Dalam beberapa tahun belakangan, para pecinta film mulai semakin mengenal dan menyukai para karakter Marvel. Hal ini sebagian besar diakibatkan oleh meledaknya genre film superhero dan berkat kesuksesan Marvel Cinematic Universe yang dibangun oleh Marvel Studios sejak 2008 silam. Berbagai karakter populer seperti Iron Man, Thor, Spider-Man, Captain America, dan Black Widow dihadirkan di MCU.

Selain karakter baru, MCU juga menghadirkan karakter yang bisa dibilang kurang begitu populer. Salah satunya adalah Doctor Strange. Sebelumnya, Stephen Strange tidak begitu dikenal oleh banyak orang – kecuali fans komik Marvel. Tapi, berkat penampilan Benedict Cumberbatch yang sangat apik akhirnya membuat orang-orang kini mengaitkannya dengan sosok Doctor Strange.

Doctor Strange sendiri sudah muncul di berbagai film MCU seperti Thor: Ragnarok dan juga dua film penutup mereka, Avengers: Infinity War dan juga Endgame. Setelah sempat menghilang selama lima tahun, Doctor Strange kini kembali. Dan selain film Doctor Strange 2, kabar terbaru menyebutkan bahwa Strange akan memiliki koneksi dengan Spider-Man.

Spider-man 3 dan Doctor Strange

Setelah sempat mengalami penurunan popularitas, karena “gagalnya” dua film The Amazing Spider-Man, popularitas Spidey kembali naik pasca dia diperkenalkan di MCU. Spidey sendiri diperkenalkan di MCU melalui film Captain America: Civil War. Di MCU sendiri, Spidey sudah memiliki dua film solo, Spider-Man: Homecoming dan Far From Home. Dan kini Spidey sedang bersiap untuk film ketiganya.

Meskipun Spidey akhirnya mendapatkan film ketiga, sempat terjadi sebuah peristiwa dimana Spider-Man “keluar” dari MCU. Hal ini dikarenakan selisih paham yang terjadi antara pihak Disney dan Sony Pictures. Namun, tidak butuh waktu lama untuk kemudian perjanjian kembali dibuat dan Spidey akhirnya kembali ke MCU. Bukan hanya kembali, Spidey juga mendapatkan film baru.

Doctor Strange, Spider-Man, ElectroBelum banyak informasi detail mengenai film Spider-man 3. Namun, baru-baru ini muncul dua kabar menarik yang memunculkan spekulasi di kalangan para fans. Pertama, adalah kemunculan sosok Electro sebagai villain di film Spider-man 3. Mengapa hal ini menarik? Karena Electro adalah villain yang berasal dari film The Amazing Spider-Man 2, yang artinya ada perbedaan universe dengan Spidey versi MCU.

Kabar ini sempat dikonfirmasi oleh sang aktor, Jamie Foxx, dalam unggahan yang sekarang sudah dihapus. Diketahui, sosok Electro di Spider-man 3 nanti tidak akan “sebiru” penampilan sebelumnya. Kabar yang kedua adalah adanya keterlibatan Doctor Strange di film terbaru Spider-Man nanti. Bahkan, kabarnya Doctor Strange sendiri akan menjadi sosok mentor baru bagi Peter Parker pasca kematian Tony Stark.

Doctor Strange Sebagai Mentor Baru Peter Parker

Kabar kemunculan Doctor Strange di film Spider-man 3, pastinya disambut gembira oleh para penggemar MCU. Karena, dua karakter “baru” di MCU dan dua karakter favorit para fans akhirnya kembali bertemu. Tapi, apa peran yang mungkin akan diberikan kepada Doctor Strange di film Spider-man 3 nanti? Apakah Strange akan memiliki peran besar atau hanya sekedar cameo?

Akhir cerita Far From Home, memang membuka kesempatan Doctor Strange untuk bisa masuk ke film Spider-man 3. Mungkin, pada saat itu, Strange akan memberikan bantuan berupa perlindungan. Seperti yang kita ketahui, salah satu Sanctum Sanctorum ada di kota New York, dan di Sanctum inilah Strange tinggal. Peter Parker mungkin akan kabur ke Sanctum ini, karena tidak memiliki tempat lainnya untuk bersembunyi di New York setelah dia dituduh sebagai pembunuh.

Spider-Man and Doctor StrangeHal ini bukan sekali terjadi. Dalam Thor: Ragnarok, Strange juga sempat melakukan hal yang sama. Strange memandu Thor ke sebuah tempat dimana ayahnya berada. Dalam film tersebut, Strange muncul hanya sebagai cameo. Masih belum diketahui apakah Strange akan mengalami hal yang sama di film Spider-man 3 nanti atau tidak.

Namun, ada juga kemungkinan bahwa Doctor Strange akan memiliki peran besar di filmnya. Seperti yang banyak diprediksi dan dirumorkan oleh banyak orang, kehadiran Doctor Strange di film Spider-man 3 bisa jadi adalah sebagai pengganti dari Tony Stark untuk menjadi mentor bagi Peter Parker. Dan mungkin dalam ceritanya kali ini, Peter bukan hanya menghadapi sosok villain yang mengaku dari universe lain, melainkan memang benar-benar akan menghadapi sosok villain yang berasal dari universe lain, Electro.

Dengan kondisinya yang tidak memungkinkan untuk beraksi sendirian, maka dia butuh bantuan dari orang lain, dan dalam hal ini adalah Doctor Strange. Strange akan memandu dan ikut membantu Peter untuk menghadapi Electro (atau villain lainnya yang mungkin akan muncul).

Bagaimana Doctor Strange Bisa “Menyatukan” Semua Spider-Verse?

Lalu, bagaimana caranya Electro kemudian bisa berada di MCU? Ada beberapa skenario yang mungkin bisa terjadi di filmnya. Pertama, seperti yang disebutkan dalam artikel lain, menghilangnya Electro di akhir film The Amazing Spider-Man 2 mungkin bukanlah tewas dalam artian yang sebenarnya. Bisa jadi, dengan adanya daya listrik yang besar, dia justru terhempas ke dimensi lain atau universe lain.

TV series WandaVision dirumorkan akan bermain-main dengan realita yang ada, dimana Wanda kemungkinan akan membangun universenya sendiri dan hal ini tentunya akan mempengaruhi timeline yang ada di Marvel Cinematic Universe. Seperti yang kita ketahui, dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness sosok Wanda Maximoff akan muncul dan berkolaborasi dengan Strange.

 3 Spider-Man moviesBisa jadi, dengan kondisi multiverse dan timeline yang kacau, Doctor Strange akan berusaha mengembalikan semuanya seperti sedia kala. Ketika melakukan hal tersebut, Doctor Strange kemungkinan akan dibantu oleh Wanda. Mereka Bersama-sama kemudian menghadapi villain di filmnya, dan pada akhirnya berhasil mengembalikan semua kekacauan.

Namun, tanpa disadari, ada sosok lainnya yang justru “terdampar” di universe MCU yang mana sosok tersebut adalah Electro. Dan disinilah petualangan Electro di dunia MCU dimulai. Meskipun Strange tidak memiliki Time Stone lagi, kemampuan sihirnya pasti sudah meningkat kuat. Terbukti di film Endgame dia membuka portal dari berbagai wilayah di universe utama MCU. Portal ini juga mungkin bisa menjadi faktor bagaimana Electro bisa masuk ke MCU, dan bahkan bukan hanya Electro, seluruh Spider-Verse juga bisa digabungkan melalui portal antar dimensi yang diciptakan oleh Doctor Strange ini.

Tentang Electro

Ada hal menarik dari pernyataan Foxx tentang karakternya di Spider-man 3 nanti, yaitu dia tidak akan biru lagi. Karakter Electro sempat mendapatkan kritikan pedas karena efek visual yang sangat buruk dalam menggambarkan sosok Electro. Namun, dengan pernyataan Foxx tersebut, hal ini memunculkan sebuah pertanyaan besar. Apakah Marvel akan menampilkan Electro dengan versinya sendiri? Atau apakah sosok Electro yang muncul adalah sosok Maxwell Dillon sebelum berubah menjadi Electro? Apakah sosok Electro yang muncul adalah versi “alternate universe”?

Jamie Foxx is back as Electro: what next for Spider-Man?Sejauh ini, memang belum ada informasi apapun terkait filmnya. Dalam filmnya versi Andrew Garfield, Dillon adalah penggemar berat Spider-Man. Dan mungkin di versi MCU juga bisa saja Dillon adalah penggemar Spidey. Konsep multiverse sendiri memang sangat menarik dan luar biasa, dengan catatan bahwa semuanya harus dikejakan secara sempurna. Contoh nyatanya adalah Spider-Man: Into the Spider-Verse. Pertanyaanya kemudian apakah MCU mampu melakukannya dengan baik? Pasalnya ini pertama kalinya mereka menghadirkan konsep multiverse. Mudah-mudahan saja semuanya bisa berjalan dengan baik dan sempurna.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.