Dalam cerita Dr. Stone, tensi semakin meningkat antara Kingdom of Science milik Senku dan kerajaan Tsukasa. Resiko juga semakin besar seperti diperlihatkan di musim kedua episode 4 kemarin. Setelah sebuah kesalahan dibuat oleh Chrome, Magma dan Gen, Tsukasa akhirnya berhasil menangkap salah satu dari mereka sebagai tawanan. Sosok tersebut tidak lain adalah Chrome, yang merupakan tangan kanan dari Senku.

Apa yang terjadi kepada tangan kanannya tersebut memaksa Senku untuk bertindak lebih agresif lagi dan lebih mendekati wilayah dari Tsukasa dengan harapan Senku bisa menyelamatkan Chrome. Dan salah satu cara terbaik bagi Senku untuk melakukan semua itu adalah tidak lain menciptakan sebuah penemuan yaitu mobil.

Ketika Chrome, Magma, dan Gen mengantarkan telepon seluler menuju sebuah tempat yang diduga adalah makam dari Senku di awal musim ini, mereka memancing perhatian salah satu penjaga dari kerajaan Tsukasa. Dia adalah seorang pemanah bernama Ukyo. Ukyo adalah seorang anggota pasukan Tsukasa yang sangat ahli dan jenius, terutama dalam hal pendengarannya.

Diketahui bahwa sebelum momen Petrification, Ukyo dulunya adalah seorang operator sonar di kapal selam, yang mana itulah alasan mengapa dia memiliki pendengaran yang sangat sensitif. Di episode minggu lalu, Ukyo pada akhirnya berhasil menelurusi ketiga orang tersebut sebelum meninggalkan wilayah kerajaan Tsukasa.

Chrome kemudian menggunakan bom asap untuk mengalihkan perhatian, berkat bantuan dari Magma, untuk membuat Gen bisa pergi dan kembali kepada Senkuy dan memberikan telepon seluler tersebut untuk menelpon Nikki. Episode 4 di musim kedua ini bersetting setelah proses menelpon tersebut, dan Chrome serta Magma sendiri saat ini diperlihatkan masih bertarung bersama Ukyo.

Otakufly.com

Chrome kemudian berpendapat bahwa untuk menghindari adanya korban jiwa, cara yang terpaksa harus mereka lakukan adalah menyerah. Magma kemudian kembali ke desa dan memberi tahu para penduduk lainnya, dan Senku sendiri kemudian membuat sebuah keputusan yang paling penting selama perang ini. Senku memutuskan untuk memindahkan Kingdom of Science ke lokasi yang lebih dekat dengan kerajaan Tsukasa.

Mereka tidak memiliki harapan untuk menyelamatkan Chrome dengan unit-unit kecil yang menyerang masuk. Mereka harus mengaplikasikan tekanan yang lebih besar lagi dan mampu bergerak dengan sangat cepat untuk menyelamatkannya. Karena itulah kingdom of Science dipindahkan ke dekat teritori kerajaan Tsukasa.

Dengan menggunakan berbagai benda yang ada di desa, seperti furnitur, terompet, dan bahkan bambu, Senku dan para penduduk desa kemudian membangun sebuah mobil zaman batu, yang mampu memindahkan operasi mereka ke dekat kerajaan Tsukasa. Meskipun Senku mampu membuat sesuatu seperti halnya mobil, namun nasib dari Chrome sendiri masih belum pasti.

Ukyo kemudian membawa Chrome ke hadapan Tsukasa dan petinggi tentara di kerajaan tersebut. Ketika Chrome sudah berada di atas air terjun dan satu langkah lagi menuju kematian, Tsukasa memberikan penawaran kepada Chome: membawa kepala Senku dan tidak ada yang akan tewas. Namun Chrome dengan tegas menolak tawaran tersebut, yang mana membuat Chrome terjatuh dari atas air terjun.

CBR.com

Tetapi, Tsukasa masih belum mau Chrome tewas. Terbukti dimana Ukyo berhasil menembakan panahnya ke arah Chrome dan menahannya di sebuah batang pohon dengan panahnya, dan Tsukasa sendiri melemparkan potongan batang pohon ke bawah kaki Chrome sebagai alas. Tsukasa kemudian bertanya kepada Ukyo dimana dia menemukan Chrome.

Yang menarik adalah Ukyo kemudian berbohong mengenai dimana dia menemukan Chrome, dan tidak pernah menyebut mengenai makam dari Senku. Kebohongan dari Ukyo ini justru memberikan Senku keuntungan terhadap Tsukasa, yaitu teknologi, informasi, dan komunikasi. Mobil yang diciptakan Senku dan penduduk desa menjadi bukti superioritas Senky dalam hal teknologi.

Untuk saat ini, Tsukasa masih belum mengetahui apa tujuan sebenarnya dari Chrome. Masih belum jelas juga mengapa Ukyo berbohong kepada Tsukasa. Apapun rencana yang Ukyo miliki, yang pasti hal tersebut sudah mampu memberikan waktu lebih kepada Senku untuk bertindak lebih. Meskipun tanpa tangan kanannya, Senku membuktikan bahwa dia masih mampu menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang berharga. Namun, ini menjadi bukti bahwa Chrome sangat berharga baik bagi Senku maupun bagi para penduduk desa Ishigami.

Featured image: creative-analytics.corsairs.network

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.