GREENSCENE.CO.ID – Manga One Piece masih menghadirkan cerita flashback dari kisah Kozuki Oden dan petualangannya menjadi seorang bajak laut. Di chapter sebelumnya kita diperlihatkan bahwa Kozuki Oden akhirnya bergabung dengan bajak laut Roger, meskipun sebenarnya dijelaskan bila Roger “meminjam” Oden selama setahun untuk melengkapi petualangannya menuju pulau terakhir. Oden pun setuju dan sepakat untuk membawa Roger menuju tahta tertinggi sebagai raja bajak laut.

Tapi, sayangnya bagi para fans One Piece harus menunggu sedikit lebih lama untuk menantikan chapter selanjutnya yaitu chapter 967. Pasalnya, diketahui bila chapter tersebut ditunda. Jika para produser series dan manganya mengikuti jadwal reguler yang sudah disiapkan, sebenarnya masih ada cukup waktu untuk merilis chapter 967 dari manga One Piece di akhir tahun 2019 ini.

Tapi, seperti sudah menjadi sebuah tradisi yang tidak tertulis dalam industri manga, sebuah series akan beristirahat selama setidaknya satu minggu setelah mereka merilis sebuah chapter yang menghadirkan cerita yang epik. Dalam hal ini, One Piece kemarin sudah menghadirkan chapter epik yaitu chapter 966. Selain tradisi tersebut, libur natal dan juga tahun baru bisa menjadi alasan ditundanya chapter 967.

Sehingga, One Piece chapter 967 kemungkinan akan dirilis pada awal tahun atau pada 6 Januari 2020 mendatang. Di chapter 966 kemarin memperlihatkan bagaimana bajak laut Rogers menerima dengan tangan terbuka Oden dan keluarganya sebagai bagian dari anggota mereka. Kejadian tersebut menjadi awal pula berbagai momen-momen penting di universe One Piece, dimana pada akhirnya Roger berhasil pergi ke pulau terakhir, Laugh Tale, dengan bantuan Oden.

Roger sendiri meminta bantuan Oden karena dia menemukan Road Poneglyph yang tidak bisa dia pahami. Seperti yang diketahui, Poneglyph merupakan prasasti atau benda bersejarah yang dibuat oleh klan Kozuki. Artinya hanya Oden yang paham cara membaca dan juga cara menulis (mengukir) tulisan di Poneglyph tersebut untuk menuntun Roger ke pulau terakhir.

Chapter 967 juga menghadirkan sebuah petunjuk penting tentang kehidupan Roger, dimana Dr. Crocus memberi tahu bahwa usia Roger hanya tersisa satu tahun lagi. Masih belum diketahui apakah chapter 967 akan menghadirkan cerita dimana Roger berhasil pergi menuju Laugh Tale dan kemudian menyerahkan diri ke angkatan laut. Tapi, sepertinya chapter 967 lebih akan membahas tentang petualangan menuju Laugh Tale dan keadaan di Wano pada saat itu yang ada di bawah kekuasaan Kurozumi Orochi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.