Siapa yang akan bertarung melawan Flying Six? Siapa yang akan bertarung menghadapi tiga All-Stars? Siapa yang akan bertarung menghadapi Kaido? Berbagai pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul di tengah-tengah penggemar yang penasaran siapa yang kemungkinan akan memiliki peran besar dalam arc Wanokuni, terutama dalam pertempuran besar di Onigashima, perang yang disebut-sebut perang terbesar dalam cerita One Piece sampai sejauh ini.

Saat perang besar Onigashima dimulai, banyak para fans berspekulasi siapa yang akan bertarung melawan siapa. Contohnya adalah Sanji yang akan menghadapi King, karena kemampuan Airwalk Sanji bisa menandingi serangan udara King. Namun, yang paling menyita perhatian dari semuanya adalah siapa yang kemudian akan menghadapi Kaido. Sebagian menyebutkan Luffy dan ada juga yang menyebutkan Zoro yang akan mengalahkan Kaido.

Sejauh ini, kita melihat bagaimana usaha Luffy dan Zoro untuk menghadapi Kaido selalu terhalang. Mereka dihadang oleh Numbers, Big Mom, dan bahkan All-Stars. Kaido sendiri saat ini sedang dihadapi oleh Red Scabbards. Dan apa yang diperlihatkan oleh Red Scabbards terhadap Kaido dan anak buahnya sangatlah luar biasa. Mereka bahkan mampu mengalahkan Jack the Drought sebelum bertarung melawan Kaido.

One Piece: Apakah Zoro Resmi Miliki Conqueror Haki? | GreensceneKaido benar-benar dalam posisi terdesak, bahkan Kaido sama sekali tidak diberi kesempatan untuk menyerang balik. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian fans berpikir bahwa Red Scabbards mampu menangani Kaido. Tapi, ternyata dugaan tersebut salah. Rasanya terlalu naif jika menganggap Red Scabbards bisa mengalahkan Kaido. Dan hasilnya kita lihat di chapter 993 kemarin.

Kaido mulai serius menghadapi Red Scabbards, dimana serangan Wind Scythes milik Kaido berakibat fatal bagi Red Scabbards dimana lengan Kiku putus. Kaido juga menyebutkan bahwa teknik Tougen Tetsuka yang mereka praktikan tidak terlalu hebat dan kuat. Bahkan, serangan mereka tidak mampu membuka luka lama yang dibuat Oden. Pertanyaanya kemudian, lalu, siapa yang mampu melukai Kaido?

Jawabannya bukan Luffy, melainkan Zoro. Apa peranan Zoro dalam pertarungan tersebut? Zoro memiliki satu elemen penting yang tidak dimiliki oleh Red Scabbards yaitu sumber daya, dalam hal ini pedang Enma. Pedang Enma dan pedang yang digunakan oleh para Red Scabbards sangatlah berbeda. Pedang Enma merupakan salah satu pedang yang memiliki tingkat kesempurnaan tinggi.

Berbeda dengan pedang biasa yang digunakan oleh Red Scabbards, Enma merupakan sebuah pedang yang unik. Pedangnya mampu mengkonsumsi Haki si penggunanya dalam jumlah yang sangat besar, jika si pengguna tidak mampu untuk mengendalikannya. Dan masalahnya tidak semua samurai atau ahli pedang mampu mengendalikan kekuatan dahsyat seperti Enma.

Kita sudah melihat bagaimana Zoro awalnya kesulitan saat memegang Enma karena kekuatan Hakinya sangat besar. Namun, Zoro kemudian mampu mengendalikan dalam waktu yang singkat. Berbicara masalah kekuatannya, rasanya tidak perlu lagi disebutkan atau dibahas. Bekas luka di perut Kaido menjadi bukti nyata kedahsyatan Enma.

Berdasarkan hal ini, Zoro sepertinya tidak perlu terlalu berusaha keras mengeluarkan kekuatannya. Yang harus dia lakukan adalah hanya menahan dan mengendalikan pedang tersebut agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi Haki dan energinya. Karena, jika tidak maka Zoro akan kelelahan dan kalah. Tapi, bagaimana jika kemudian Zoro tidak menahan diri alias benar-benar tampil secara total?

Satu tebasan Enma sudah cukup untuk memotong ujung tebing. Tentunya efeknya akan terasa lebih dahsyat lagi, jika kemudian Zoro mampu melapisinya dengan Armament Haki tingkat tinggi. Ada kemungkinan untuk pertama kalinya, kita akan melihat Zoro kelelahan dalam bertarung. Semua itu dikarenakan kedahsyatan dari pedang Enma.

Kekuatan Zoro akan terkuras habis demi membuka kembali luka lama Kaido. Dan ketika Kaido terluka oleh serangan Zoro, Luffy akan muncul dan kemudian menyerang Kaido dengan serangan dahsyat miliknya. Dengan skenario seperti ini, maka Eiichiro Oda memberikan para pembacanya tiga hal. Pertama, hal ini akan menjadi bukti bahwa arc Wanokuni memang merupakan arc dari Zoro.

Kedua, hal tersebut akan menjaga status quo yang selama ini sudah terbentuk, dimana Luffy jauh lebih dahsyat dibandingkan Zoro – dan yang lain. Namun, di sisi lain, hal ini tidak membuat Zoro terlihat lemah. Melainkan saat momen inilah kita diperlihatkan pentingnya sosok Zoro. Ketiga, momen tersebut akan menjadi bukti bagaimana kedahsyatan sosok Kozuki Oden.

Berdasarkan apa yang diperlihatkan sejauh ini, Oden tidak pernah merasa kelalahan atau letih setelah menggunakan Enma. Oden mampu mengendalikan Enma dan Ame no Habakiri sesuai dengan keinginannya. Hal ini akan membuat Zoro sadar bahwa dia masih butuh banyak belajar untuk bisa menjadi seorang ahli pedang terhebat, dan tujuan yang paling dekat untuk saat ini adalah mampu mengendalikan Enma.

Kesimpulannya adalah Enma merupakan kunci dalam pertarungan ini. Enma memberikan Zoro kesempatan untuk membuktikan seberapa tangguh dirinya sejauh ini. Dan momen ini juga akan menjadi bukti bahwa Zoro memang adalah sosok penting untuk kemudian mengalahkan Kaido. Bagaimana menurut kalian Geeks?