Penulis naskah Zak Penn baru-baru ini mengungkapkan bahwa Warner Bros sedang aktif mengembangkan dua proyek film The Matrix. Seperti yang kita tahu, pada bulan Agustus lalu, Warner Bros secara resmi menggaet Lana Wachowski sebagai penulis dan sutradara The Matrix 4. Selain itu, terungkap juga bahwa bintang asli seperti Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss akan kembali untuk mengulangi peran mereka sebagai Neo dan Trinity. Namun ternyata, film itu bukan satu-satunya film The Matrix yang akan digarap oleh Warner Bros.

Hampir dua tahun yang lalu, Zak Penn mengungkapkan dia sedang mengerjakan sebuah proyek rahasia di universe Matrix. Namun saat itu ia tidak merinci, proyek apa yang tengah ia lakukan. Namun akhirnya ia buka suara, setelah banyak penggemar mengira bahwa proyek rahasianya “menguap”, ternyata Zak Penn mengungkap hal yang tidak kita kira sebelumnya. Yaitu film Matrix yang berbeda dengan film Matrix versi Lana Wachowski, yang artinya, kini ada 2 film Matrix yang akan berjalan.

“Orang-orang terus bertanya, jadi izinkan saya mengklarifikasi bahwa ada dua proyek Matrix yang berbeda di WB. Saya menulis satu untuk bersetting di awal timeline alam semesta Matrix. Lana Wachowski mengarahkan sekuel yang tidak saya kerjakan tetapi tidak sabar untuk melihatnya. Tak satu pun dari mereka adalah reboot.”

Untuk sementara ini, tidak banyak yang diketahui tentang proyek Matrix milik Penn. Namun Penn mengungkapkan bahwa ia ingin memperluas alam semesta The Matrix, yang tampaknya memang cukup potensial untuk digarap. Disamping itu, kita masih harus menunggu kelanjutan proyek film Matrix 4, yang kabarnya akan memulai produksi tahun 2020 mendatang.

Tiga film sebelumnya — The Matrix (1999), The Matrix Reloaded (2003) dan The Matrix Revolutions (2003) —telah memperoleh lebih dari $1,6 miliar di box office global dan semuanya menjadi film top 10 domestik di tahun perilisannya. The Matrix Revolutions juga mencatat sejarah dengan menjadi film pertama yang dirilis secara bersamaan di setiap negara besar pada jam yang sama di seluruh dunia.