Para fans Naruto dan Boruto dibuat terkejut dengan fakta yang muncul di manga Boruto: Naruto Next Generation chapter 51, dimana dia rela mengorbankan nyawanya untuk mengalahkan Isshiki Otsutsuki. Hal ini dilakukan setelah Naruto melihat tidak ada acara lain yang efektif untuk bisa mengalahkan Isshiki.

Sehingga, pada akhirnya Naruto pun setuju dengan ide dari Kurama untuk menggunakan mode terakhir. Sebenarnya  kita masih belum tahu seperti apa dan bagaimana mode terakhir tersebut. Namun, berdasarkan dari apa yang diperlihatkan secara singkat di panel terakhir chapter 51, perubahan wujud Naruto sangatlah drastis.

Dengan diselimuti chakra Kyuubi wajah Naruto terlihat sangat mirip dengan Kurama. Dan yang paling signifikan adalah level chakra yang digunakan oleh Naruto diluar batas wajarnya. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian fans khawatir bahwa Naruto memang benar-benar akan tewas, karena kekuatan yang sangat dahsyat tersebut.

Jika dalam artikel sebelumnya menyebutkan bahwa Naruto bisa menjadi Rikkudou, maka sama halnya seperti Sasuke. Dan seperti yang kita ketahui, Sasuke memiliki salah satu syarat untuk bisa mengakses mode Rikkudo yaitu mata Rinnegan. Sasuke sendiri di cerita sebelumnya, pernah diperlihatkan menggunakan berbagai teknik serangan Rikkudo, contohnya ketika pertarungan melawan Momoshiki.

Naruto Storm 3 Sasuke Rikudou Sennin mod - YouTubeIni akan menjadi usaha terakhir dari Sasuke untuk bisa mengalahkan Isshiki, setelah dia melihat Naruto rela mengorbankan nyawanya untuk mengakses satu form terakhirnya. Menjadi mode Rikkudo sebenarnya pernah dilakukan oleh dua Uchiha sebelum Sasuke, salah satu diantaranya adalah Madara. Madara pada saat itu menggabungkan sel Uchiha miliknya dengan sel Hashirama.

Hasil dari penggabungan tersebut sangat luar biasa, seperti yang diperlihatkan saat perang besar ninja keempat. Salah satu hal yang muncul dari hal ini adalah dia sanggup membangkitkan Rinnegan di kedua matanya. Sasuke sendiri saat ini memang memiliki Rinnegan, namun hanya di salah satu matanya saja. Mungkin dengan melakukan apa yang sama dengan Madara akan membuat Sasuke membangkitkan Rinnegan yang lainnya.

Kekuatan dari gabungan antara sel Uchiha dan Hashirama memang sangat dahsyat, bahkan kedahsyatannya bisa dibilang sangat mirip dengan mode Rikkudo atau Six Path milik Hagoromo Otsutsuki. Klan Senju dan Uchiha sendiri merupakan reinkarnasi dari kedua anak Hagoromo, Indra dan Asura. Jadi, wajar jika kemudian kekuatan gabungan sel Hashirama dan Uchiha akan menghasilkan kekuatan dahsyat.

Namun, kembali, teori ini juga masih memiliki beberapa kelemahan salah satunya adalah di dimensi tempat Naruto, Sasuke, dan Boruto bertarung tidak ada satupun orang disana. Kita tidak tahu mereka ada dimana, yang artinya Sasuke tidak bisa mengakses sel Hashirama dari Yamato. Hal ini tentu akan menyulitkan Sasuke untuk bertransformasi ke mode Six Path. Namun, bukan berarti hal ini mustahil dilakukan.

Terlepas dari bagaimana caranya nanti Sasuke akan mendapatkan sel Hashirama, atau menemukan cara lainnya, mengakses mode Six Path bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk menghadapi Isshiki. Sasuke akan melakukan segala cara untuk bisa membalas kematian dari Naruto, termasuk teknik yang mungkin juga akan mempertaruhkan nyawanya. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan dilakukan oleh Sasuke untuk menghadapi Isshiki!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.