Menjadi Hokage adalah impian dari banyak shinobi di Konoha, seperti yang ditunjukan dalam cerita Naruto dan Boruto. Ini adalah sebuah posisi atau jabatan tertinggi di desa Konoha, dan sekaligus tujuan paling besar dalam hidup seorang Uzumaki Naruto. Meskipun pada akhirnya dia berhasil menjadi seorang Hokage dan mewujudkan mimpinya, tapi tentunya Konoha perlu bersiap jika ada skenario buruk terjadi.

Contohnya adalah saat ini, ketika dia bersiap untuk mengorbankan jiwanya demi mengalahkan Isshiki dan menyelamatkan Konoha. Menjadi Hokage tentunya bukanlah sebuah jabatan yang bisa dipegang untuk selamanya. Perlu ada kandidat lain yang siap untuk bisa menggantikan posisi Hokage sebelumnya. Dan berikut adalah beberapa karakter calon pengganti Hokage yang kontroversial.

Tsunade

Salah satu dari tiga Sannin legendaris, Tsunade sebelumnya pernah menjadi Hokage Konoha sebelum kemudian digantikan oleh Hatake Kakashi. Tsunade bisa kembali menjadi Hokage di Konoha dan menjadi sosok Hokage yang efektif seperti yang dia lakukan dulu. Seorang mantan Hokage bisa kembali menjabat jika memang penduduk Konoha menginginkannya dan tidak ada lagi kandidat yang pas.

Tsunade sudah menunjukan kualitasnya sebagai seorang Hokage, dan sebagai shinobi. Dia pernah bertarung melawan Madara Uchiha dan juga keempat Kage lainnya, yang menunjukan bahwa dia adalah sosok yang tangguh dan patut dihormati.

Hatake Kakashi

Sama seperti Tsunade, Kakashi juga dulunya pernah menjadi seorang Hokage. Pengalamannya sebagai seorang Anbu hebat membuat Kakashi dirasa pantas untuk menjadi seorang Hokage. Ditambah lagi Kakashi memiliki banyak pengalaman bertarung, yang membuatnya menjadi salah satu shinobi hebat di Konoha. Dan seperti yang disebutkan di atas, Kakashi bisa kembali menjadi seorang Hokage jika dibutuhkan. Hal ini juga didukung oleh peraturan dari Konoha, yang memang membolehkan itu terjadi.

Ibiki

Ibiki merupakan salah satu shinobi Konoha yang paling berpengalaman. Buat Geeks yang mengikuti cerita Naruto, pasti mengenal sosok Ibiki, yang juga merupakan pengawas dari ujian Chunin. Dia juga merupakan sosok shinobi yang ada di garis depan ketika Konoha berada dalam situasi genting saat Pain datang untuk menyerang Konoha.

Ibiki memiliki keahlian dalam hal interogasi dan juga perang psikologis, yang mana artinya Ibiki bisa memperoleh informasi detail dari musuhnya tanpa perlu menjadi sosok pemimpin korup seperti Danzo Shimura. Meskipun Ibiki adalah kandidat yang cenderung kaku dan sangat kental dengan nuansa militer, namun dia adalah seorang shinobi yang sangat setia kepada desanya.

Temari

Dipilihnya Temari sebagai salah satu kandidat Hokage mungkin akan membuat banyak orang bingung, karena seperti yang kita ketahui Temari berasal dari desa Sunagakure. Apalagi Temari sempat memiliki peran saat penyerangan Orochimaru ke Konoha. Tapi, Temari sekarang sudah berubah.

Dia tidak lagi seperti Temari yang dulu, apalagi Sunaghakure kini sudah menjadi sekutu bagi Konoha. Temari juga kini sudah menjadi penduduk desa Konoha setelah menikah dengan Shikamaru. Menjadi Hokage, tentunya akan menambah erat hubungan antara kedua desa karena saudaranya. Gaara, adalah seorang Kazekage dan sahabat dari Naruto.

Uchiha Sasuke

Sasuke dikenal sebagai “Hokage yang lain” karena dia selalu menjadi tangan kanan dari Uzumaki Naruto.  Meskipun Sasuke dulu adalah rival dari Naruto, namun sekarang Sasuke adalah sahabat bagi Naruto. Untuk masalah kekuatan dan kemampuan dari Sasuke tentunya tidak perlu diragukan lagi. Kecerdasan, ketenangan, dan kemampuannya membuat Sasuke menjadi salah satu kandidat kuat dari Hokage Konoha selanjutnya.Sasuke memang sekarang sudah sadar dan sudah berubah. Pernikahannya dengan Sakura dan juga hubungannya dengan sang anak, Sarada, menjadi “penjamin” bahwa Sasuke tidak akan seperti dulu lagi. Meskipun dia lebih sering bergerak dibalik bayangan, tapi Sasuke adalah sosok Hokage yang paling efektif.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.