Seri One Piece mungkin dikenal karena ceritanya yang sangat menarik, penuh dengan twist, dan tentunya komedi yang sangat segar yang tidak jarang membuat para fans tertawa. Cerita bagaimana Luffy begitu termotivasi dan penuh determinasi untuk menjadi seorang raja bajak laut, menjadi hal yang membuat seri One Piece banyak mendapatkan atensi dari para pecinta manga dan anime.

Namun, jika Geeks perhatikan kembali sebenarnya ada banyak hal yang sangat memilukan yang diperlihatkan dalam ceritanya. Semua momen tersebut memberikan kesan ‘dark’ terhadap manga karya Eiichiro Oda ini. Mulai dari penyiksaan fisik sampai psikologis, berbagai elemen-elemen tersebut diperlihatkan secara eksplisit dan memberikan dampak yang besar. Berikut adalah beberapa momen diantaranya.

Transformasi Kuma Menjadi Pacifista

Sampai saat ini, kita masih belum mengetahui apa sebenarnya alasan Bartholomew Kuma memutuskan untuk menjadi bahan percobaan Dr. Vegapunk untuk proyek Pacifista. Seperti dijelaskan di ceritanya, Dr. Vegapunk menggunakan bagian tubuh Kuma untuk dijadikan bahan penelitian. Banyak spekulasi bermunculan mengapa Kuma mau melakukan hal tersebut, salah satunya adalah sebagai bentuk pengorbanan demi menyelamatkan umat manusia.

Columnacero.com

Meskipun begitu, apa yang terjadi kepada Kuma benar-benar sangat mengerikan. Kuma kemudian menjadi budak mainan bagi para kaum naga langit. Kita melihat bagaimana para kaum naga langit tersebut memperlakukan budak-budak mereka dengan semena-mena, termasuk Kuma. Meskipun mungkin itu hanyalah Pacifista atau robot, dan Kuma sendiri mungkin sudah tewas, tetap saja hal itu menjadi bentuk penghinaan terhadap mereka yang peduli terhadap Kuma.

Kamp Kosentrasi di Tequilla Wolf

Gamek.vn

Tequila Wolf menjadi bukti nyata dari korupsi dan keserakahan Pemerintah Dunia yang sudah berlangsung sejak berabad-abad yang lalu. Mereka yang dikirim ke sana, dengan terpaksa harus menghabiskan sisa waktu mereka untuk bekerja keras, dan penuh dengan paksaan. Kabur atau melarikan diri sudah tidak ada lagi dalam pikiran mereka. Meskipun pada akhirnya mereka berhasil dibebaskan oleh Pasukan Revolusi, namun para mantan budak tersebut tetap masih belum bisa melupakan apa yang terjadi kepada mereka.

Cipher Pol: Agensi Rahasia Pemerintah Dunia Yang Sangat “Kotor”

Rasanya Geeks semua sudah tahu seberapa mengerikan Pemerintah Dunia, dan bagaimana “kotor” dan mengerikannya mereka. Dari cerita Mother Caramel kita mengetahui, bahwa mereka memang secara sengaja menculik anak-anak, memperjual belikan mereka, untuk kemudian direkrut menjadi pihak angkatan laut atau menjadi pembunuh terlatih di kelompok Cipher Pol.

Aminoapps.com

Kita masih belum mengetahui apakah para anggota Cipher Pol, seperti Rob Lucci, direkrut dengan cara seperti itu. Namun, yang pasti, sedari kecil dia dan rekan-rekan di CP-9 lainnya sudah mendapatkan latihan fisik yang sangat pedih dan mengerikan. Mereka dengan sengaja dibentuk sebagai orang yang tidak memiliki belas kasih dan moral.

Perbudakan Arlong Pada Nami

Perbudakan memang menjadi salah satu hal yang mengerikan dalam dunia bajak laut, khususnya di cerita One Piece. Masa lalu Nami menjadi bukti bagaimana kekejaman perbudakan itu terjadi. Arlong dengan sengaja menyerang desa Cocoyashi dan menyandera mereka semua. Arlong meminta uang tebusan dalam jumlah yang besar. Dan dia tidak ragu untuk membunuh para penduduk.

Top 8 khoảnh khắc đen tối bậc nhất trong One Piece, cảnh nào lấy đi nước mắt của bạn?
Ambius.city

Belle-Mere menjadi bukti dari hal ini. Dia dibunuh karena tidak mampu membayar untuk dirinya, dan lebih memilih untuk melindungi Nami dan Nojiko. Nami kecil kemudian dipaksa untuk menjadi budak, demi memenuhi uang tebusan yang diminta oleh Arlong. Ditengah rasa frustasinya, dia pun kemudian mendapatkan bantuan dari Luffy yang mengubah jalan hidupnya.

Malam Tragis di Dressrosa

Kemampuan buah iblis dari Doflamingo mampu untuk mengendalikan King Riku dan para pasukannya untuk bertindak sesuatu dengan keinginannya, dengan adanya bantuan dari tali yang tidak terlihat. Dofy kemudian menggerakan mereka untuk menghabisi para masyarakat yang tidak berdosa. Yang paling parah adalah setiap dari mereka harus mengalami mental yang hancur, karena mereka melihat dengan mata kepala sendiri orang-orang tidak berdosa yang harus tewas.

Gamek.vn

Selain Dofy, muncul juga sosok lainnya yang memberikan tragedi lain yaitu Sugar. Dengan kekuatan buah iblisnya, dia banyak mengubah orang-orang menjadi mainan. Saat menjadi mainan, mereka yang berubah tidak akan mampu merasakan apapun emosi yang ada. Kyros bahkan harus rela melihat istrinya tewas di pelukannya, tanpa bisa merasakan apa-apa.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.