Film Elona Holmes merupakan film garapan Sutradara Harry Bradbeer, dan penulis skenario Jack Thorne. Film ini menceritakan kisah detektif perempuan yang masih remaja, dan misteri yang dipecahkannya. Enola Holmes memiliki dua saudara, pertama Sherlock Holmes (Henry Cavill) yang dikenal sebagai detektif hebat, dan Mycroft Holmes (Sam Claflin) yang dikenal sebagai politisi sombong.

Tokoh Elona Holmes diperankan oleh Millie Bobby Brown. Perannya yang banyak dikenal dalam film Stranger Things itu, perlahan-lahan membuatnya semakin dikenal karena film Elona Holmes. Pasalnya, peran Millie tidak jarang mendapat sambutan baik dari penononton karena adanya kesetaraan gender yang direpresentasikan oleh karakter Elona. Berikut ini, 5 rekomendasi film di Netflik yang mirip Elona Holmes yang bisa kalian tonton:

5Young Sherlock Holmes (1985)

image source: letterboxd.com

Film garapan Sutradara Chris Columbus ini, menunjukkan alur cerita yang melodramatis bagi sebagian orang. Namun, Young Sherlock Holmes menampilkan karakter Sherlock yang baik hati, bebas, dan unik. Dalam filmnya diceritakan, bahwa Sherlock muda beserta temannya Watson menyelidiki beberapa kasus pembunuhan ketika mereka masih menjadi siswa sekolah asrama.

Kasus pembunuhan tersebut awalnya diduga karena sebagian orang mengalami delusi yang tidak dapat dijelaskan, sehingga menyebabkan mereka mati. Nicholas Rowe sebagai pemeran karater Sheclock Holmes muda, mendapat penghargaan Oscar dengan nominasi Efek Visual Terbaik.

4Suffragette (2015)

Image source: Screenrant.com

Secara garis besar, film Elona Holmes berkisah tentang ketidaksetaraan yang dialami oleh perempuan di Inggris, bahkan di seluruh dunia. Film Suffragette menguatkan premis itu, dengan menampilkan jaran cerita yang realisti. Jalan cerita tersebut membahas tentang perjuangan perempuan untuk mendapat hak-haknya. Bahkan, mereka juga rela mengorbankan pekerjaan, rumah, anak, dan seluruh hal dalam hidupnya untuk memperjuangkan kesetaraan.

Film yang disutradari oleh Sarah Gavron ini berdurasi 1 jam 46 menit, dan dibintangi oleh Carey Mulligan, Meryl Streep, dan Helena Bonham Carter.

3Knives Out (2019)

Image source: Movieweb.com

Film Knives Out bercerita tentang seorang novelis kriminal terkenal bernama Thrombey (Christopher Plummer). Dirinya ditemukan tewas di perkebunannya tepat setelah berulang tahun yang ke-85. Sementara itu, Detektif Benoit Blanc (Daniel Craig) diminta untuk menyelidiki kasus itu. 

2The Man From U.N.C.L.E. (2015)

Image source: Cbr.com

Dengan latar belakang tahun 1960-an, film The Man From U.N.C.L.E  bercerita tentang agen CIA Napoleon Solo yang berhasil membantu Gaby Teller untuk melarikan diri ke Jerman Barat meski ditentang oleh agen KGB Illya Kuryakin yang menakutkan. Kemudian, ketiganya secara tak terduga memutuskan untuk bekerja sama dalam sebuah misi untuk menghentikan organisasi kriminal swasta.

Misi itu dijalankan dengan memanfaatkan keahlian ayah Gaby, untuk membuat bom nuklir. Meski mereka memiliki agenda masing-masing, namun mereka berupaya agar menemukan cara demi perdamaian dunia.

1Sherlock Holmes (2009)

Image source: Movieweb.com

Setelah akhirnya menangkap pembunuh berantai dan “penyihir” okultisme Lord Blackwood, Sherlock Holmes dan asistennya Dr. Watson dapat menutup kasus sukses lainnya. Tetapi ketika Blackwood secara misterius kembali dari kubur, Holmes harus melakukan perburuannya lagi.