Di chapter 1001 kemarin, setelah Zoro melakukan teknik Rengoku Oni Giri, Zoro mengaku bahwa dia butuh lebih kuat dan lebih berusaha lagi untuk menggunakan kekuatan dari Enma. Banyak kemudian yang beranggapan bahwa Enma mungkin tidak sekuat yang dibayangkan setelah melihat hal itu. Tapi, dugaan tersebut sebenarnya salah karena Zoro masih belum terbiasa dengan Enma.

Setiap kali Zoro menerima atau mendapatkan pedang baru, dia membutuhkan penyesuaian dalam penggunaannya. Zoro tidak akan mampu memaksimalkan setiap pedang yang dia miliki saat pertama kali dia mendapatkan atau menggunakannya. Contohnya adalah saat Zoro mendapatkan pedang Sandai Kitetsu, Zoro langsung menguji cobanya dengan menghadapi Whiskey Peak Bounty Hunters.

Dan ternyata Sandai Kitetsu adalah satu pedang yang sulit untuk dikendalikan, karena melebihi dari apa yang diinginkan olehnya. Kemudian saat Zoro menerima pedang legendaris Shusui dari Ryuma dalam arc Thriller Bark. Zoro kemudian memutuskan untuk mengujinya dengan melawan Oars. Zoro kemudian berkomentar bahwa pedang Shusui lebih berat dari pedang miliknya yang sebelumnya.

Opfanpage.com

Setelah terbiasa, tebasan dari pedang Shusui bahkan jauh lebih besar dibandingkan pedang lainnya. Meskipun serangan 1080 Pound Canon miliknya sangat luar biasa, namun Zoro mencatat bahwa serangan dari Shusui “terlalu besar dan lambat.” Zoro mengatakan bahwa dia masih belum menguasai sepenuhnya dari pedang tersebut.

Serangannya ke arah Kaido dengan menggunakan Enma yang dianggap “kurang bertenaga” tentunya memiliki alasan. Yang paling logis mungkin adalah Zoro memang sengaja membatasi energi yang dialirkan kepada Enma, karena dia mencegah stamina atau kekuatannya terlalu banyak dikuras oleh pedang ini. Seperti yang diperlihatkan sebelumnya, Enma benar-benar sangat menguras energi atau stamina dari si pengguna.

Apa yang diucapkan oleh Zoro dengan mengatakan bahwa dia butuh lebih banyak menggunakan kekuatan Enma, menjadi tanda bahwa Zoro masih butuh penyesuaian seperti halnya pedang yang lain. Zoro masih belum terbiasa dengan serangan Enma ataupun kekuatan yang dihasilkan oleh Enma. Tapi, rasanya dalam beberapa waktu kedepan Zoro sudah mulai terbiasa dengan pedang barunya, dan kekuatannya akan bertambah setelah dia menguasai pedang tersebut.

https://www.deviantart.com/amanomoon

Apakah artinya pedang Enma tidak lebih baik dari Shusui? Untuk saat ini, Shusui memang bisa dibilang adalah pedang yang lebih baik dibandingkan Enma karena Shusui sudah menjadi sebuah pedang hitam (Black Blade). Menguasai Enma adalah cara yang dibutuhkan untuk membuat Zoro menjadi lebih kuat. Dan membuat Enma menjadi pedang hitam adalah cara untuk membuat Zoro menjadi jauh lebih kuat lagi. Sampai Enma menjadi pedang hitam, Shusui akan tetap menjadi pedang terbaik.

Bagi Zoro, mendapatkan Enma tidak sama seperti mendapatkan buah iblis baru, melainkan seolah menukar buah iblis yang dia miliki dengan buah iblis lainnya. Sampai kita menjadi lebih kuat dengan kekuatan yang baru, maka kita akan lebih lemah dari sebelumnya. Meskipun Zoro sudah berlatih sebelumnya dengan Enma, tapi butuh lebih banyak lagi penyesuaian kekuatannya. Jadi, kita nantikan saja ya Geeks momen dimana Zoro sudah mulai terbiasa untuk menggunakan Enma.

Featured image: otakuverse.id

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.