Untuk bisa menandingi kekuatan buah iblis, satu-satunya cara bagi seseorang melakukan hal tersebut adalah dengan mengandalkan kekuatan Haki yang ada dalam dirinya. Seperti yang kita tahu, ada tiga jenis Haki dalam cerita One Piece. Pertama adalah Haoshoku Haki atau Haki penguasa, Busoshoku Haki atau Haki Senjata, dan yang terakhir adalah Kebunshoku Haki atau Haki pengamatan.

Selama ini kita mengetahui jika Luffy adalah satu-satunya orang yang memiliki kemampuan Haki. Lalu, apakah ada kru topi jerami lainnya yang memiliki kemampuan Haki? Hal inilah yang ditanyakan oleh salah seorang fans kepada Eiichiro Oda dalam sebuah pojok SBS. Dalam pertanyaan tersebut, Oda Sensei menjawab bahwa tiga monster utama dalam topi jerami (Luffy, Sanji, dan Zoro) dipastikan memiliki kemampuan untuk menggunakan Haki.

Luffy, seperti yang kita tahu sudah menguasai ketiganya. Bagaimana dengan dua lainnya? Zoro, menurut Oda Sensei, memiliki kemampuan Haki Busoshoku atau haki senjata. Sedangkan Sanji menguasai Haki Kebunshoku atau haki pengamatan. Hal ini sebenarnya wajar, mengingat kemampuan mereka masing-masing dalam cerita ini.

Namun, bukan berarti mereka tidak akan meningkatkan kemampuannya tersebut. Contohnya adalah Luffy yang akhirnya mampu melihat ke masa depan, setelah dia meningkatkan atau menguasai haki pengamatan ke level tertingginya saat bertarung melawan Katakuri. Dia juga berhasil meningkatkan haki senjatanya saat berlatih di Wano bersama dengan Hyougoro.

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, Zoro dan Sanji juga kemungkinan akan menguasai Haki setelah arc Wanokuni selesai. Untuk Zoro, dia akan menguasai Haki Busoshoku karena dengan menguasai haki tersebut Zoro mampu meningkatkan kemampuan serangan pedangnya. Jika tanpa kekuatan haki saja dia bisa membelah tebing dengan menggunakan Enma, dengan kekuatan haki daya hancurnya bisa jauh lebih kuat. Dan ini juga modal untuk bisa bertarung melawan Mihawk dan mengalahkannya.

Sedangkan Sanii akan menguasai Haki Kebunshoku, karena dia lebih mengandalkan kecepatan dalam setiap pertarungan. Dengan menggunakan kekuatan ini, dia bisa mengkalkulasi seberapa besar kekuatan yang datang dan dia pun bisa mengkombinasikannya dengan kekuatan yang dia miliki. Dengan gabungan tiga monster ini, kru topi jerami akan menjadi kru bajak laut yang ditakuti di masa depan apalagi mereka juga memiliki kru yang luar biasa seperti Usopp, Nami, Robin, Franky, Brook, dan Chopper.