Jika berbicara tentang Gundam, franchise tersebut sudah terbukti menjadi salah satu franchise yang paling sukses di dunia bahkan sudah menjadi salah satu pengaruh besar dalam budaya pop. Dimulai dari dekade akhir 70an, pada awalnya Gundam sempat merasa pesimis dengan bagian merchandise karena sepinya minat pembeli figur mereka. Namun, sekarang baik dari segi figur maupun animenya sama-sama sudah meraih kesuksesan besar.

Gunpla, yang merupakan kependekan dari Gundam Plastic Model, sampai saat ini sudah terjual lebih dari 500 juta figur untuk berbagai model Mobile Suit ke seluruh dunia. Mulai dari Gundam Wing sampai MS 08th Team, sudah hampir 2000 tipe dan model figur diciptakan untuk franchise ini. Untuk angka penjualan merchandise, khususnya plastic model, pencapaian angka lebih dari 500 juta figur terjual merupakan rekor penjualan yang luar biasa.

Bandai Spirits sendiri memberikan gambaran sebarapa banyak 500 juta figur Gundam Tersebut. Menurut mereka, jika figur tersebut dibentuk barisan maka jumlahnya sama dengan mengelilingi bumi sebanyak empat kali. Jika jumlah tersebut ditumpuk ke atas, tingginya bisa mencapai 160.000 Kilometer.

Gunplas atau Gunpla sendiri pertama kali melakukan pengiriman pada Juli 1980 dan angka penjualannya terus berkembang setiap tahunnya. Pada 2010, angka penjualan Gundam Plastic Model mencapai 400 juta figur dan 10 tahun kemudian tambahan hampir 100 juta figur sudah terjual. Saking populernya, pemerintah Jepang sampai membuat Mobile Suit RX-08 versi ukuran aslinya yang ada di kota Odaiba, Jepang, dan menjadi salah satu tujuan wisata.