Im Sama/Imu Sama adalah karakter utama yang diungkapkan dalam arc Reverie. Dalam ceritanya, Im Sama terlihat cukup tinggi dengan mahkota, sedangkan sosok aslinya sendiri masih misterius karena semuanya masih tertutupi oleh siluet. Hanya bagian matanya saja yang diperlihatkan. Pada awalnya, kita tidak tahu siapa sosok Im Sama. Dia hanya diperlihatkan memegang poster buruan.

Dalam poster buruan yang dia pegang terdapat foto Vivi dan juga Luffy. Dia juga diperlihatkan masuk ke sebuah ruang penyimpanan dan memperlihatkan sebuah topi jerami besar yang membeku. Terakhir, kita melihat para Gorosei bersujud di hadapan Im Sama yang menjadi bukti bahwa sosok Im Sama bukanlah sosok sembarangan. Dia bahkan memiliki kedudukan yang jauh lebih tinggi dari Gorosei.

Dengan sedikitnya informasi mengenai Im Sama, membuat para fans akhirnya banyak berspekulasi dan berteori. Salah satu teori yang cukup menarik adalah Im Sama adalah ibu dari Luffy. Sejauh ini, Oda belum pernah memperlihatkan ibu dari Luffy, terlepas dia sudah memperlihatkan siapa sosok ayahnya dan juga kakeknya. Hal ini tentunya menjadi salah satu misteri di kalangan para fans.

Aminoapps.com

Banyak fans mencoba menebak-nebak siapa ibu dari Luffy. Alasan mengapa Im Sama diteorikan menjadi ibu dari Luffy adalah karena sosoknya yang masih misterius. Selain itu dia juga sangat paham mengenai kemampuan dan kekuatan Topi Jerami, dan dia diperlihatkan seolah memiliki koneksi kuat dengan sosok Luffy. Terlihat ketika dia memegang poster buruan Luffy dan marah.

Hal ini juga ada kaitannya dengan teori lainnya yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan ibu dari Luffy adalah seorang kaum naga langit. Dalam teorinya, dulu dragon sempat menjalankan misi atau sedang berpetualang sampai kemudian dia jatuh cinta kepada seorang wanita. Namun, tanpa Dragon ketahui bahwa sebenarnya wanita tersebut merupakan bagian dari kaum naga langit.

Akhirnya mereka pun terpisahkan oleh perbedaan status dan ibunya pun melahirkan Luffy. Dia kemudian dititipkan di desa Fusha atau dititipkan kepada sang kakek. Berbicara mengenai ibu Luffy sendiri, hal ini sempat dibahas dalam salah satu kolom SBS. Oda mendapatkan pertanyaan mengenai bagaimana sosok ibu dari Luffy, dan menurut Oda Sensei ibu dari Luffy adalah sosok wanita yang tangguh dan sedikit bergelombang pada rambutnya.

CBR.com

Hal itu banyak memunculkan spekulasi bahwa Dadan sang bandit gununglah ibu dari Luffy. Kemudian pada 2020 kemarin, pengisi suara dari Luffy dalam versi anime sempat menanyakan mengapa tidak ada ibu Luffy dalam ceritanya. Oda Sensei sendiri mengatakan bahwa kehadiran karakter ibu dari Luffy dianggap tidak memberikan pengaruh apapun dalam cerita, sehingga diputuskan untuk tidak menghadirkannya.

Jika kemudian teori bahwa Im Sama adalah ibu dari Luffy, maka itu akan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa dimana ketika sang kakek adalah pahlawan angkatan laut, sang ayah adalah orang paling di cari di seluruh dunia, dan sang ibu adalah orang paling berkuasa di dunia. Dan hal ini mungkin akan menjadi alasan mengapa Luffy menjadi sosok yang sangat kuat seperti sekarang.

Dan bukan hal mustahil juga Im Sama memang ibu dari Luffy, jika melihat contoh Kozuki Oden dan Toki, dimana Toki berasal dari 800 tahun sebelumnya. Meskipun begitu, kelemahan dalam teori ini adalah Im Sama sudah banyak diteorikan berasal dari era Joy Boy dan mungkin menjadi sosok yang bertanggung jawab atas kehancuran kerajaan Kuno dulu.

Juga yang paling penting adalah kita belum mengetahui sedikitpun informasi mengenai sosok Im Sama ini. Bahkan, kita belum tahu bagaimana wujudnya. Jadi, mungkin akan terlalu berlebihan jika menganggap Im Sama adalah ibu dari Luffy, meskipun bukan sesuatu hal yang mustahil juga jika memang Oda Sensei mau melakukannya.

Featured image: greenscene.co.id