Sejauh ini, trio monster Sanji, Luffy, dan Zoro adalah karakter yang paling banyak dibicarakan dan paling banyak diperhitungkan dalam cerita One Piece. Ketiganya sama-sama memiliki cerita dan juga kekuatan yang saling melengkapi satu sama lainnya. Meskipun level kekuatan Zoro dan Sanji sedikit dibawah Luffy, tapi tetap saja keduanya merupakan satu tim yangsangat mengerikan.

Dengan skala yang luar biasa dahsyat, yang dijanjikan oleh Eiichiro Oda akan dimunculkan di akhir babak ketiga Wano, ketiganya banyak diprediksi akan memiliki peran penting dalam peristiwa ini. Bahkan, ada beberapa fans yang menganggap jika salah satu dari mereka akan menjadi orang yang akan mengalahkan Kaido dan pasukannya, serta Big Mom.

Tapi, ternyata teori tentang babak terakhir Wano tersebut bukan hanya itu saja. Ada kemungkinan “trio” lainnya yang jauh lebih dahsyat dari mereka akan muncul, dan memberikan perbedaan dalam cerita ini. Mereka adalah Monkey D. Garp, Monkey D. Dragon, dan Monkey D. Luffy. Bagaimana ketiganya bisa berkumpul di Wano? Apa yang membuat mereka bertiga menjadi sosok penting?

Seperti yang kita ketahui, Oda Sensei selalu memasukan berbagai budaya, mitos, atau mitologi dari negara Jepang. Seperti dalam arc Wano, yang ternyata merupakan “adaptasi” dari cerita rakyat populer Jepang, Momotaro (nama tersebut juga menginspirasi Momonosuke). Ceritanya sendiri adalah seorang anak laki-laki yang pergi meninggalkan keluarganya untuk melawan kejahatan demi membela tanah kelahirannya.

Tujuan Momotaro adalah sebuah pulau yang menjadi tempat bersembunyinya iblis atau sosok jahat tersebut, yang tempatnya bernama Onigashima. Singkatnya, dalam perjalanan menuju Onigashima Momotaro bertemu dengan tiga ekor binatang: seekor monyet, anjing, dan burung. Sebagian besar mungkin menyangka jika karakter yang mewakili binatang tersebut adalah Marco, Inuarashi,  dan Luffy.

Untuk yang ketiga, yaitu Luffy, mungkin ada benarnya tapi tidak untuk dua karakter sisanya. Alasan pertama adalah Inuarashi dikenal sebagai pasangan dari Nekomamushi, dan dia adalah pemimpin dari suku Mink. Meskipun dia kelompok tersebut, tidak ada yang spesial dari sosok Inuarashi. Bagaimana dengan Marco? Pertama, Marco sudah pernah menjelaskan kepada Nekomamushi bahwa dia tidak akan pergi dari desa di New World, karena janjinya kepada Whitebeard untuk menjaga wilayah tersbeut.

Kedua, tentunya Oda Sensei tidak akan kembali menggunakan karakter yang sudah mendapatkan waktu tampil yang cukup banyak. Marco menjadi salah satu karakter yang banyak diperhatikan saat perang besar Marineford pecah. Lalu, siapa sosok yang mewakili tiga binatang tersebut? bisa jadi Oda Sensei bukan menghadirkan 3 karakter yang mewakili binatang tersebut, melainkan 3 elemen yang ada dalam cerita One Piece, sesuatu yang pernah dibicarakan oleh Doflamingo ketika dia dikurung.

Jadi, kemungkinannya adalah binatang monyet akan mewakili bajak laut. Siapa sosoknya? Tentunya kita sudah tahu, yaitu sang karakter utama Monkey D. Luffy. Lalu, bagaimaana dengan binatang anjing? Binatang tersebut akan mewakili angkatan laut, yang diwakili siapa lagi kalau bukan Monkey D. Garp. Yang terakhir akan diwakili pihak yang mungkin tidak diduga, yaitu pasukan revolusi yang diwakili oleh Monkey D. Dragon.

Oda sensei sendiri sebenarnya sudah membangun dasar cerita, agar ketiga karakter tersebut terhubung dengan cerita Wano. Pertama, Luffy tentunya sudah sedari awal memiliki hubungan dengan Wano. Kedua, Dragon sempat mengatakan setlah Dressrosa bahwa negara atau wilayah yang memproduksi senjata Doflamingo akan menjadi target pasukan revolusi. Negara tersebut adalah Wano.

Ketiga, sebelum arc Wano dimulai, Hina pernah mengatakan kepada Garp bahwa Big Mom dan Kaido ada di Wano. Oleh karena itulah dia kemudian menghubungi Garp. Garp kemudian menjelaskan jika mereka berencana untuk kembali (berulah), maka kerusakan besar dan kekacauan pasti akan muncul. Secara tidak langsung Garp terhubung dalam cerita ini, karena seperti yang dijelaskan bahwa Kaido dan Big Mom adalah anak buah dari Rocks D. Xebec, bajak laut yang pernah dikalahkan oleh Garp dan Roger.

Ketiganya juga memiliki musuh yang sama, Kaido (dan Big Mom). Dalam pesan di acara Jump Fiesta 2019 kemarin, Oda sempat mengatakan bahwa arc Wano akan menjadi sebuah cerita yang sangat luar biasa. Skalanya akan jauh lebih massif dibandingkan perang yang terjadi di Marineford. Wajar jika kemudian ketiga elemen dan karakter tersebut bergabung dalam peperangan ini, apalagi dengan apa yang dijanjikan oleh Oda sensei pastinya banyak mata yang akan berfokus pada event ini.

Di sisi lain, jika mereka bertiga berkumpul untuk menghadapi musuh yang sama, setelah perangnya selesai mungkin mereka akan berbagi cerita keluarga. Contohnya, Dragon akan menjelaskan siapa ibunya, memperkenalkan dirinya sebagai ayah Luffy, dan berbagai hal keluarga lainnya. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah ketiganya akan melakukan “reuni keluarga” di akhir cerita Wano.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.