Peran dari para ninja, atau shinobi, dalam seri Naruto biasanya memang berkaitan dengan berbagai misi dan aksi berbahaya. Mereka akan dilatih menggunakan kemampuan chakra mereka, kemampuan jutsu mereka, dan juga kemampuan fisik mereka. Semuanya dilakukan demi bisa menjalankan berbagai misi yang diberikan oleh desa Konoha, dan demi melindungi desanya ketika ancaman datang.

Seorang ninja biasanya sangat loyal terhadap desanya dan juga memiliki mental bertarung yang sangat kuat. Hal tersebut mereka latih dan terus asah setiap harinya. Biasanya, cerita ninja muncul sebelum berbagai teknologi canggih muncul. Namun, dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Dan perkembangan teknologi juga menjadi pembeda yang paling besar antara Naruto dan Boruto.

Meskipun di satu sisi penggunaan teknologi canggih ini akan membuat mereka bisa lebih mudah dalam melakukan sebuah pekerjaan, namun dengan semua kemudahan tersebut pada akhirnya akan membuat para shinobi ini kehilangan ketajamannya. Teknologi memang mengubah bagaimana cara kerja para shinobi saat ini, tapi bukan menghilangkan semuanya.

Kawaki sempat mengatakan bahwa era para ninja sudah selesai, tapi dengan kemunculan Boruto dan rekan-rekannya membuktikan bahwa apa yang dikatakan Kawaki tidaklah benar. Bahkan Kawaki sendiri adalah bagian dari generasi yang akan menjaga jalan ninja yang sudah lama terbentuk initetap hidup. Kemunculan teknologi bukan akan menghilangkan jalan ninja tersebut, tapi lebih kepada mengembangkannya.

Di desa Konoha sendiri teknologi ikut berkembang, dan sudah mengubah kehidupan sehari-hari mereka. Dari dilihat dari segi mikro, perkembangan teknologi ini nyatanya mampu membantu para shinobi menjalani kehidupan mereka seperti semula. Contohnya adalah tangan buatan Naruto. Meskipun terlihat seperti lengan asli, pada kenyataanya dia mampu menggunakan jutsu berkat sebuah chip yang tertanam di dalam lengan tersebut.

Meskipun berbagai perlatan baru ini bisa membuat para shinobi lebih mudah menjalankan tugas mereka, namun tanpa latihan untuk menggunakan jutsu yang baik – seperti ninja terdahulu – maka hal itu bisa sangat berbahaya. Dalam ujian Chunin, Boruto menggunakan Shunobi Gauntlet, sebuah alat yang bisa menyegel dan melepaskan Jutsu sesuai keinginannya. Hal ini dia lakukan untuk bisa lolos dari ujian chunin.

Sayangnya, meskipun Boruto nyatanya berhasil menang dalam pertarungan final, Naruto berhasil mengetahui semuanya dan Boruto pun didiskualifikasi. Padahal ujian chunin sendiri diselenggarakan untuk menguji sampai sejauh mana jutsu dan hal lainnya yang sudah mereka pelajari sejauh ini. Namun, bisa dipastikan bila Shinobi Gauntlet tersebut sangat berbahaya jika jatuh ke tangan yang salah, juga jika digunakan oleh seseorang yang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Terlepas dari semua efek negatif, seperti yang disebutkan di atas, teknologi juga bisa membantu kinerja dari para shinobi. Dengan menggunakan teknologi, mungkin para shinobi yang akan diterjunkan dalam misi jumlahnya tidak akan banyak. Konoha – atau sebuah desa – baru akan menggunakan seluruh kekuatan shinobinya ketika ada ancaman besar datang ke desa mereka.

Efek dari teknologi kepada dunia para ninja tergantung sepenuhnya dari bagaimana mereka menggunakan atau memanfaatkannya. Jika memang digunakan untuk keamanan dan bertahan, maka teknologi bisa menjadi sangat membantu. Yang ditakutkan dari teknologi adalah jika kemudian para shinobi ini mulai tergeser dan tidak lagi dibutuhkan. Efisiensi akan menjadi hasil dari semuanya.

Seorang shinobi mungkin tidak akan lagi dilatih untuk menggunakan jutsu dan chakra, melainkan bagaimana menggunakan dan menggerakan robot atau sebuah alat canggih. Namun, meskipun dunia pada seri Boruto mengagung-agungkan teknologi, nyatanya Boruto sendiri lebih senang mengikuti jalan ninja yang lama dan mau melakukan apa yang para shinobi dulu lakukan.

Jalan ninja Konoha sekarang berada di tangan para generasi baru ini. Jika kemudian mereka masih bisa dan mau menggunakan cara “lama” maka, bisa dipastikan semua hal tentang chakra dan semacamnya masih akan tetap hidup. Perlu cara yang efektif untuk bisa menggabungkan keduanya secara baik, karena dengan gabungan keduanya Boruto dan yang lain akan berevolusi menjadi shinobi yang lebih hebat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.