Captain America mungkin memiliki beberapa villain ikonik yang pernah ia hadapi. Dari sekian banyak, mungkin Red Skull adalah sosok yang paling dikenal banyak orang. Namun sepertinya, bukan Red Skull yang menjadi sosok villain paling dikenang Captain America, melainkan Baron Helmut Zemo, salah satu villain yang cukup pintar dan kompeten di Marvel Universe.

Baron Zemo diperkenalkan pada komik The Avengers #4 tahun 1964. Ia juga akan menjadi antagonis utama dalam serial Falcon and Winter Soldier, di mana karakternya diperankan oleh Daniel Bhrul. Baron Zemo sebenarnya adalah gelar yang diturunkan oleh keluarga Zemo, dan beberapa dari keluarga tersebut pernah berselisih dengan Captain America.

Baron Zemo adalah karakter yang memiliki sejarah kemenangan saat melawan Captain America, bahkan Baron Zemo pernah membuat Captain America menangis! Kisah tersebut terjadi di komik Under Siege garapan Roger Stern dan John Buscema. Dalam komiknya, Baron Zemo mengumpulkan segerombolan penjahat super dan membentuk kelompok atau organisasi jahat bernama Master of Evil. Beberapa anggota dari Master of Evil adalah Absorbing Man, Titania, Moonstone, Mr. Hyde, Goliath, the Wreking Crew, Blackout dan Tiger Shark.

Cerita inti dari Under Siege sendiri sebanarnya memperlihatkan saat Avengers dikalahkan oleh musuhnya. Baron Zemo dan timnya berhasil merangsek masuk ke Avengers Mansion dan menyiksa Edwin Jarvis (kepala pelayan Avengers) dan menghancurkan tempat tersebut. Selain itu, tim Baron Zemo juga berhasil mengalahkan Black Knight, dan bahkan membuat Hercules koma selama beberapa waktu. Kekalahan tragis Avengers itu disaksikan langsung oleh Captain America.

Saat menghancurkan Avengers Mansion, Baron Zemo dengan sengaja menghancurkan beberapa barang pribadi Steve peninggalan kehidupan di masa lalunya. Rupanya, Baron Zemo menghancurkan beberapa foto dari lemari penyimpanan Captain America, dan hanya menyisakan satu foto ibunya. Padahal foto ibunya sangat sedikit, karena ibunya tidak suka difoto. Captain America pun menangis karena tim Avengers sudah dikalahkan dengan telak. Jarvis dan Black Knight yang dipukuli habis-habisan, sampai dengan Herluces yang berbaring koma.

Itulah mengapa Captain America terlihat sangat terpukul sampai pada suatu titik air matanya mulai menetes. Dalam komik ini, ada satu hal yang disoroti, yaitu walau Captain America adalah sosok yang kuat, tetapi ia tetaplah manusia. Steve Rogers adalah manusia yang berpikir dan memiliki perasaan. Bisa dibilang bahwa Captain America adalah salah satu pahlawan Marvel yang paling manusiawi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/