Sosok Monkey D. Dragon tentunya bukanlah karakter biasa saja dalam cerita One Piece. Seperti yang bisa kita duga, kemungkinan besar Dragon akan memiliki peran penting dalam cerita di seri ini. Tapi, peran seperti apa dan seberapa besar perannya masih belum diketahui. Selain penasaran tentang ayah Luffy, tentunya para fans One Piece penasaran tentang sosok ibu Luffy yang sampai sekarang masih belum diketahui dimana dan bagaimana rupanya.

Sebenarnya sudah sangat banyak teori-teori yang dilontarkan oleh para fans tentang ibu Luffy. Ada yang menyebutkan jika ibunya sudah mati saat melahirkan Luffy, seperti Portgas D. Rogue, ada juga yang mengatakan bahwa ibunya masih hidup. Ada juga yang menyebutkan jika ibunya Luffy merupakan bagian dari kaum naga langit.

Jika memang dia masih hidup, dimana keberadaannya saat ini? apakah dia ada di desa Fusha atau ada di suatu tempat? Dengan tidak adanya informasi sedikit pun tentang ibu dari Luffy, mungkin ada sebuah rahasia besar yang bahkan Garp sendiri tidak mau memberi tahukannya. Lagipula, jika ibunya memang sudah meninggal Garp pastinya akan mengatakannya saat bertemu dahulu di Water Seven.

Bisa jadi, ibunya juga sama-sama buronan nomor satu Pemerintah Dunia seperti ayahnya. Jika memang benar, mungkin dengan melepaskan Luffy dianggap sebagai jalan terbaik karena bila Luffy terus berada di samping orang tuanya maka nyawa Luffy akan terancam. Oda Sendiri pernah mengatakan dalam salah satu SBS, yaitu volume 44 di chapter 440, bahwa ibunya Luffy sebenarnya ada dalam cerita One Piece selama ini.

Salah seorang fans bertanya apakah Oda Sensei selama ini pernah menggambar orang tua Luffy, atau memiliki rencana untuk menggambar orang tua Luffy. Oda kemudian menjawab bahwa selama ini kedua orang tua Luffy sudah muncul dalam cerita. Ada salah seorang wanita yang selalu ada disamping Dragon dalam setiap kesempatan.

Selain itu, dalam American Shonen Jump pada Desember 2009 Oda Sensei juga menjelaskan bahwa Ibu dari Luffy adalah wanita yang tangguh juga tegas. Dan dia juga bukan sosok wanita yang cantik. Dia berusia paruh baya dengan rambut yang bergelombang. Jika dilihat dari deskripsi yang diberikan oleh Oda Sensei, sebenarnya ada satu sosok yang sesuai dengan deskripsi tersebut yaitu Dadan sang penjahat gunung.

Selama ini, Dadan memang sering kali menunjukan kepeduliannya terhadap Luffy, meskipun sebenarnya hal itu sangat terpaksa karena tekanan dari Garp. Selain Luffy, Dadan juga begitu peduli terhadap hidup Ace. Meskipun begitu, rasanya kecil kemungkinan jika Dadan adalah ibu kandung Luffy karena dia adalah penjahat gunung, dan dia adalah rekan dari Garp.

Jika dia adalah menantu Garp, tentunya sikap Dadan kepada Garp ataupun sebaliknya akan berbeda. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah kalian setuju jika Dadan atau sosok yang ada di samping Dragon adalah ibu Luffy? atau kalian punya pendapat lain?