Superman sering kali dianggap sebagai salah satu superhero paling kuat di DC Comics. Dia berasal dari planet Krypton yang dikirim ke bumi karena planetnya hancur akibat peperangan. Menjadi salah satu superhero terkuat di universe DC, apakah Superman membutuhkan kebutuhan dasar seperti manusia misalnya makan atau minum?

Dengan kemampuan Superman yang membuatnya kuat dan lebih  tahan lama dibandingkan manusia pada umumnya membuat pertanyaan tentang kebutuhan dasar tersebut muncul, dan apakah rasa lapar bisa mempengaruhi kekuatan dari Superman. Pertanyaan tersebut sebagian terjawab dalam Action Comics #454, yang berjudul “Superman’s Energy Crisis.”

Dalam cerita tersebut, kita diperlihatkan sisi “manusia” dari Superman dimana dia menjadi rentan terhadap serangan. Ketika Superman berusaha melindungi masyarakat dari pohon tumbang akibat terkena sambaran petir, tidak disangka tugas tersebut menjadi begitu berat bagi Superman. Satu-satunya cara untuk mengembalikan energi dari Superman adalah dengan memakan hamburger cepat saji. Superman kemudian berjalan menuju restoran hamburger, dan memesan sekitar 60 hamburger.

Dengan jumlah sebanyak itu, Superman akan memiliki kalori dalam jumlah yang banyak dan kemdian mengembalikan tenaga yang hilang akibat menggunakan kekuatan supernya. Komik ini kemudian mengungkapkan sesuatu yang berhubungan dengan energi matahari, dan pada akhirnya kekuatan Superman kembali seperti semula. Tapi, meskipun ceritanya tidak secara pasti menjawab pertanyaan apakah Superman membutuhkan makan atau tidak, ceritanya memberi petunjuk bahwa tanpa adanya matahari dan sinarnya, dia akan terpengaruh oleh rasa lapar sama seperti manusia pada umumnya.

Ketika tenaganya kembali seperti semula, Superman sepertinya tidak membutuhkan makan dan minum. Kekuatan yang dimiliki oleh Superman, seolah memberikan kesan bahwa dia tidak membutuhkan makanan atau minuman selama dia mendapatkan suplai energi atau cahaya matahari. Dengan matahari yang sedang tidak dalam bahaya dalam waktu dekat, bisa dipastikan Superman tidak akan kekurangan tenaga ataupun kehilangan sumber tenaganya yang artinya dia tidak perlu makan untuk mengembalikan energinya.

Dalam komik Action Comics #1000 memperlihatkan bahwa Superman adalah sosok yang abadi berkat kekuatan Krypton yang ada dalam dirinya, artinya dia tidak perlu makan sedikitpun. Tapi, bukan berarti dia tidak butuh makanan maka dia tidak makan sama sekali. Superman pernah diperlihatkan sebagai seorang vegetarian, yang mana dia tidak memakan makanan pada umumnya.

Mungkin Clark Kent memakan makanan hanya ingin merasakan rasanya, dan bukan merasakan manfaatnya sebagai sumber tenaga. Hal itu akan membuatnya merasa lebih manusia dibandingkan alien. Lagipula, jika dia butuh makanan maka restoran cepat saji yang menyajikan hamburger sudah tersedia dimana-mana.