Salah satu orang yang dipercaya akan mampu mengalahkan Kaido dalam pertarungan puncak di arc Wano adalah Roronoa Zoro.  Zoro dipercaya akan menjadi “penerus” dari sosok Oden, dimana Zoro akan meneruskan tugas yang selama ini belum berhasil diselesaikan oleh Kozuki Oden yaitu membunuh/mengalahkan Kaido. Dengan pedang Enma, peluang Zoro menang memang cukup besar.

Enma adalah salah satu pedang yang pernah digunakan oleh Kozuki Oden dalam pertarungannya melawan Kaido. Enma sendiri jatuh ke tangan Zoro setelah Hiyori memutuskan memberikannya kepada Zoro, sebagai sebuah penawaran agar Zoro mau melepaskan pedang Shusui, yang dianggap sebagai bencana saat pedangnya dicuri dan berada di tempat yang tidak seharusnya.

Seperti yang dijelaskan oleh Tenguyama Hitetsu, salah satu pembuat pedang terbaik di Wano, Enma adalah pedang yang spesial karena bisa menyerap kemampuan Haki dan energi musuh secara drastis. Karena itulah tidak semua orang bisa menggunakannya dan tidak semua orang mampu mengendalikannya. Butuh perjuangan ekstra untuk seseorang bisa mengendalikan pedang ini.

Salah satu hal yang juga diungkapkan oleh Tenguyama terkait Enma adalah pedang ini bisa berubah menjadi pedang hitam alias Black Blade, saat berada di tangan Zoro. Black Blade sendiri adalah sebuah pedang yang sangat kuat dan sudah menyatu dengan penggunanya. Efek haki yang sangat kuat mengakibatkan Pedangnya berubah menjadi hitam. Yoru adalah salah satu pedang hitam yang sudah terbukti kedahsyatannya.

Zoro sendiri sekarang sudah bisa mengalirkan Haki miliknya ke pedang miliknya, termasuk Enma sehingga, pedang miliknya terlindungi. Tapi, meskipun Zoro sudah mengaliri Haki ke pedangnya, tapi nyatanya pedangnya tidak berubah menjadi hitam. Apakah kemampuan Armament Haki Zoro kurang begitu kuat? Tapi, ada kemungkinan bahwa perubahan pedang menjadi pedang hitam ada kaitannya dengan Conqueror Haki, dan bukan sekedar Armament Haki.

Ada beberapa kali momen dimana Zoro diperkirakan sudah menggunakan Conqueror Haki. Hal ini bisa dilihat dari wajah serius yang dia buat, dan pupilnya yang membesar dengan dikelilingi oleh lingkaran-lingkaran berwarna abu-abu. Zoro tidak melakukan apapun, hanya menatap sosok tersebut. Dan biasanya, sosok yang dilihat oleh Zoro tersebut perlahan mundur. Artinya ada sesuatu yang aneh di matanya.

Mungkin itu lebih dari sekedar intimidasi, dalam hal ini itu adalah Conqueror Haki. Hanya saja, masalahnya adalah Zoro belum mampu membangkitkan kemampuan tersebut. Mungkin, Zoro bisa mulai mencari orang untuk melatihnya membangkitkan Conqueror Haki. Mihawk bisa menjadi sosok tersebut. Seorang ahli pedang baru bisa merubah pedangnya menjadi pedang hitam setelah kekuatan tekadnya berhasil “mengalahkan” pedangnya.

Seperti yang diungkapkan Koushiro, seorang ahli pedang bahkan bisa saja memotong besi atau kesulitan memotong keras, semuanya tergantung dari sang pengguna pedang. Dan sudah ada beberapa momen ketika Zoro melakukan hal tersebut kepada Enma dan Sandai Kitetsu. Yang perlu dilakukan Zoro sekarang adalah membangkitkan Conqueror Haki miliknya. Ketika hal itu sudah dilakukan, dia akan mampu membuat Enma dan Wado Ichimonji menjadi pedang hitam yang sangat dahsyat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.