Geeks tentu sudah tidak asing dengan huruf “D” yang ada di tengah-tengah nama beberapa karakter, termasuk sang karakter utama, Luffy. Dari sejak awal One Piece dibuat sampai saat ini, Eiichiro Oda belum pernah mengungkapkan apa kepanjangan atau arti dari nama “D” tersebut. Di komiknya juga belum ada cerita atau arc yang menjelaskan arti atau kepanjangan dari “D” ini.

Hal inilah yang membuat para penggemar One Piece penasaran sampai saat ini. Berbicara mengenai klan D, ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa keluarga dari Monkey D. adalah keturunan dari keluarga kerajaan, dalam hal ini mereka adalah keturunan dari Kerajaan Kuno. Sedangkan, mereka yang memiliki huruf D diluar keluarga Monkey D, adalah penduduk biasa.

Teori ini juga memberikan beberapa petunjuk yang bisa mendukung argument tersebut. Petunjuk ini memang tidak secara eksplisit memberikan penjelasan tentang keluarga Monkey D, karena seperti yang kita tahu bahwa Oda Sensei lebih senang memasukan pesan secara tersirat. Lalu, apa saja petunjuk tersebut? Pertama adalah form atau bentuk serangan milik Enel.

i hope we will see more elite logia user use this kind of form. imagine aokiji,akainu,kizaru and sabo in monster form. - ImgurEnel merupakan karakter yang mirip dengan Kaido. Pada saat itu, Enel tiba-tiba datang ke pulau langit dan langsung mengobrak-abrik wilayah tersebut. Dengan kekuatan yang luar biasa, Enel pun kemudian menjadi penguasa di wilayah tersebut. Karena hal inilah, Enel selalu berpikir bahwa dia adalah sosok dewa.

Klaim dari Enel ini juga diperlihatkan saat dia menggunakan salah satu form saat bertarung melawan Luffy yang mana menyerupai dewa penjaga (Deity King). Dan form tersebut sangat mirip dengan Gear 4 dari Luffy. Saat Luffy menggunakan form ini, Hyogoro sendiri yang mengatakannya bahwa Luffy memang nampak seperti seorang dewa pelindung.

Alasan kedua adalah kelahiran dari Ace. Apa hubungannya Ace dengan hal ini? Portgas D. Rogue harus menghindar dari kejaran Pemerintah Duni agar dia bisa melahirkan Ace. Mereka ingin semua keturunan Roger dihabisi, sehingga tidak ada lagi yang tersisa. Namun, sebelum Roger tewas dia sempat menitipkannya kepada Garp, yang kemudian dia titipkan lagi kepada Dadan.

Ketika Luffy muncul, dia mencoba untuk berteman dengan Ace. Meskipun awalnya Luffy ditolak, namun akhirnya Ace mau menerima Luffy. Mereka tidak hanya berdua, ada sosok Sabo juga yang kemudian menjadi sahabat mereka. Sabo, Ace, dan Luffy kemudian memutuskan untuk menjadi saudara. Jika dilihat dari masa lalu karakter, Ace adalah anak dari raja bajak laut. Sabo adalah keturunan bangsawan. Dan artinya Luffy juga memiliki peluang bahwa dia akan menjadi raja atau merupakan keturunan raja.

Kemudian saat peristiwa di Marineford, Whitebeard pernah mengatakan bahwa Roger sedang menunggu seseorang – mungkin adalah seseorang yang pantas untuk melanjutkan petualangannya atau melanjutkan janji Joy Boy. Namun, Whitebeard mengatakan bahwa Blackbeard bukanlah sosok yang ditunggu oleh Roger. Mengapa bisa begitu? Ada kemungkinan bila Blackbeard bukan berasal dari keluarga kerajaan atau pihak yang menentang kerajaan.

Kerajaan Kuno mungkin sudah hancur oleh gabungan 800 kerajaan lainnya pada 800 tahun yang lalu, tapi para keturunannya masih belum semuanya tewas. Masih ada beberapa yang tersisa dan mereka yang tersisa mencoba membangkitkan kembali semangat klan mereka. Keempat adalah kerajaan manusia ikan. Seperti yang kita lihat, para anggota kerajaan Ryugu di pulau manusia ikan memiliki semacam pita yang melingkar di bagian lengan dan belakang tubuh mereka.

Who are Luffy's blood relatives in One Piece? - QuoraDan pita tersebut juga diperlihatkan dalam form “dewa” dari Enel dan juga Gear 4 Luffy. Tentu rasanya sangat aneh melihat beberapa aspek dari para anggota kerajaan atau mereka yang mengaku dewa dan mungkin memang benar dewa, memiliki pola yang sama. Ini artinya Luffy merupakan kandidat yang sangat kuat untuk menjadi seorang raja.

Kelima adalah Monkey D. Dragon. Dragon adalah ayah dari Luffy dan anak dari Garp. Dia adalah pemimpin Pasukan Revolusi dan merupakan orang yang paling dicari di seluruh dunia. Mengapa Dragon menjadi buronan kelas satu? Salah satu alasannya mungkin ada kaitannya dengan apa yang ditakuti oleh Pemerintah Dunia yaitu Abad yang Hilang.

Kita tahu bahwa ada koneksi antara Abad yang Hilang dengan Kerajaan Kuno dan Dragon adalah orang yang paling dicari di seluruh dunia dan ingin mengetahui apa yang terjadi pada saat itu. Menjadi dalang dibalik semua usaha penggulilangan kekuasaan, memang bisa jadi alasan Dragon diburu tapi rasanya itu terlalu sederhana untuk membuat Dragon menjadi buronan paling dicari.

Nama Dragon juga ada dalam istilah kaum naga langit (Celestial Dragon), dan kaum naga langit adalah kaum bangsawan. Tapi, bukan berarti Dragon adalah bagian dari kaum naga langit melainkan Dragon adalah seseorang yang memiliki kekuatan atau kekuasaan. Mungkin setelah Luffy berhasil menemukan Poneglyph tentang rahasia dunia di Laugh Tale, kita bisa tahu apakah Luffy dan keluarga Monkey D memang keturunan bangsawan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.