Master Roshi atau yang biasa disebut sebagai kakek kura-kura, merupakan karakter yang sangat kuat dalam cerita Dragon Ball Super. Bahkan, karakternya lebih kuat dibandingkan dengan series Dragon Ball Z. Tapi, sebenarnya seberapa kuat sosok Master Roshi? Seperti yang kita ketahui, Master Roshi merupakan guru yang melatih Goku dan Krillin saat mereka masih kecil.

Master Roshi tetap menjadi bagian dari series Dragon Ball sebagai unsur komedi dalam ceritanya. Hal ini dikarenakan Master Roshi sudah tidak bisa lagi menyamai level kekuatan para Z Warriors, sehingga dia memutuskan untuk berhenti bertarung. Lain halnya dengan cerita Dragon Ball Super, dimana Master Roshi dihadirkan dengan cara yang berbeda.

Dalam arc Golden Frieza Saga, Roshi merupakan salah satu karakter yang ikut bersama Gohan untuk bertarung melawan Frieza Force. Master Roshi juga kembali dengan peran yang lebih besar dalam Tournament of Power, dimana berkat keahlian dan pengalamannya dalam hal taktik membuatnya sempat masuk kandidat untuk tim Universe 7 bersama Goku.

Dalam turnamen tersebut Master Roshi membutkikan bahwa dia masih memiliki kekuatan yang sangat tangguh, terbukti dengan master Roshi yang berhasil mengalahkan para petarung dari Universe 4 dan mengalahkan pemimpin tim mereka, Ganos. Ada hal menarik sebelum Tournament of Power dimulai terkait dengan Master Roshi.

Goku yang saat itu akan merekrut Tien, kemudian bertemu dengan sosok Master Roshi yang pikirannya dikendalikan. Yang membuat banyak orang terkejut, Master Roshi bisa mengalahkan Tien dengan sangat mudah. Dan bagi Goku bertarung melawan Master Roshi merupakan sesuatu yang sangat menantang. Pada akhirnya Goku memang berhasil mengalahkan Master Roshi, tanpa perlu mengaktifkan Super Saiyan miliknya, tapi tetap saja Goku butuh usaha ekstra untuk bisa mengalahkannya.

Saat pertarungan berlangsung, Goku menduga bahwa Master Roshi sebenarnya melatih dirinya secara diam-diam. Hal ini menunjukan bahwa sebenarnya Master Roshi masih memiliki potensi untuk bisa menyamai level kekuatan para Z Warriors. Dalam series sebelumnya, Master Roshi berhasil dilampaui kekuatannya oleh Krillin, Tien, Yamcha, bahkan Chiaotzu.

Jika Master Roshi bisa mengalahkan Tien dengan mudah, artinya dia juga bisa mengalahkan Yamcha atau Krillin dengan mudah. Bagaimana Master Roshi menyelesaikan pertarungan Tournament of Power menunjukan bahwa Master Roshi merupakan sosok yang kuat, yang masih berpotensi untuk bisa mengalahkan para Z Warriors. Tapi, di manga ataupun di anime Dragon Ball Super diperlihatkan bahwa dia tidak mampu mengalahkan Frost, keculai oleh Super Saiyan Vegeta. Artinya, meskipun Master Roshi merupakan sosok yang kuat tapi level kekuatannya tetap tidak akan bisa setara dengan para Saiyan.

FOLLOW US