Elden Ring: Shadow of the Erdtree, DLC terbaru dari Elden Ring, langsung menjadi hit setelah dirilis beberapa hari yang lalu. Namun, meskipun banyak mendapatkan pujian, DLC ini menghadapi tantangan besar dalam ulasan di Steam. Dengan status “Mixed” dan hanya 61% dari lebih dari 14.000 ulasan yang positif, ada beberapa masalah utama yang diangkat oleh para pemain.

Salah satu kritik yang paling menonjol adalah kinerja game di platform PC. Sejak peluncuran Elden Ring, masalah seperti stuttering, batasan 60fps, dan kurangnya dukungan ultrawide tetap ada. Meskipun Shadow of the Erdtree dianggap sangat bagus, banyak pemain merasa frustrasi dengan masalah kinerja yang masih belum terselesaikan setelah dua tahun.

Namun, kritik kinerja bukanlah satu-satunya masalah. Kritik utama yang menyebabkan kegemparan di kalangan pemain adalah tingkat kesulitan bos dalam DLC ini. Banyak ulasan mengeluhkan bahwa bos terlalu sulit dan tidak seimbang, dengan serangan yang kompleks dan pola serangan yang sulit dipahami. Salah satu ulasan menyebutkan, “Saya merindukan waktu ketika game soulsborne tentang memahami bos, menggunakan kelemahan mereka melawan mereka, dan mengalahkan mereka dengan keterampilan dan pengetahuan.”

Ulasan lain menambahkan, “Sekarang hanya kombo 10 pukulan di mana setiap serangan juga memiliki serangan kedua yang membuatnya benar-benar membingungkan kapan harus menghindar.” Ada juga keluhan bahwa senjata dan ashes of war baru tidak cukup kuat untuk menghadapi tantangan ini.

Fitur baru, Scadutree Fragment, juga tampaknya belum dipahami dengan baik oleh banyak pemain. Fitur ini dirancang untuk mendorong eksplorasi dan memberikan bentuk perkembangan baru, tetapi banyak ulasan menunjukkan bahwa pemain merasa bos terlalu kuat bahkan di awal permainan, meskipun memiliki kesehatan dan resistensi yang tinggi.

Scadutree Fragments harus ditemukan dengan menjelajahi dunia secara menyeluruh dan pergi ke area opsional. Fragmen-fragmen ini digunakan untuk meningkatkan kerusakan dan resistensi terhadap musuh baru ketika pemain menggunakannya untuk level up di site of grace.

Meskipun menerima kritik yang signifikan, Elden Ring: Shadow of the Erdtree tetap menarik perhatian dan pujian dari banyak pemain yang menikmati tantangan baru dan eksplorasi dunia yang lebih dalam. Dengan pembaruan dan perbaikan lebih lanjut, diharapkan DLC ini akan dapat memenuhi harapan lebih banyak pemain di masa mendatang.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.