Eksklusivitas platform sudah berakhir, dan perusahaan-perusahaan meraup untung besar dengan port PC. Shuhei Yoshida menghabiskan lebih dari tiga dekade di Sony, memimpin proyek PlayStation sejak awal. Sekarang setelah pensiun, veteran industri yang telah menerima BAFTA Fellowship ini mengungkap beberapa rahasia terburuk industri game – dimulai dengan peran penting yang dimainkan oleh platform PC.

Dalam wawancara baru-baru ini, Shuhei Yoshida mengonfirmasi “rumor” yang telah diketahui semua orang di industri game selama bertahun-tahun bahwa Sony menghasilkan keuntungan besar dari konversi PC dari game-game terlaris PlayStation-nya sambil memperluas jangkauan pasarnya, terutama di mana PC merupakan platform game yang dominan.

Dengan adanya terobosan ini, tentu Anda bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk mengakses https://ceddybear.com/ sembari bermain game playstation.

Rencana atau sudah eksekusi?

Yoshida, yang pensiun dari Sony pada 15 Januari 2025, kini berbagi wawasan tentang rencana masa depan perusahaan. Ia telah menganjurkan untuk membawa game PlayStation ke PC ketika Sony masih berkomitmen pada eksklusivitas konsol yang ketat. Saat ini, perusahaan tersebut secara aktif mendukung porting PC, dengan tujuan untuk mengubah lebih banyak gamer PC menjadi pembeli konsol PlayStation dari waktu ke waktu.

Menurut Yoshida, merilis gim PlayStation di PC bermanfaat karena beberapa alasan. Hal itu memperkenalkan gim tersebut kepada audiens baru, mengembangkan basis penggemar dengan biaya pengembangan yang jauh lebih murah daripada biaya pengembangan awal. Mem-porting judul PlayStation ke PC jauh lebih murah daripada mengembangkan gim baru dari awal, jelasnya, yang membuatnya “hampir seperti mencetak uang.” Keuntungan tersebut, pada gilirannya, membantu mendanai proyek AAA baru yang mahal untuk PlayStation.

Sony saat ini sedang dalam proses menghadirkan banyak gim eksklusif PlayStation ke PC melalui platform seperti Steam dan GOG, meskipun Bloodborne mungkin merupakan pengecualian. Ketidakmampuan untuk memainkan judul horor Soulslike milik FromSoftware telah menjadi titik pertikaian bagi banyak penggemar Dark Souls, termasuk saya. Namun, emulasi PS4 mengalami kemajuan yang signifikan dalam hal ini.

Yoshida berspekulasi bahwa bos FromSoftware, Hidetaka Miyazaki, mungkin tertarik untuk menangani porting tersebut sendiri, tanpa keterlibatan langsung dari Sony.

Membawa game PlayStation ke PC merupakan kemenangan besar bagi bisnis, terutama di pasar seperti China, tempat konsol tidak begitu populer. Yoshida menegaskan bahwa China merupakan pasar yang besar, dan rilis PC sangat penting untuk menjangkau audiens tersebut. Sementara pasar konsol “sangat kecil” di China masih terus berkembang, rilis yang sukses kemungkinan besar akan berfokus pada konversi PC di masa mendatang.