Chapter terbaru dari Boruto: Naruto Next Generation akhirnya resmi dirilis pada Jumat malam kemarin. Sebelumnya, di chapter 51 para fans dibuat heboh dengan cerita dimana Naruto mengorbankan dirinya untuk bisa mengalahkan Isshiki Otsutsuki. Setelah frustasi tidak bisa menyerang Isshiki, Naruto pun kemudian mulai mengambil jalan terakhir dengan mengaktifkan mode terakhir yang diberikan Kurama.

Sebelum menggunakannya, Kurama sendiri sempat memberikan sedikit penjelasan kepada Naruto mengenai mode terakhir tersebut. Kurama menyebutkan bahwa ketika menggunakan teknik ini, maka nyawa Naruto akan menjadi taruhannya, dan Naruto sendiri menyetujui hal tersebut. Naruto benar-benar terlihat berbeda saat menggunakan mode tersebut. Lalu, apa yang terjadi di chapter 52? Berikut adalah ulasannya.

Mode Baryon

Masih melanjutkan dari panel terakhir chapter 51 kemarin, chapter 52 dibuka dengan pertarungan antara Isshiki melawan Naruto. Dalam pertarungan ini, tentunya menggunakan mode barunya tersebut. Apakah mode terakhir ini ampuh mengatasi Isshiki? Ya, mode terakhir ini terbukti mampu membuat Isshiki tidak berdaya. Bahkan, Isshiki sendiri tidak menyangka jika Naruto memiliki kekuatan sebesar itu.
Dalam pertarungan kali ini, bukan lagi Isshiki yang berada di atas angin melainkan Naruto. Semua serangan Isshiki berhasil dihindari dan ditahan. Justru, sekarang giliran Naruto yang terus menghajar Isshiki dan membuat Isshiki terpojok. Sebuah hal yang tidak bisa dilakukan oleh Naruto sebelumnya. Dan seperti yang dijelaskan oleh Kurama, mode terakhir ini memiliki nama Mode Baryon.

Sistem Kerja Mode Baryon

Bagaimana mode tersebut bisa muncul? Dari mana asal kekuatannya? Berbagai pertanyaan mengenai mode terakhir ini memang banyak dipertanyakan para fans setelah chapter 51 tayang. Dan di chapter 52 ini, Kurama memberikan penjelasan mengenai sistem kerja dari mode Baryon tersebut. Seperti yang disebutkan oleh Naruto, mode Baryon ini sebenarnya memiliki sistem kerja yang simple, dibandingkan berbagai mode lainnya.

Lalu, yang menarik juga adalah ternyata mode ini berbeda dengan dua mode kuat lainnya yaitu mode Kurama dan Six Path. Kurama pun kemudian memberikan penjelasan singkat mengenai perbedaan tersebut, yang mana pada intinya mode terakhir ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan dari kedua mode dahsyat Naruto. Menurut Kurama, mode ini menjadi berbahaya dan jarang digunakan karena pada intinya mode ini menggunakan gabungan energi Naruto dan Kurama sampai salah satu dari mereka tewas.

Isshiki Semakin Melemah

Seperti yang diungkapkan oleh Amado di chapter sebelumnya, setelah Isshiki melakukan proses reinkarnasi pasca dikalahkan oleh Kashin Koji, dia hanya memiliki waktu selama 72 jam atau sekitar tiga hari untuk bisa mendapatkan wadah baru, yang mana adalah Kawaki, sebelum kemudian dia tewas. Karena itulah salah satu strategi mengalahkan Isshiki adalah dengan mengulur waktunya sampai habis.

Sempat berada di atas angin, ternyata mode Baryon Naruto memiliki efek yang dahsyat juga terhadap korbannya. Ternyata, setiap kali musuh tersebut terkena pukulan dari mode Baryon ini maka mereka juga akan kehilangan jatah nyawa mereka. Artinya, semakin sering terkena serangan ini maka semakin pendek juga nyawanya. Dalam hal ini, awalnya Isshiki memiliki waktu selama tiga hari, namun kini sisa waktunya hanyalah 10 menit saja.

Kawaki “Terhisap” Ke Medan Pertarungan

Geeks tentunya ingat bahwa lengan buatan dari Kawaki memiliki chakra Naruto, sehingga bisa digunakan oleh Kawaki. Karena, sebelumnya tidak ada lengan buatan yang pas untuknya. Hal itulah yang kemudian membuat Naruto memberikan lengan buatan miliknya. Dan ternyata chakra tersebut bereaksi terhadap Naruto. Kawaki bahkan merasakan bahwa chakra Naruto mulai melemah – yang diakibatkan oleh mode Baryon.

Yang menarik dari momen ini adalah ketika Kawaki merasakan chakra Naruto melemah, Kawaki kemudian ikut “terhisap” ke dalam dimensi dimana Isshiki dan Naruto berada. Ternyata chakra yang ada di lengan buatan Kawaki tersebut mampu dideteksi keberadaanya oleh Isshiki, yang mana hal tersebut membuat Isshiki akhirnya mampu memaksa Kawaki untuk muncul di lokasinya.

Doujutsu Boruto Bangkit

Boruto sempat mengancam akan membunuh dirinya sendiri jika Isshiki tidak mau menyerah. Namun, Isshiki kemudian memilih untuk mematahkan lengah Boruto dengan Rasengan yang dimasukan ke dalam lengan Boruto. Boruto pun kemudian tidak sadarkan diri, setelah diselamatkan oleh Sasuke. Namun ada hal menarik muncul di akhir ceritanya dimana mata Boruto kembali terbuka namun dengan pupil yang berbeda.

Masih belum diketahui apakah ini Jougan yang aktif atau mode Momoshiki. Namun, jika dilihat secara seksama sepertinya doujutsu yang aktif adalam Jougan. Jika hal ini Jougan maka, ini adalah pengguaan yang kesekilan kalinya setelah sekian lama tidak digunakan. Dan mungkin kita akan mendapatkan informasi lain mengenai kekuatan Jougan. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya di chapter selanjutnya.