Pasca menyaksikan adegan jentik maut Thanos (Josh Brolin) di Avengers: Infinity War (2018), tak pelak kita langsung merasa penasaran dengan karakter Avengers yang “binasa” oleh jentikan si ungu botak tersebut. Apakah mereka benar-benar binasa? Atau ditransfer ke realm lain? karakter Avengers 4

Tapi yang lebih bikin bertanya lagi, adalah sosok-sosok Avengers yang selamat dari jentikan tersebut. Bagaimana  kira-kira keadaan / status mereka ketika Avengers 4 dimulai nanti? Nah sembari menunggu jawaban pastinya pada tanggal 3 Mei 2019 mendatang, mari kita prediksikan dulu saja jawabannya tersebut.


Iron Man


Di penghujung Infinity War, kita menyaksikan bahwa Tony Stark (Robert Downey Jr.) selamat dari jentikan Thanos namun sayangnya, tak demikian dengan superhero yang ia anggap sebagai “anaknya” Peter Parker aka Spider-Man (Tom Holland).

Nah berdasarkan fakta tersebut, di sekuelnya mendatang kemungkinan ia diperlihatkan stres atau bahkan sedikit depresi. Tidak hanya karena ia kehilangan Parker, namun juga karena kehilangan seluruh rekan Avengers yang lain.

Tapi di tengah-tengah keputus asaannya tersebut, ia juga bertekad untuk mencari cara bagaimana mengembalikan semuanya. Karena seperti yang pernah kita saksikan di Iron Man 3 (2013), walau telah dihajar habis-habisan oleh Mandarin (Ben Kingsley) atau yeah Aldrich Killian (Guy Pearce), Stark adalah sosok yang selalu penasaran dan pantang menyerah untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.


Captain America


Sama seperti halnya rekan sekaligus rival, Iron Man, di sekuel ini nanti kemungkinan Steve (Chris Evans) juga akan diperlihatkan stres berat mengingat sahabatnya, Bucky Barnes aka The Winter Solider (Sebastian Stan) terkena jentikan Thanos.

Dan juga sama seperti Stark, ia akan mencari cara untuk memperbaiki semuanya. Bahkan tak menutup kemungkinan Stark balik ke bumi dan berbaikan dengan Cap lalu, bersama-sama mencari pemecahan dari permasalahan Thanos ini.


Thor


 

Di babak klimaks Infinity War, Thor (Chris Hemsworth) bersama Groot (Vin Diesel) dan Rocket Racoon (Bradley Cooper) tiba tepat waktu untuk membantu Captain America cs yang sedang bertarung di Wakanda. Si dewa petir bahkan sudah sempat menghajar Thanos dengan Stormbreaker miliknya.

Sayang ia hanya menghajar dada Thanos. Mungkin kalau ia menghajar Thanos di kepala, akhir kisah akan jauh lebih menyenangkan. Anyway atas kegagalannya ini, Thor di sekuelnya nanti dipastikan akan kembali menjelajah dari planet ke planet untuk mencari Thanos dan tak menutup kemungkinan berhasil mengalahkannya. Ingat! Thor kini memiliki Stormbreaker yang jauh lebih kuat dari palu lamanya, Mjolnir. Sehingga  tak menutup kemungkinan hal tersebut akan terjadi.


Hulk


Di Infinity War spesifiknya di adegan pertempuran Wakanda, Bruce Banner (Mark Ruffalo) ikut bertarung bersama Cap di Wakanda ddengan menggunakan Hulkbuster Armor dikarenakan, Hulk tidak keluar-keluar ketika Bruce memanggilnya. Menurut banyak fan theory, ini dikarenakan Hulk  sudah malas untuk menyelamatkan Bruce.

Nah dikarenakan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa di Avengers 4 mendatang, Banner masih akan terus berjuang untuk memanggil Hulk. Dan mengingat Avengers 4 akan menjadi film “terakhir”, rasanya bisa dipastikan Banner dapat memanggil Hulk kembali.


Black Widow


Terakhir kita menyaksikan Natasha Romanoff (Scarlett Johansson), ia selamat dan berada di Wakanda bersama Cap dan “sisa” Avengers yang selamat dari jentikan maut. Dan menurut kabar yang beredar beberapa bulan belakangan, di tengah-tengah peristiwa kelam ini, nantinya Natasha aka bertemu dengan gangster Jepang.

Kalau memang filmnya mengambil elemen komik, maka gangster yang dimaksud ini dapat dipastikan adalah Yakuza yang di versi komik, menjadi gangster di Earth-616. Kalau memang demikian, bisa jadi Natasha melakukan deal dengan pemimpin Yakuza (siapapun dia) untuk membantunya melawan Thanos (ya bagaimanpun caranya).

Atau, bisa jadi ia meminta tolong Yakuza untuk mencari tahu keberadaan rekannya, Clint Barton aka Hawkeye (Jeremy Renner) yang seperti kita ketahui sejak Captain America: Civil War (2016) dirinya memutuskan “pensiun” sebagai superhero. Dan nantinya kalau sudah bertemu, Natasha akan mencoba meyakinkan Clint untuk kembali sekali lagi demi mengalahkan Thanos.


War Machine


Kalau boleh jujur-jujuran, keberadaan James Rhodes (Don Cheadle) di Infinity War kemarin terlihat tidak terlalu “berguna”. Memang ia membantu di Wakanda. Tapi dibanding rekannya Sam Wilson aka Falcon (Anthony Mackie), perannya tidaklah terlalu maksimal.

Walau demikian, bisa saja di sekuelnya nanti semuanya berubah drastis. Spesifiknya, ia akan meminta tolong Thor untuk menghantarkannya ke Titan untuk bereuni kembali dengan Stark. Setelah itu ia, Stark dan Nebula (Karen Gillan) saling bantu-membantu memecahkan kondisi yang sedang mereka hadapi ini.


Rocket Racoon


Rasanya kita tidak perlu berpanjang lebar. Karena sudah hampir bisa diterka bagaimana posisi / keadaan si rakun emosian ini di sekuelnya nanti. Spesifiknya, dipastikan ia masih bersedih atas kepergian sahabatnya Groot, Gamora (Zoe Saldana) dan Peter Quill (Chris Pratt).

Nah, untuk menghapus kesedihannya, bisa jadi Rocket akan kembali melintasi planet demi planet, atau ia tetap di Wakanda dan bersama Avengers lain, bekerjasama untuk mengembalikan sahabat-sahabat mereka tersebut.


Nebula


Melihat apa yang terjadi dengan dirinya di Infinity War, satu-satunya putri Thanos yang selamat ini, dipastikan bakalan masih dendam kesumat dan ingin membunuh Thanos dengan atau tanpa Avengers.

Dan sekali lagi kalau memang sekuelnya mengikuti komik, bisa jadi Nebula akan menjadi sosok yang bertanggung jawab atas kalahnya sang ayah. Di komiknya, Nebula berhasil mencuri Infinity Gaunlet dan sukses membalikkan seluruh populasi yang hilang akibat jentikan maut sang ayah. Apakah momen itu akan terjadi? Ya kita tunggu dan lihat saja lagi Geeks!


Okoye


Seperti yang diperlihatkan di Infinity War, prajurit loyal T’Challa aka Black Panther (Chadwick Boseman) ini ironisnya, menyaksikan binasanya sang raja oleh Thanos. Namun diperlihatkan juga bahwa ia tetap bertekad untuk terus berjuang hingga titik darah penghabisan.

Dengan fakta tersebut, maka bisa dipastikan di sekuelnya Okoye (Danai Gurira) bersama pasukan Dora Milaje-nya, akan bekerjasama dengan Cap cs di Wakanda untuk mengembalikan keadaan seperti semula.


M’Baku


Hampir serupa dengan Okoye, di Avengers 4, kemungkinan besar M’Baku (Winston Duke) akan membantu Okoye dan pasukan Dora Milaje-nya untuk mencari jalan menyelamatkan rival sekaligus sahabatnya T’Challa.


Thanos


Ya, ya. Memang Thanos bukan anggota Avengers. Tapi mengingat ia adalah biang kerok semuanya dan juga selamat (duh!) maka tidak sah rasanya kalau kita tidak membahas dirinya juga.

Anyway, seperti kita saksikan di ending Infinity Wars, pasca membinasakan seluruh populasi, kenyataannya Infinity Gauntlet yang digunakan Thanos juga hancur. Menurut kabar di sekuelnya nanti, Thanos akan merasa bersalah banget dengan apa yang dilakukannya dan berharap mampu mengembalikan semuanya.

Kalau memang demikian nantinya. Bisa dipastikan ia tidak akan langsung berubah baik secepat itu. Layaknya seperti film-film kebanyakan, Thanos akan bertarung dulu habis-habisan lalu setelah benar-benar terdesak atau mungkin dikhianati oleh Nebula, baru ia berbalik membantu Avengers mengembalikan semuanya seperti semula.


Hawkeye


Tidak seperti Scott Lang aka Ant-Man (Paul Rudd) yang absennya di Infinity War dijelaskan di adegan mid-credit Ant-Man and the Wasp (2018), absennya Hawkeye tidaklah dijelaskan sama sekali.

Namun seperti yang telah dijelaskan di point Black Widow, alasan Hawkeye tidak ikut bertarung melawan Thanos, adalah ia memutuskan pensiun setelah event di Captain America: Civil War. Hal ini dikarenakan selain ia menjadi tahanan rumah (house arrest) seperti Lang, Barton pada dasarnya juga ingin banyak meluangkan waktu bersama istri dan anaknya.

Namun dengan situasi yang sedang super darurat, kemungkinan besar Widow akan mendatangi dan membujuknya kembali atau, ia akan kembali lagi sendiri seperti yang ia lakukan dulu. Dan ketika kembali, ia akan menjadi sosok Ronin seperti yang telah dirumorkan beberapa bulan terakhir ini.

Kalau memang demikian, maka bergembiralah karena setelah 10 tahun lebih menjadi karakter “biasa”, akhirnya Hawkeye akan mendapatkan momen besarnya juga untuk pertama kalinya di Avengers 4 mendatang.


Ant-Man


Kami rasa Geeks sudah bisa menerka bagaimana kira-kira status si manusia semut di Avengers 4 mendatang. Pasalnya baru 2 bulan lalu kita menyaksikan Ant-Man and the Wasp. Bisa dipastikan Lang akan selamat dari Quantum Realm dan langsung mencari tahu keberadaan Hank Pym (Michael Douglas) cs yang di adegan mid-credit terkena jentikan maut Thanos.

Pertanyaannya, bagaimana nantinya ia akan meloloskan diri dari Quantum Realm? Dan yang lebih berapa lama waktu yang dibutuhkan? Apakah mungkin ia akan diselamatkan oleh Doctor Strange yang mungkin saja, jiwanya jalan menuju Quantum Realm? Ya kita tunggu dan lihat saja lagi Geeks.


Captain Marvel


 

Seperti yang kita lihat di adegan akhir kredit Avengers: Infinity Wars, tepat sebelum Nick Fury (Samuel L. Jackson) “binasa”, ia memanggil Carol Danvers aka Captain Marvel (Brie Larson).

Dengan demikian, bisa dipastikan di Avengers 4, Danvers akan langsung datang dan mencari tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi. Bisa jadi juga, ia yang menyelamatkan Ant-Man dari Quantum Realm. Bagaimanapun nanti status Danvers, yang jelas ia akan menjadi sosok super penting untuk mengalahkan Thanos.

Nah Geeks. Itulah tadi kurang lebihnya prediksi status / keberadaan seluruh penyintas (survivor) yang selamat dari jentikan maut Thanos.

Bagaimana? Apakah kalian sependapat dengan prediksi ini? atau kalian memiliki prediksi yang gak kalah gokilnya? Kalau demikian silahkan sharing opininya ya Geeks!