam cerita, namun reputasinya sebagai salah satu bajak laut terkuat di dunia sudah dikenal secara luas. Menjadi seorang Yonko, artinya dia memiliki kemampuan yang dahsyat. Yang menarik adalah diantara ketiga Yonko lain, Shanks adalah satu-satunya Yonko yang tidak memiliki kemampuan buah iblis.

Membahas mengenai Shanks selalu menarik perhatian para fans dari One Piece, mengingat ada banyaknya misteri mengenai Shanks yang belum terungkap. Hal tersebut membuat para fans bisa dengan leluasa untuk berteori dan memunculkan spekulasi mereka. Salah satu teori yang menarik adalah teori yang menyebutkan bahwa Shanks merupakan pemimpin tertinggi dunia kriminal atau dunia bawah tanah.

Korsanfan.com

Ada beberapa hal yang coba disampaikan untuk mendukung teori ini. Pertama, Shanks kehilangan tangannya. Mungkin sebagian besar Geeks ada yang sudah mengetahui “budaya” dari Yakuza tentang memotong jari kelingking. Hal ini sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu, dengan tujuan sebagai hukuman ataupun sebagai bentuk “pembayaran” jika seseorang kalah dalam berjudi dan tidak sanggup membayarnya dengan uang.

Efek yang terasa dari hilangnya jari kelingking adalah mereka menjadi kehilangan kemampuan berpedangnya. Kehilangan jari kelingking membuat genggaman seseorang terhadap pedang menjadi tidak maksimal. Shanks sendiri bukan hanya kehilangan jari, melainkan hampir separuh lengan kirinya. Karena hal inilah Mihawk menolak untuk kembali berduel. Yang menarik, dalam adegan flashback diperlihatkan bahwa Shanks memiliki lengan dominan di sebelah kiri artinya Shanks adalah kidal.

Itulah mengapa pedang Gryphon miliknya diselipkan di pinggang kanan, karena awalnya memang dia merupakan sosok ahli pedang kidal. Kemudian yang menarik juga kata-kata yang dia ungkapkan, dimana kepada Whitebeard Shanks mengatakan bahwa dia “bertaruh untuk generasi yang akan datang.” Menurut teorinya, hilangnya lengan Shanks ini memang sengaja dilakukan oleh Oda Sensei untuk semakin menegaskan pengaruhnya terhadap Luffy. Shanks melihat masa depan yang luar biasa di depan mata Luffy.

es.noxinfluencer.com

Hal lainnya yang juga tidak kalah menarik adalah pihak angkatan laut tidak memanggil Shanks dengan sebutan kapten, melainkan “Oogashira/大頭” atau “bos besar.” Dari namanya sendiri Geeks mungkin sudah bisa membayangkan, bahwa Shanks adalah kepala atau pemimpin besar dari sebuah organisasi atau kelompok kriminal. Untuk para krunya sendiri pun titel atau jabatannya mirip dengan struktur organisasi di sebuah kelompok kriminal.

Pertanyaannya kemudian seberapa besar pengaruh kelompok kriminal ini? Melihat dari apa yang ada, sepertinya pengaruh dari bisnis dunia bawah tanah sudah sampai ke pihak Pemerintah Dunia. Kita bisa melihat bagaimana mereka meminta Mother Caramel mengirimkan anak-anak untuk dilatih menjadi CP-9 dan menjadi sosok kejam dan tanpa emosi sejak usianya masih kecil.

Kita juga tahu bahwa pasti ada sesuatu dibalik santainya Shanks saat bisa pergi ke Mary Geoise dan kemudian bertemu dengan Gorosei. Karena, logikanya, rasanya tidak mungkin hal yang sama terjadi kepada bajak laut lain. Pasti ada sesuatu yang “spesial” dari Shanks. Pengaruh dan besarnya jaringan kriminal inilah yang kemudian membuat Shanks dianggap sebagai sosok penting.

Selama ini mungkin kita mengenal Doflamingo sebagai sosok pemimpin dari para kriminal, pemimpin dunia bawah tanah. Namun, faktanya Dofy hanyalah seorang makelar atau broker. Artinya ada seseorang yang posisinya jauh di atas Dofy. Dan Shanks adalah sosok yang diteorikan jauh lebih berkuasa untuk dunia bawah tanah dibandingkan dengan Doflamingo dan pasukannya. Apakah Shanks memanglah seorang pemimpin kelompok kriminal? Kita nantikan saja kelanjutannya di chapter yang akan datang ya Geeks! (Featured Image: deviantart.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.