Geeks, dalam kurun waktu beberapa bulan lagi, kalian akan segera melihat para superhero Marvel bergabung dan sekaligus mengerahkan semua kekuatan, kecerdasan dan strategi mereka untuk melawan ‘Mad Titan’ Thanos bersama anak buahnya dalam Avengers: Infinity War pada bulan Mei mendatang. Pastinya kalian sudah tidak sabar menunggu perilisannya, kan? Selain itu, masih ada beberapa lagi film-film MCU yang akan hadir sebelum dan sesudah Infinity War untuk menutup deretan film di Phase 3 ini salah satunya adalah Ant-Man & The Wasp yang beberapa hari resmi merilis trailer pertamanya dan tentunya menampilkan villain yang akan merepotkan para superhero MCU.

Namun, sebelumnya kalian harus mengetahui beberapa villain dalam komik Marvel yang berpotensi menjadi supervillain atau bahkan mendapat julukan villain ‘big bad’ dalam live-action movie Marvel Cinematic Universe yang dapat menjadi ancaman baru bagi tim Avengers selanjutnya. Siapa saja mereka? Berikut deretan karakter yang mungkin kekuatannya melebihi Thanos. Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini Geeks.


Doctor Doom – Victor von Doom


Villain yang satu ini merupakan musuh bebuyutan dari Fantastic Four, sekaligus pemimpin bangsa Latveria bernama Doctor Doom (Victor von Doom). Victor von Doom adalah anak dari Werner von Doom dan Cynthia von Doom, ayahnya seorang dokter sedangkan ibunya seorang penyihir Gypsy. Setelah kedua orang tuanya meninggal dunia, Victor dititipkan untuk tinggal bersama kelompok penyihir Gypsy. Sejak saat itu, ia menemukan artefak mistik milik ibunya dan mulai mempelajari ilmu sihir. Victor dikenal dengan kecerdasannya, pemahaman teknologi dan kekuatan mistis yang tak tertandingi.

Doom mampu bertarung dengan para superhero Marvel dengan baju besi yang dikenakannya sebagai sumber kekuatan. Baju berbahan besi ini terbuat dari Titanium dipadukan dengan kekuatan sihir dari para biksu Tibet yang pernah ditemuinya. Ia juga memiliki energi dari kedua tangannya, memungkinkan dirinya untuk terbang dengan roket yang terpasang dipunggungnya dan pelindung yang selalu berada di sekitar tubuhnya (mirip seperti Iron Man ya Geeks). Selain itu, ia juga mempunyai armor yang memungkinkan Doom untuk bertahan hidup di segala kondisi ektrim, bahkan ia pernah membuang Reed Richards ke neraka. Melihat backstory Doom, ia sangat bisa untuk menjadi villain dengan julukan ‘big bad’ di MCU, apalagi dengan kemampuan yang ia miliki pastinya bisa untuk menyaingi kejeniusan dari salah satu superhero dari tim Avengers, yaitu Tony Strak a.k.a Iron Man. Meskipun secara historis Doom berasal dari negara fiksi Latveria dalam komik, MCU dapat dengan mudah menyesuaikannya, seperti menukar Latveria dengan Sokovia, dengan cara yang sama seperti latar belakang Helmut Zemo yang telah diubah.


Galactus


Berikutnya adalah Galactus, karakter tertua di Universe. Digambarkan dengan sosok pria dengan tubuh yang sangat besar dengan kostum berwarna ungu sama seperti Thanos, bahkan bumi pun hanya sebesar bola basket bila dibandingkan dirinya. Tubuh Galactus akan semakin kuat dan besar jika dirinya memakan planet, sedangkan ceritanya dalam komik, ia dikalahkan oleh Fantastic Four setelah Reed Richard berhasil membujuk Silver Surfer untuk melawan Galactus. Selain dibantu Silver Surfer meskipun sempat kalah, Fantastic Four dibantu lagi oleh Tim Avengers dan NOVA untuk menyerangnya. Selain bertarung melawan para superhero, Galactus pun pernah bertempir dengan Thanos guna memperebutkan Infinity Stone. Sepertinya sulit sekali untuk mengalahkan villain yang satu ini ya Geeks?

Sebagai villain terbesar untuk Fantastic Four, sebuah iterasi baru Galactus muncul di Rise of the Silver Sufer dalam bentuk awan dan mengubah karakter ikonik dengan begitu drastis, tampaknya tidak menyenangkan bagi para penggemar karakter Galactus, sehingga banyak yang tidak suka dengan apa yang mereka lihat. Dengan membawa The Devourer ke dunia MCU, Marvel memiliki kesempatan untuk mengobati kekecewaan para penggemarnya. Pertarungan Galactus akan menimbulkan dilema moral bagi The Avengers dari apa yang pernah mereka hadapi sebelumnya, karena dia bukan hanya penguasa ‘megalomaniak’ namun juga mendominasi dunia. Dia hanya melakukan apa yang harus dilakukannya untuk bertahan hidup, tidak hanya Galactus yang akan menjadi ancaman besar daripada Thanos, kalian juga dapat melihat hubungannya dengan Herald of Galactus, Silver Surfer dan kemungkinan makhluk kosmis lainnya seperti Lord Chaos and Master Order.


Thane


Di Earth-616, Thane adalah anak laki-laki Inhuman rahasia dari Thanos. Di kota Inhuman yang tersembunyi, Thane dikenal sebagai The Healer yang dimana sifat sebenarnya terungkap saat Black Bolt mengaktifkan Bom Terrigen selama pertarungannya dengan Thanos, yang menyebabkan mutasi tersebar luas di seluruh Bumi. Thane memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil dibandingkan ayahnya, namun dengan wujud yang serupa, dia tidak kalah jahat ataupun kasar dan menimbulkan ancaman baru untuk The Avengers.

Marvel Cinematic Universe bisa mengangkat karakter villain yang satu ini ke dalam live-action dengan dua cara, Pertama, Thane bisa sangat marah jika ayahnya kalah dan bersumpah untuk membalas dendam dan menyelesaikan amarahnya atau Thane bisa sangat membenci ayahnya sehingga tujuannya adalah untuk memperbaiki setiap tindakannya. Jika dalam Avengers: Infinity War, Thanos akan mencari tahu di mana keberadaan Infinity Gems, mengumpulkannya dan menciptakan kekuatan untuk menimbulkan kekacauan di Universe juga mengalahkan The Avengers, maka misi Thane adalah mengalahkan para Avengerse sepenuhnya.

Baru-baru ini dalam komik arc Thanos, Thane diketahui berusaha untuk membunuh ayahnya sendiri. Di dalam alur ceirta MCU Thane bisa membenci ayahnya karena untuk mendapatkan perhatian ayahnya, karena Thanos hanya memberikan perhatian pada saudara angkatnya, bukan dirinya. dalam waktu dekat ini karakter Gamora, Nebula, dan The Black Order akan diperkenalkan dalam film MCU dan tentunya Thane bisa menjadi villain ‘big bad’ selanjutnya di MCU.


The Magus a.k.a Adam Warlock


Dalam adegan dari post-credit dalam film Guardians of the Galaxy vol. 2, karakter ini diperkenalkan dan tidak memperlihatkan sosoknya secara utuh, akan tetapu melalui sebuah benda berbentuk kepompong, siapa lagi jika bukan Adam Warlock. Sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa Adam Warlock akan akan hadir dalam Marvel Cinematic Universe dan kemungkinan besar di Guardians of the Galaxy 3 untuk bisa melihat karakter alter-ego jahatnya, Magus. Seperti yang kalian ketahui, Warlock merupakan pahlawan yang sangat vital dalam perang melawan Thanos dalam cerita komiknya.

Magus awalnya adalah versi masa depan dari Adam Warlock yang diciptakan oleh In-Betweener, yang percaya bahwa dia adalah Tuhan. Ia juga berperan sebagai pemimpin bagi pengikut fanatiknya dalam sebuah perang salib untuk menaklukkan galaksi dan menghilangkan semua hal yang dianggapnya “impure” alias kotor dan tentunya kekuatan super yang dimiliki Magus akan menghadirkan ancaman melebihi Thanos.

Jika MCU mengikuti alur cerita dalam komik Infinity War, begitu Thanos dikalahkan oleh Magus, ancaman yang akan ditimbulkannya terhadap alam semesta akan sangat mengerikan sehingga The Avengers dana para superhero Marvel lainnya dipaksa untuk bergabung dengan Thanos, untuk melawannya dibantu juga oleh Dr. Doom, Ulysses Klaw dan Galactus. Menarik sekali ya Geeks, jika melihat para superhero dan villain bersatu untuk mengalahkan villain ‘big bad’ satu ini.


Dormammu


Villain ini adalah penguasa dimensi kegelapan, ia telah lahir jutaan tahun yang lalu dalam dimensi energi yang sangat kuat disebut Faltine. Dormammu adalah karakter yang pertama kali muncul dalam buku komik Strange Tales #126 tahun 1964. Ia merupakan musuh bebuyutan dari Dr. Strange dan memiliki kekuatan mistik yang sangat besar dan murni, bahkan melebihi kekuatan villain lainnya seperti Mephisto, Satannish, dan Hela. Karakter ini memulai debut liva-action MCU melalui solo-movie Doctor Strange pada tahun 2016.

Dormammu akan bergerak mundur ke The Dark Dimension setelah bertemu dengan Sorcerer Supreme, tapi matanya tidak luput untuk terus mengawasi Bumi. Begitu dia memiliki rencana untuk merampas Doctor Strange of The Time Stone dan dunia ini menjadi rentan, dia lalu akan menyerang. Sama halnya dengan Thanos, pertarungan ini akan mempengaruhi setiap superhero di MCU, tapi juga akan menjadi ajang unjuk kemampuan Doctor Strange. Karena sudah berpengalam bertarung dengan Dormammu, Doctor Strange akan menganggap peran pemimpin sangat dibutuhkan bagi The Avengers jika kurangnya potensi Iron Man atau Captain America untuk maju. Dengan kehadiran Dormammu kita akan memiliki supervillain yang lebih dari layak untuk mendapatkan gelar ‘big bad’, terutama jika pertarungan tersebut dibawa ke dalam Dimensi Gelapnya.


The Hulk


 

Seperti yang kalian telah ketahui, The Hulk pernah bertarung melawan Thor dan Iron Man, jadi tidak akan terlalu sulit untuk membayangkan pertarungan Hulk dan para superhero lainnya semakin berkembang. Ini tidak hanya menjadi perkelahian terberat secara fisik untuk The Avengers, tapi juga yang paling emosional, karena tahu bahwa teman mereka terjebak di dalam tubuh yang tidak terkendali dengan kekuatan yang sangat besar.

Ini pasti akan memerlukan beberapa perubahan kreatif untuk MCU, tapi ini bukan hal baru bagi Marvel. Dalam komik, The Hulk dikirim ke luar angkasa oleh The Illuminati, menggunakan kapal antariksa karena dianggap berbahaya dan bisa menghancurkan dunia. Hal ini mengakibatkan kematian keluarga Hulk di planet Sakaar, lalu mengirimnya kembali ke Bumi dengan kemarahan yang tak terkendali, yang tidak pernah terjadi sebelumnya.


Scarlet Witch


Pada awal kisah Avengers: Age of Ultron, Wanda Maximoff tidak memihak pada tim Avengers namun harus bergabung bersama Ultron terlebih dahulu karena masa lalunya yang buruk ynag menyangkut dengan  Tony Stark. Sepanjang Civil War, Wanda membuktikan bahwa dirinya memiliki kekuatan melebihi The Avengers, namun saat dia berhasil mengasah dan mengembangkan kemampuan sihirnya, ia masih terlalu muda dan belum bisa mengendalikan kekuatannya dan memaksa dirinya terus berada dalam bangunan agar tidak membahayakan banyak orang disekelilingnya.

Melalui Infinity War dan Avengers 4, hubungannya dengan Vision dibuat semakin berkembang dan dengan jika kematian Vision benar, tentu hal ini bisa menjadi ‘buruk’ bagi Scarlet Witch. Ditambah dalam Age of Ultron, Wanda telah kehilangan saudara kembarnya Pietro dan jika Vision juga mengalami gangguan mental seperti pada alur cerita House of M, pastinya kita akan melihat Wanda menjadi depresi dan kehilangan kendali atas kekuatannya karena orang-orang yang dicintainya hilang dan ada ancaman yang menghantui dirinya sendiri, sampai-sampai The Avengers harus mempertimbangkan kemungkinan untuk membunuhnya sebagai satu-satunya cara untuk menghentikannya. Ini akan menjadi konflik dan pengambilan keputusan terberat untuk tim, dan menjadi pertaruhan karena mereka bisa saja terpecah kembali.

_

Nah, itu beberapa karakter villain Marvel yang sewaktu-waktu dan berpotensi untuk menjadi villain dengan julukan ‘big bad’. Jika kalian memiliki saran dan ulasan lainnya, kalian bisa mengisi kolom komentar di bawah ini ya. Stay tune terus di Greensene.co.id untuk mengetahui informasi lebih lengkap dan menarik tentang film-film favoritekalian.