Dengan menggunakan imajinasi, gak ada yang gak mungkin dalam dunia buku komik. Banyak para fans yang mencoba untuk menciptakan superhero versi mereka sendiri, dengan referensi tentunya dari dua percetakan besar ternama, DC dan Marvel. Dengan berbagai kemungkinan yang ditawarkan pada saat ini, “menyatukan” kedua pahlawan itu bukanlah hal yang mustahil.

Hal ini sebenarnya pernah terjadi di tahun 1990an, dimana kedua penerbit itu memutuskan untuk membuat sebuah edisi khusus yang mempertemukan para pahlawan dari kedua penerbit, DC vs. Marvel. Yang luar biasa adalah seri ini bukan hanya menciptakan sebuah karakter baru, tapi juga sebuah universe baru bernama Amalgam.

Marvel vs. DC

Ceritanya sendiri dimulai ketika Marvel dan DC mengumumkan proyek komik mini seri crossover terbaru mereka, DC vs. Marvel Comics, dimana dalam komiknya mereka akan mempertemukan para karakter mereka di sebuah universe dan akan saling bertarung satu sama lain. Para fans diminta untuk memberikan suaranya, siapa saja karakter yang ingin memenangkan setiap pertarungan.

Plotnya sendiri bersetting di kosmik dimana Marvel dan DC ditampilkan sebagai sebuah makhluk kosmik yang mirip dewa, yang disebut the Brothers. Mereka memutuskan untuk saling menantang demi membuktikan siapa diantara mereka yang paling pantas. Tidak bertarung secara langsung, mereka memilih untuk mengirimkan para jagoan mereka. Yang kalah harus mau kehilangan universenya.

Ada 11 pertarungan berbeda yang terjadi di komik ini, dan kemenangan pertama diraih oleh DC. Aquaman berhasil mengalahkan Namor berkat bantuan paus raksasa yang meratakan tubuhnya. The Flash berhasil mengalahkan kecepatan Quicksilver dan Robin bahkan berhasil mengalahkan Jubilee. Superman juga berhasil mengalahkan Hulk, sedangkan Batman hampir saja dikalahkan oleh Captain America.

Marvel kemudian mengambil alih pimpinan juara ketika Elektra, Silver Surfer, Thor, Spider-man, Storm, dan Wolverine berhasil mengalahkan Catwoman, Green Lantern, Shazam, Superboy, Wonder Woman, dan Lobo. Ketika universenya mulai perlahan hancur, sesuatu yang tidak terduga pun muncul.

Lahirnya Universe Amalgam

Saat pertarungan sedang berlangsung, Living Tribunal dan Spectre menggabungkan kedua universe tersebut menjadi satu, menciptakan sebuah universe baru yang disebut Amalgam Universe. Banyak keanehan yang terjadi di universe tersebut, misalnya Steve Rogers yang memiliki kekuatan Kryptonian saat menjadi tentara super di perang dunia kedua.

Logan mengadaptasi persona Batman dan kemudian dikenal sebagai Dark claw. Bruce Wayne sendiri merupakan salah satu agen dari SHIELD. Kedua penerbit ini akhirnya menerbitkan komiknya sendiri untuk Amalgam, yang disebut Amalgam Comics dan menghasilkan dua belas edisi. Selain kedua karakter tersebut ada beberapa karakter lainnya yang menyatu.

Contohnya adalah Spider-Boy yang merupakan gabungan antara Spider-Man dan Superboy. Dia memiliki kemampuan menembakan jaring dan memanipulasi gravitasi. Kemudian Amazon, yang merupakan gabungan antara Wonder Woman dan Ororo Munroe alias Storm. Dia adalah mutan yang dibesarkan di pulau Amazon bersama adik angkatnya Diana.

Speed Demon merupakan pahlawan iblis yang paling cepat, dimana karakter ini merupakan kombinasi dari tiga karakter yaitu the Flash, Ghost Rider, dan Etrigan. Satu-satunya karakter yang tidak berubah adalah Access – karakter yang diciptakan oleh Marvel dan DC yang memiliki kekuatan untuk pindah antar universe.

Access merupakan karakter yang diburu oleh Dr. Strangefate – kombinasi dari Doctor Strange dan Doctor Fate. Strangefate berusaha untuk mencegah Access menghancurkan universe Amalgam, tapi Access berhasil mengembalikan Marvel dan DC Universe. Dia bahkan berhasil meyakinkan the Brothers untuk tetap membiarkan kedua universe tersebut.

Kembalinya Amalgam Universe

Amalgam Universe nyatanya masih belum berakhir. Amalgam Comics ternyata sangat populer diantara para fans, dan akhirnya DC serta Marvel memutuskan untuk membuat kembali dua belas edisi terbarunya. Dalam seri terbaru ini kita diperkenalkan dengan berbagai karakter baru dan aneh lainnya seperti Bat-Thing (gabungan Man-Bat dan Man-Thing) dan Lobo the Duck (gabungan Lobo dan Howard the Duck).

Tapi, berbagai karakter lama seperti Dark Claw juga dihadirkan kembali dalam seri terbarunya. Komik-komik ini juga memasukan berbagai referensi dan Easter Egg dari karakter komik yang menginspirasi karakter di Amalgam Universe.

Amalgam Multiverse

Access juga kembali dalam dua mini serinya – All Access dan Unlimited Access – yang juga memperlihatkan kembali universe Amalgam. Di seri pertamanya, Dr. Strangefate berhasil keluar dari alam bawah sadar Doctor Strange dan menciptakan karakter Amalgam versinya sendiri, yang hasilnya bisa ditebak sangat aneh.

Doctor Strange dan Access berhasil mengalahkan Strangefate, dan Strange pun membuat sebuah tiruan dari universe Amalgam yang dia sembunyikan di dalam diri Access. Di edisi keduam Access menemukan kalau dia mempunyai kekuatan untuk menyatukan karakter DC dan Marvel yang sesuai dengan keinginannya.

Hasilnya juga gak kalah aneh, dimana muncul sosok Captain America Jr., pahlawan yang bisa mendapatkan kekuatan presiden Amerika hanya dengan berteriak “Uncle Sam!” Thor dan Superman juga “disatukan” yang kemudian menciptakan “Thor-El,” dewa petir Krypton. Amalgam Universe adalah sesuatu yang menyenangkan buat Geeks yang senang dengan mashup karakter komik, meskipun hasilnya bagi sebagian fans dirasa sangat aneh.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.