Nama Monkey D. Dragon memang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Dia slelau berhasil menjadi pusat perhatian bagi para fans One Piece. Masih banyak misteri tentang sosok Monkey D. Dragon yang belum terungkap, seperti bagaimana kekuatannya, bagaimana masa lalunya, apa yang dia lakukan sebelumnya sampai menjadi buronan nomor satu pemerintah dunia, dan sebagainya.

Yang juga masih menjadi misteri besar adalah apa tujuan Dragon muncul di peristiwa eksekusi Gol D. Roger. Di chapter 0, ketika eksekusi Roger dilakukan, kita bisa melihat berbagai bajak laut ternama berkumpul di wilayah Loguetown seperti Shanks, Buggy, Doflamingo, Mihawk, Moriah, dan Crocodile. Kita juga bisa melihat bagaimana Monkey D. Dragon sebelum dia mendapatkan tato di wajahnya.

Mengapa dia tertarik dengan eksekusi dari sang raja bajak laut? Diantara wajah-wajah yang terlihat hadir, hanya Dragon yang terlihat sedih, serius, dan sekaligus juga khawatir melihat apa yang terjadi. Berbeda dengan Buggy atau Shanks yang terlihat sedih melihat kaptennya dieksekusi. Hal tersebut kemudian memunculkan pertanyaan besar, yaitu apakah Dragon sudah pernah bertemu dengan Roger sebelum eksekusi atau jauh sebelumnya?

Roger mungkin menganggapnya sebagai anak dari Garp, dan juga sesama pemilik nama D. Karena, seperti yang kita tahu jika Garp dan Roger sudah seperti seorang teman dekat meskipun mereka sebenarnya musuh. Karena itulah keduanya saling percaya satu sama lain, dan artinya bukan tidak mungkin jika Roger dan Dragon memang pernah bertemu sebelumnya.

Jika memang mereka pernah bertemu sebelumnya, kemungkinan pembahasan mereka ada kaitannya dengan sejarah dunia dan Poneglyph. Eksekusi Roger oleh angkatan laut, bisa jadi merupakan awal mula Dragon membentuk Pasukan Revolusi. Dragon memang selalu membela kaum yang lemah, dan tertindas apalagi oleh Pemerintah Dunia.

Contohnya adalah ketika dia menolong Sabo, yang hampir tewas karena menolong orang-orang di Grey Terminal yang dibakar oleh para kaum-kaum kaya. Menurut Sabo, seluruh sistem yang ada di dalam peradaban kaum kaya sangatlah rusak. Dalam adegan flashback Reverie dari Vivi, kita melihat bahwa Dragon baru saja ditentukan sebagai manusia yang paling dicari oleh Pemerintah Dunia. Artinya, ketika eksekusi Roger terjadi Dragon masih seorang pria biasa.

Di chapter 100, setelah Luffy tidak jadi dieksekusi oleh Buggy, kita melihat Dragon melakukan monolog dengan kata-kata yang cukup menohok. Kata-kata yang diucapkan oleh Dragon, juga sebenarnya diucapkan oleh Roger. Jadi, kemungkinan besar sebelum eksekusi publik Roger dilakukan mereka berdua sempat bertemu.

Dragon mungkin tidak banyak tahu tentang keseluruhan cerita abad yang hilang seperti Roger, Rayleigh, atau yang lainnya yang berhasil menuju Laugh Tale. Tapi, Dragon pasti sudah paham dan tahu tentang makna sesungguhnya dari Tekad D. yang pada akhirnya membuat Dragon memulai misi untuk menggulingkan Pemerintah Dunia dan juga ketidak adilan mereka, menuju sebuah keadilan yang sebenarnya dan penuh dengan kebebasan.

Ini juga mungkin menjelaskan mengapa dia memiliki tato Shandia di wajahnya, yang bisa jadi merupakan tanda tentang garis keturunannya sebagai bagian klan D dan Kerajaan Kuno – karena seperti yang kita tahu bahwa kerajaan Shandia merupakan sekutu dekat dari Joy Boy dan Kerajaan Kuno.