Kaido adalah villain utama dalam cerita arc Wanokuni yang harus dihadapi Luffy dan aliansinya. Kekuatan Kaido sudah terbukti sangat dahsyat, dan hal ini sudah diperlihatkan dalam ceritanya dimana dia sudah pernah puluhan kali coba untuk dibunuh namun dia masih tetap bisa bertahan hidup. Hal inilah yang kemudian menjadi halangan bagi Luffy dan aliansinya untuk bisa memenangkan pertarungan.

Ada banyak teori yang dilontarkan para fans terkait bagaimana caranya untuk bisa mengalahkan Kaido, mulai dari kerja sama antara Luffy dan Kidd sampai teori mengenai Law yang akan berkorban nyawa demi mengalahkan Kaido. Namun, ada teori yang sepertinya lebih masuk akal yaitu dimana Zoro yang akan berhasil mengalahkan Kaido dengan kerja sama bersama Luffy.

Lalu, bagaimana caranya Zoro bisa mengalahkan Kaido? Di beberapa chapter kemarin kita melihat Red Scabbards berhasil membuat situasi Kaido dalam kondisi terdesak dengan berbagai serangan yang mereka lancarkan. Kaido sendiri nampak tidak percaya dengan apa yang terjadi kepada dirinya. Namun, Kaido kemudian mengatakan bahwa semua serangan-serangan tersebut tidak berarti apa-apa.

Oden Vs KaidouKaido juga menyebutkan bahwa berbagai serangan yang mereka lancarkan terhadapnya tidak cukup kuat untuk membuka luka lama yang disebabkan oleh Oden. Dan justru sekarang Kaido yang mencoba membalikan keadaan. Dia mencoba menunjukan kekuatannya sebagai seorang Yonko. Setelah mengeluarkan Boro Breath dan auman yang bisa menjadi petir, di chapter 993 kemarin Kaido mengeluarkan kemampuan sabit angin atau Kamaitachi.

Ada hal menarik yang disampaikan oleh Kaido di chapter 993 kemarin. Selain mengatakan bahwa kekuatan Red Scabbards tidak ada apa-apanya, dia juga menyatakan bahwa tidak ada samurai yang lebih hebat dari Oden saat ini. Padahal, yang sedang dihadapi oleh Kaido adalah Sembilan samurai terkuat di Wano. Meskipun, memang pada kenyataanya level kekuatan Red Scabbards tidak lebih kuat dari Oden.

Tapi, yang tidak disadari oleh Kaido adalah masih ada satu “samurai” lain yang belum dihadapi oleh Kaido yaitu Zoro. Zoro memang bukanlah samurai dalam arti sebenarnya, tapi dia memiliki kemampuan yang sama dengan seorang samurai, yaitu keahlian dalam menggunakan pedang. Dan seperti yang kita ketahui, mimpi terbesar dari Zoro adalah menjadi ahli pedang terkuat di dunia.

Mimpi tersebut memang rasanya masih jauh untuk bisa dicapai oleh Zoro, tapi setidaknya Zoro bisa mulai melangkah untuk mendekati mimpinya tersebut. Salah satu caranya adalah dengan melampaui kekuatan Kozuki Oden. Kozuki Oden saat ini sudah tewas, sehingga mustahil bagi Zoro untuk menantangnya bertarung dan membuktikan hal tersebut. Tapi, ada cara lainnya untuk bisa membuktikan kekuatan yang dia miliki.

Mengalahkan Kaido – atau setidaknya membuat luka Kaido kembali terluka – menjadi salah satu cara untuk membuktikan bahwa level kekuatan Zoro setara atau bahkan lebih kuat dari Oden. Seperti yang kita tahu, Kozuki Oden adalah satu-satunya orang yang pernah dan bisa melukai tubuh dari Kaido. Semuanya berkat gabungan antara pedang Enma dan Ame no Habakiri, serta kemampuan Ryuo alias Armament Haki.

Zoro saat ini memiliki kemampuan Armament Haki yang sangat dahsyat, dibuktikan dengan dia mampu mengalahkan Pica. Padahal, Pica sudah menggunakan Armament Haki untuk “melindungi” dirinya. Hal ini membuktikan kemampuan Armament Haki Zoro sudah berada di level yang sangat tinggi. Dan Zoro memiliki elemen-elemen yang dibutuhkan ketika Oden melukai tubuh Kaido.

Pertama, Zoro memiliki salah satu dari pedang yang digunakan Oden untuk melukai Kaido, yaitu Enma. Pedang ini didapatkan setelah Zoro menukarkan pedang Shusui miliknya. Ada kemungkinan saat pertempuran nanti, meskipun Zoro tidak memiliki Ame no Habakiri, pedang Enma miliknya akan dipadukan dengan Wado Ichimonji untuk membuka kembali luka Kaido.

Luffy and Zoro Vs Kaido Pirates | Bat-Man ( Gifters ) - YouTubeKedua, Zoro memiliki kemampuan Armament Haki yang sangat kuat. Kozuki Oden dikenal memiliki Armament Haki yang sangat kuat. Bahkan, saking kuatnya, dia mampu bertahan di minyak panas saat proses eksekusinya dan juga mampu membuat tubuh Kaido terluka. Apa yang diperlihatkan oleh Zoro dalam pertarungan melawan Pica bisa menjadi bukti nyata bahwa Zoro memiliki peluang untuk bisa melakukan hal yang sama dengan Kozuki Oden.

Pertanyaannya kemudian apakah memang Zoro yang akan mengalahkan Kaido. Kemungkinan besar tidak. Zoro tidak akan mengalahkan Kaido, melainkan dia hanya akan membuka kembali luka yang ditimbulkan oleh Oden – atau bahkan membuat luka lainnya. Dan ketika luka tersebut kembali terluka hal itu bisa dimanfaatkan oleh Luffy untuk diserang. King Kong Gun bisa menjadi pilihan atau mungkin Gatling Gun.

Kesimpulannya adalah Zoro memiliki elemen yang dibutuhkan untuk menjadi “Oden 2.0” dan mengalahkan Kaido. Namun, yang perlu menjadi catatan penting adalah Zoro tetaplah Zoro. Teorinya bukan menyebutkan bahwa Zoro akan menjadi Oden selanjutnya atau mewarisi tekad Oden. Hanya saja, Zoro memiliki elemen yang dimiliki oleh Kozuki Oden ketika dia berhasil mengalahkan Kaido.

Namun, perjalanan Zoro sendiri masih cukup panjang. Dia saat ini masih berada di level bawah, istana Kaido. Mungkin, dia akan menghadapi Queen terlebih dahulu sebelum kemudian dia bisa pergi kea tap istana dan kemudian bertarung melawan Kaido. Kita nantikan saja ya Geeks, momen epik dimana Luffy dan Zoro akan bertarung melawan Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.