Kita semua sudah tahu bahwa Vision tewas di film Avengers: Infinity War, sebelum Thanos melakukan Decimation. Kematian Vision sendiri diakibatkan oleh Thanos yang berhasil mengambil Mind Stone di dahi Vision. Tapi, sebenarnya sebelum Thanos berhasil melepas Mind Stone di dahi Vision, Wanda dan Vision juga berusaha untuk melepaskan Mind Stone tersebut dengan bantuan Shuri.

Andaikan operasi yang dilakukan oleh Shuri berjalan dengan baik, mungkin Vision masih akan tetap hidup sampai sekarang dan Thanos akan gagal melakukan Decimation. Vision sendiri diciptakan di film Age of Ultron oleh Doctor Helen Cho atas perintah dari Ultron, yang menginginkan sebuah tubuh yang lebih baik dan lebih kuat untuknya. Namun, Tony Stark dan Bruce Banner bisa memprogram ulang tubuh untuk Ultron tersebut.

Selain memprogram ulang, Tony Stark juga mengunggah kecerdasan buatan miliknya, J.A.R.V.I.S., ke tubuh tersebut yang mana di tubuh tersebut sudah dipasangkan Mind Stone. Berkat diunggahnya JARVIS ke dalam tubuh buatan tersebut, Vision justru berubah menjadi superhero dan bukan menjadi villain. Berkat Mind Stone ini, Vision memiliki berbagai kelebihan seperti mampu mengatur density atau ketebalan tubuhnya, mampu mengeluarkan ledakan energi, dan lain-lain.

Paul Bettany was told career was dead before cast in 'Avengers: Age of Ultron' - InsiderNamun, yang jadi pertanyaan kemudian apa yang terjadi kepada Vision tanpa ada bantuan dari Mind Stone? Apakah dia akan tetap menjadi sosok kuat? Meskipun tanpa ada bantuan dari Mind Stone, ada kemungkinan Vision tetap akan menjadi sosok yang kuat. Vision akan tetap memiliki kemampuan atau kelebihan tertentu, meskipun mungkin tidak akan sehebat ketika dia memiliki Mind Stone.

Hal ini dikarenakan material tubuhnya yang memiliki kemampuan manusia super, daya tahan yang tinggi (karena terbuat dari vibranium), dan juga kemampuan untuk terbang. Mungkin kemampuan penyembuhan diri sendiri juga ada dalam dirinya karena seluruh bagian tubuhnya bisa melakukan regenerasi secara otomatis. Karena pada dasarnya Vision adalah kecerdasan buatan, maka tidak aneh jika kemudian Vision memiliki kemampuan yang berkaitan dengan komputer dan elektronik.

Vision juga tetap akan memiliki kemampuan bertarung yang baik dengan tubuhnya tersebut. Dan dia juga tetap rasanya akan mampu untuk menggunakan berbagai senjata, termasuk Mjolnir, karena sudah terbukti bahwa Vision adalah sosok yang pantas untuk menggunakan Mjolnir. Pada intinya, Vision masih akan tetap memiliki berbagai kemampuan dan kekuatan meskipun tanpa adanya Mind Stone.

Dengan tidak adanya Mind Stone di dahinya, Vision mungkin memang akan mengalami penurunan kemampuan. Salah satu contohnya, dia tidak bisa menembakan laser dari dahinya. Meskipun begitu, bukan berarti Vision kemudian akan berubah menjadi sosok lemah. Dengan berbagai hal modern dan canggih yang ada di tubuh Vision, dia masih bisa melakukan sesuatu dan menjadi yang terkuat.

Tanpa adanya Mind Stone, Vision juga akan tetap menjadi anggota tim Avengers yang berharga karena dia memiliki kemampuan yang tidak bisa dilakukan dan tidak dimiliki oleh para superhero lainnya. Karena Vision tewas sebelum Decimation terjadi, bisa dipastikan Vision tewas ketika Thanos mengambi Mind Stone miliknya. Namun, sekarang dia akan kembali di seri WandaVision. Dan menariknya di seri tersebut kita melihat Vision kembali menggunakan Mindstone. Apakah Vision di seri ini akan berbeda dengan apa yang sudah ditampilkan sebelumnya? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.