Seri manga dikabarkan akan segera berakhir dalam lima tahun lagi. Namun, seperti yang kita tahu bahwa seorang Eiichiro Oda terkadang meleset prediksinya. Yang pasti, cerita One Piece ini dikabarkan sudah lebih dari 70% yang mana memang artinya serinya akan segera berakhir meskipun kita tidak tahu apakah memang lima tahun lagi atau 10 tahun lagi.

Berbicara mengenai cerita akhir One Piece, banyak para fans yang mencoba memberikan prediksi mengenai apa yang akan terjadi di akhir cerita nanti. Salah satu yang paling populer adalah pertarungan antara Luffy bertarung melawan Pemerintah Dunia. Atau juga cerita dimana Luffy akan bertarung secara habis-habisan melawan Blackbeard yang akan mencoba merebut titelnya.

Namun, sepertinya Oda Sensei sudah memberikan petunjuk tentang cerita akhir serinya. Semua hal ini ada di arc pulau langit atau Skypiea. Ada banyak poin penting dalam ceritanya yang bisa menjadi petunjuk atas cerita akhir serinya. Misalnya yang pertama adalah adanya pasukan kerajaan kuno, yang mana dalam arc Skypiea mereka adalah pasukan dari suku Shandia.

Sedangkan dalam cerita besar One Piece, pasukan suku kuno ini kemungkinan adalah klan D. Kemudian kita juga mengenal sosok “tuhan” yang mana sosok tersebut adalah Im. Masih belum diketahui siapa sebenarnya Im, dan darimana asalnya. Sosok Im sama dengan God Enel, penguasa Skypiea yang selalu menindas penduduk di pulau langit. Sama halnya dengan Im yang selalu memberikan teror kepada penduduk dunia.

Ada juga para penduduk (Skypiea) yang sebenarnya bersifat baik, tapi terpaksa harus dikendalikan atau dicuci otaknya oleh dewa (kaum naga langit/God Enel. Di wilayah Skypiea juga terdapat janji yang sudah berlangsung selama 400 tahun, mirip seperti janji Joy Boy yang dilakukan sekitar 800 tahun yang lalu. Sejarah yang terlupakan atau abad yang hilang sama dengan situasi dimana penduduk Skypiea sebenarnya bagian dari Jaya.

Yang paling penting adalah Luffy berhasil mewujudkan janji yang sudah ada selama 400 tahun tersebut. Hal ini tentunya memberikan kepada kita sedikit gambaran bahwa memang sepertinya Luffy akan mewujudkan banyak janji atau takdir yang ada, dan janji yang akan ditepati Luffy adalah janji yang dibuat oleh Joy Boy. Jadi, dengan adanya paralel atau kesamaan antara arc Skypiea dan apa yang terjadi sekarang, maka bukan hal yang mustahil jika arc Skypiea sebenarnya sudah memprediksi cerita akhir dari One Piece. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah kalian setuju?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.