Series Boruto: Naruto Next Generation saat ini sudah berjalan sekitar empat tahun sejak dirilis pertama kali pada 2016. Berbeda dengan seri Naruto, Boruto tidak ditulis oleh Masashi Kishimoto melainkan Ukyo Kodachi. Dan hasilnya dilihat, bahwa art style serinya mengalami banyak perubahan signifikan. Meskipun begitu, Boruto tetap menjadi salah satu manga favorit akhir-akhir ini.

Sempat dikritik karena kualitas cerita yang buruk, perlahan Boruto mulai bangkit dan mulai menghadirkan berbagai cerita yang menarik. Salah satu contohnya adalah petualangan Naruto dan Boruto dalam mengalahkan klan Otsutsuki yang berada di bumi. Selain Kaguya, kita melihat ada beberapa Otsutsuki lainnya yang juga datang ke bumi.

Mereka adalah adalah sosok yang sangat kuat, dan sejauh ini Isshiki adalah Otsutsuki yang paling kuat setelah Kaguya. Saat masih menggunakan jasad Jigen pun, Isshiki sudah sangat luar biasa dimana dia berhasil mengalahkan Naruto dan Sasuke sekaligus, bahkan mengurung mereka dalam sebuah dimensi. Dan sekarang, setelah Isshiki memunculkan wujud aslinya, kesulitan yang dihadapi para shinobi ini pun bertambah.

Isshiki membuktikan dirinya bahwa dia adalah yang paling kuat diantara Naruto, Boruto, Sasuke. Hal ini diperlihatkan di beberapa chapter terakhir saat Isshiki pergi ke Konoha untuk mencari Kawaki. Namun, tentunya Naruto dan yang lain tidak tinggal diam. Amado mengatakan bahwa hanya Naruto dan Sasuke yang bisa mengalahkannya – meskipun sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar.

Boruto manga timeskipSampai kemudian di chapter 51 kemarin kita melihat bahwa Naruto harus rela mempertaruhkan nyawanya demi mengalahkan Isshiki. Melihat kejadian ini tentunya membuat kita berpikir bahwa kekuatan Boruto perlu ditingkatkan. Meskipun dia memiliki segel Karma, namun dia belum bisa mengendalikannya. Pertanyaan besarnya kemudian apakah akan ada time-skip di seri Boruto?

Jika kita melihat ke seri sebelumnya, kita tahu bahwa Naruto pun sempat melakukan time-skip dari seri Naruto ke Naruto Shippuden. Lamanya time-skip ini sendiri adalah dua tahun. Dalam periode tersebut, Naruto dan seluruh shinobi muda Konoha lainnya berlatih dengan keras dan dengan perubahan dari anak-anak ke remaja maka penampilan mereka juga berubah.

Usia Naruto saat melakukan time-skip adalah 13 tahun, yang artinya ketika Naruto pulang kembali ke Konoha pasca latihan usianya sudah 15 tahun. Usia Boruto sendiri saat ini 12-13 tahun, usia yang sama seperti Naruto sebelum melakukan time-skip. Dan kemungkinan dia akan kembali ke Konoha di usianya yang ke 15 tahun, dengan berbagai perubahan yang juga terjadi di diri Boruto.

Namun, ada permasalahan besar yang harus dihadapi oleh Boruto jika memang time-skip jadi dilakukan. Pertama adalah siapa yang akan mengajari Boruto. Sejauh ini, tidak ada sosok shinobi yang levelnya kuat seperti Jiraiya. Orochimaru rasanya tidak mungkin akan mengajarkan Boruto, sama halnya seperti Tsunade. Sehingga, tidak ada lagi guru yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kekuatan Boruto.

Kawaki VS Boruto Uzumaki! - Boruto: Naruto NEXT GENERATIONS Folge/Episode 1 Review - YouTubeMelihat peristiwa yang terjadi belakangan – khususnya di animenya – Kakashi bisa menjadi pilihan untuk mengajari Boruto. Meskipun dia tidak sekuat atau sehebat Jiraiya, tapi Kakashi adalah seorang shinobi yang cerdas yang paham bagaimana mengajari murid-murid. Kandidat terakhir, yang paling memungkinkan, adalah Sasuke Uchiha. Tapi, dengan catatan, Sasuke berhasil selamat dari pertarungan melawan Isshiki.

Selama ini, Sasuke adalah sosok guru bagi Boruto menggantikan posisi sang ayah yang sangat sibuk sebagai Hokage. Boruto belajar banyak hal dari Sasuke. Ketika time-skip terjadi, mungkin Sasuke akan membawa serta Sarada untuk berlatih. Sehingga Sarada dan Boruto akan semakin dekat. Sasuke bisa mengajari banyak hal kepada Boruto.

Dia bisa mengajari Boruto cara menggunakan Jougan – meskipun Sasuke memiliki doujutsu yang berbeda – atau mengajari jutsu lainnya. Mungkin, bisa jadi pasca Boruto pulang kembali ke Konoha kita akan melihat peristiwa yang terjadi di awal serinya dimana Boruto bertarung melawan Kawaki di Konoha yang hancur. Kita melihat bahwa Boruto dan Kawaki sudah menguasai segel Karma mereka dan yang paling penting adalah mereka dalam peristiwa tersebut sudah beranjak remaja.

Selama ini, Boruto selalu ingin menjadi sosok shinobi yang kuat. Kekalahannya dari Isshiki, akan semakin meneguhkan hatinya untuk terus semakin menjadi lebih kuat. Latihan yang dilakukan secara serius dan terstruktur bisa membantu itu semua. Dan dengan melakukan time-skip kita akan melihat perubahan besar kekuatan yang dimiliki oleh Boruto.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.