Home OTAKU OTAKU FEATURES 8 Genre Anime dan Manga Yang Tidak Biasa!

8 Genre Anime dan Manga Yang Tidak Biasa!

Banyak Geeks yang mungkin mengenal genre anime dan manga seperti shounen, shoujo, dan seinen, tapi ada juga genre yang tidak biasa. Mayoritas penggemar manga dan anime mungkin lebih familiar dengan genre umum seperti shonen, yang memang diperuntukan untuk pembaca remaja pria, shoujo, yang ditujukan untuk pembaca wanita, serta seinen, yang ditujukan untuk pembaca dewasa. Namun, mungkin, banyak dari Geeks yang tidak tahu bahwa ada genre anime dan manga yang tidak biasa. Apa saja?

8 Shonen Ai Dan Shoujo Ai

Genre anime dan manga yang tidak biasa pertama adalah Shonen Ai Dan Shoujo Ai. Genre ini pada dasarnya merupakan “pengembangan” dari genre yang memang sudah ada sejak lama yaitu Yaoi atau Boys Love dan Yuri, Shonen Ai Dan Shoujo Ai masih tetap menghadirkan cerita tentang karakter yang senang dengan sesama jenis. Perbedaan paling mencolok dari kedua genre ini adalah adalah jika Yuri dan Yaoi berfokus pada hubungan seks, maka tidak dengan Shonen Ai Dan Shoujo Ai.

Shonen Ai justru lebih fokus pada hubungan dan juga romansa dari dua karakter pria, yang mana justru Yaori lebih fokus pada hubungan seks. Hal yang sama juga terjadi pada Shoujo Ai. Ketik Yuri lebih fokus pada tema seksual, justru Shoujo Ai lebih fokus pada membangun hubungan dan chemistry. Setting dari genre ini biasanya terjadi di sekolah dan bisa jadi salah satu pilihan alternatif bagi Geeks yang senang dengan genre tersebut.

Sebenarnya, Shonen Ai Dan Shoujo Ai tidak sepenuhnya tidak biasa. Hanya saja genre ini kalah populer daripada Yaoi dan Yuri, yang mana memang sudah ada penggemarnya tersendiri. Sasaski and Miyano, Bloom Into You, Sasemeki Koto, dan Koimonogatari, merupakan beberapa contoh dari genre ini. Sejauh ini, Shonen Ai Dan Shoujo Ai tidak pernah mengalami perkembangan.

7 Omegaverse

Masih menjadi bagian dari genre Yaoi dan Yuri, Omegaverse merupakan genre tidak biasa di manga dan anime lainnya. Genre ini umumnya berfokus pada sosok karakter “alpha” dan “omega.” Namun, dalam ceritanya bisa juga ditambahkan dengan “secondary genders” atau “gender sampingan” yang membuat konten dari alur cerita Omegaverse menjadi unik dan tidak biasa.

Omegaverse merupakan sebuah universe di mana para pria omega diceritakan bisa hamil. Baik pria ataupun wanita alpha bisa membuat sang omega hamil. Meskipun ada cukup banyak yang menghadirkan cerita tentang omegaverse, namun masing-masing ceritanya akan sangat berbeda tergantung dari interpretasi sang mangaka masing-masing. Ada beberapa contoh manga populer yang menjadi bagian dari genre ini.

Contohnya adalah Love Is An Illusion yang ditulis oleh Fargo. Manga ini bahkan sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Kemudian, ada juga manga Megumi And Tsugumi yang ditulis oleh Si Mitsuru. Cerita tentang Omegaverse biasanya bisa kita temui dalam berbagai cerita seperti fan fiction atau cerita khayalan, manga, dan juuga manhua. Genre ini tidak pernah muncul atau diadaptasi dalam versi anime.

6 Gender Bender

Gender Bender atau Pembalikan Jenis Kelamin biasanya sering kita temui dalam berbagai karya animasi klasik seperti Mulan dan juga Some Like it Hot. Selain itu, genre atau tema ini biasa kita temui juga dalam cerita manga. Namun, seperti halnya Omegaverse, Gender Bender sangat jarang diadaptasi dalam versi anime. Jikapun kemudian ada, anime tersebut biasanya kurang laku di pasaran.

Gender Bender sangat jarang muncul dalam cerita manga atau anime tersendiri. Genre ini umumnya menyatu atau menjadi bagian dari genre lainnya, seperti genre shoujo. Ouran High School Host Club menjadi salah satu contoh series anime yang juga menghadirkan genre Gender Bender. Sesuai namanya, anime dan manga Gender Bender biasanya mengahdirkan karakter wanita yang seperti pria dan sebaliknya.

Mereka sengaja melakukan hal tersebut karena berbagai tujuan seperti merahasiakan identitas asli mereka, mencapai sebuah tujuan, atau karena memang mereka sangat senang untuk berpakaian atau menggunakan pakaian seperti itu. Contoh lainnya dari genre ini adalah Ranma 1/2 karya Rumiko Takahashi. Sebagian fans berpendapat bahwa Gender Bender dan manga bertema pertukaran tubuh merupakan hal yang berbeda. Namun, sebagian lainnya menganggap mereka sama.

5 Otome Isekai

Genre anime dan manga yang tidak biasa lainnya adalah Otome Isekai. Geeks mungkin sudah tidak asing dengan genre Isekai. Genre tersebtu memperlihatkan bagaimana seorang karakter mengalami momen yang membuatnya pindah atau terlahir kembali ke dunia lain, yang umumnya adalah sebuah dunia fantasi. Namun, ada juga genre lain yang menjai bagian dari Isekai yaitu Otome Isekai.

Otome Isekai merupakan subgenre dari Isekai. Dalam ceritanya sang protagonis sama-sama dipindahkan ke sebuah dunia fantasi, namun yang membedakan adalah dunia yang didatangi sang protagonis biasanya bersetting tentang dunia barat atau sejarah. Dunia tersebut mirip dengan sebuah dunia di game otome. Biasanya, mereka akan hidup di sebuah dunia kerajaan.

Meskipun mayoritas cerita memperlihatkan protagonis berubah menjadi ksatria atau pahlawan, tidak jarang sang protagonis juga diperlihatkan sebagai villain namun mereka harus merubah posisi tersebut untuk memenangkan cerita dari sang karakter. Yang paling penting, seperti halnya sebuah video game ada semacam misi yang harus dikerjakan. Selain itu, dalam Otome Isekai ceritanya biasanya lebih fokus pada urusan romansa dan heroisme. Biasanya, genre ini ditemui di Manhwa dan contohnya adalah I’m The Villainess So I’m Taming The Final Boss atau My Next Life As A Villainess: All Routes Lead To Doom.

4 Reverse Harem

Sama halnya seperti genre Harem, Reverse Harem menghadirkan cerita di mana ada sati protagonis yang terikat dalam sebuah hubungan dengan berbagai partner. Jika Harem memperlihatkan karakter pria sebagai protagonis utama, maka Reverse Harem memperlihatkan karakter wanita sebagai protagonis utama. Karakter wanita tersebut akan dikelilingi oleh banyak pria.

Reverse Harem biasanya muncul dalam cerita versi anime dan lebih populer dalam genre ini. Namun, jika membandingkannya dengan genre harem itu sendiri Reverse Harem bisa dibilang kurang umum atau jarang sekali muncul anime dan manga yang mengangkat tema ini. Reverse Harem biasanya menghadirkan cerita yang lebih ringan, di mana karakter wanitanya digambarkan lebih ramah.

Namun, di akhir ceritanya, sang karakter wanita akan memilih salah satu dari harem laki-laki yang ada di sekelilingnya. Bahkan, tidak jarang juga karakternya memilih semua laki-laki yang menjadi haremnya. Semuanya tergantung dari ceritanya. Fruits Basket, Brothers Conflict, Alice In The Country of Hearts, dan Nadeshiko Club merupakan beberapa contoh dari anime bergenre Reverse Harem.

3 Military Moe

Sama halnya seperti genre Omegaverse ataupun Reverse Harem atau Otome Isekai, Military Moe merupakan subgenre dari Moe atau genre yang biasanya memperlihatkan cerita yang berfokus pada wanita cantik. Wanita tersebut akan melakukan berbagai hal yang dianggap lucu dan imut. Military Moe sebenarnya pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan hal tersebut.

Militaru Moe memperlihatkan berbagai karakter wanita dengan desain karakter yang lucu dan imut, namun mereka tinggal di sebuah universe bertema militer. Bahkan, tidak jarang jika karakter mereka juga digambarkan sebagai sebuah peralatan perang atau peralatan militer. Namun, karakternya sendiri dihadirkan sesuai dengan karakter yang umum dalam versi anime dan manga.

Bisa dibilang Military Moe benar-benar jadi perwujudan dari genre tidak biasa yang ada di series anime dan manga. Alur ceritanya sendiri sering kali memperlihatkan mereka dalam situasi yang pelik. Mereka dipaksa untuk bekerja sama demi menghasilkan sebuah dunia yang lebih baik. Kantai Collection, Girls & Panzer, dan Strike Witches adalah beberapa contoh dari genre ini.

2 Absurdist

Sesuai namanya, genre Absurdist ini mengeksplor cerita keanehan atau hal-hal yang aneh atau absurd. Selain alur cerita, para karakter yang muncul di seriesnya juga sering kali bertingkah laku aneh. Bahkan, tidak jarang visual yang ditampilkan dalam cerita manga atau animenya terlihat aneh. Dalam cerita manga dan anime, anime dengan genre absurd biasanya memperlihatkan elemen komedi, kekonyolan, ketidakberartian, dan sebagainya.

Mereka yang menonton atau membaca manga dengan genre absurdist ini umumnya hanya mencari elemen konyol yang muncul dari keanehan tersebut. Selain itu, karena alur ceritanya biasanya sangat ringan manga atau anime ini ditonton atau dibaca untuk mengisi waktu luang mereka. Contohnya adalah Osomatsu-San yang memang terkenal sebagai anime yang konyol dan absurd.

Dalam ceritanya, kita melihat bagaimana keenam saudara kembar tersebut menjalani kehidupan sehari-hari dengan keanehan yang mereka jalani atau temui. Bahkan, karakter lainnya dalam anime ini juga terkenal karena kekonyolan dan keanehannya. Contoh dari hal ini adalah ketika Hatabou menelpon Presiden Obama. Nichijou dan Pop Team Epic jadi contoh lain dari genre ini.

1 Anthropomorphic Romance

Genre anime dan manga yang tidak biasa terakhir adalah Anthropomorphic Romance. Dunia manga dan anime memang penuh dengan fantasi dan khayalan, yang artinya apapun bisa saja terjadi. Ini juga yang kemudian terjadi kepada Anthropomorphic Romance. Sesuai namanya, Anthropomorphic Romance menghadirkan cerita yang berfokus pada humanoid atau hewan yang berbentuk seperti manusia.

Insting binatang mereka memang masih ada dalam karakternya, yang mana bahkan insting tersebut memiliki peranan yang signifikan terhadap karakternya. Meskipun begitu, karakter hewan tersebut tetap berperilaku layaknya manusia. Yang mungkin tidak banyak orang ketahui adalah Anthropomorphic manga mirip seperti manga populer pada umumnya yang memiliki berbagai genre, seperti romansa, petualangan, dan sebagainya.

Beberapa judul anime Anthropomorphic populer diantaranya adalah BNA: Brand New Animal dan Odd Taxi. Sayangnya, untuk subgenre dari Anthropomorphic dalam versi anime bisa dibilang sangat jarang. Dari segi alur ceritanya, Anthropomorphic Romance biasanya menghadirkan drama percintaan antara karakter Anthropomorphic atau karakter Anthropomorphic dengan manusia. Beastars dan Beast Complex merupakan beberapa contoh manga yang menghadirkan genre ini.

Industri anime dan manga sudah berkembang dengan sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini bukan hanya menghadirkan sebuah alur cerita baru, namun juga melahirkan berbagai genre baru. Dan terdapat beberapa genre baru yang dianggap tidak biasa dalam cerita manga dan anime.

Exit mobile version