Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Plot Twist Paling Populer di Dunia Film!

10 Plot Twist Paling Populer di Dunia Film!

Selain menghadirkan alur cerita yang menarik, beberapa film berhasil menghadirkan plot twist yang populer bahkan hingga saat ini. Para penonton film selalu senang dengan kemunculan plot twist baik di akhir cerita ataupun di tengah cerita. Meskipun banyak film yang menghadirkan plot twist dalam alur ceritanya, namun tidak banyak film yang mampu menghadirkan plot twist ikonik dan populer. Berikut adalah plot twist paling populer di dunia film.

10 SAW

Pada dasarnya, hampir di setiap film SAW selalu memunculkan kejutan besar yang tidak terduga. Namun, dari semua film yang ada di franchise tersebut tidak ada plot twist yang paling ikonik selain film SAW pertama. Franchise SAW diciptakan oleh James Wan dan Leigh Whannell. Film pertama, SAW, dirilis pada tahun 2004 dan disutradarai oleh James Wan. Filmnya sendiri berfokus pada sosok misterius bernama Jigsaw.

Dalam filmnya diperlihatkan bagaimana beberapa orang diculik untuk dipaksa mengikuti berbagai permainan. Permainan ini seringkali memaksa para korbannya untuk menghadapi pilihan sulit dan membuat keputusan yang ekstrem. Banyak adegan gore dan mengerikan yang muncul di film ini yang mana di sisi lain menjadi hal yang menarik bagi sebagian fans. Namun, yang membuat para fans tertarik tidak lain adalah plot twist tentang sosok Jigsaw.

Di akhir ceritanya, para fans dikejutkan dengan siapa sebenarnya sosok di balik karakter Jigsaw tersebut yang tidak lain adalah John Kramer. Karakter ini diperankan oleh aktor Tobin Bell. Meskipun film pertama memiliki anggaran yang rendah, Saw berhasil menjadi salah satu film terbaik dan menghasilkan serangkaian film-film sekuel yang sangat sukses secara komersial.

9 Now You See Me

Film ini dibintangi oleh Jesse Eisenberg, Mark Ruffalo, Woody Harrelson, Isla Fisher, Dave Franco, Morgan Freeman, dan Michael Caine. Dirilis pada tahun 2013, film yang disutradarai oleh Louis Leterrier ini mendapatkan ulasan yang positif dan sukses besar di box office. Now You See Me mengisahkan tentang empat pesulap jalanan yang dijuluki “The Four Horsemen.”

Mereka dipilih oleh seseorang yang tidak dikenal untuk menjalankan serangkaian trik sulap yang besar dan menghebohkan. Mereka menggunakan trik-trik ajaib untuk melakukan perampokan bank. Yang menjadi plot twist dalam film ini adalah bagaimana Mark Ruffalo berperan sebagai seorang agen FBI bernama Dylan Rhodes. Dia berusaha untuk menangkap para Horsemen tersebut.

Namun, yang menarik adalah sebenarnya Dylan merupakan sosok putra dari seorang pesulap yang tewas saat menjalankan aksi sulapnya. Dan yang mengejutkan adalah dia merupakan pemimpin dari kelompok The Hersemen tersebut. Hal ini bukan hanya membuat para penonton terkejut, melainkan juga para karakter Horsemen itu sendiri. Mereka terkejut bahwa mereka adalah target utamanya yang ternyata hal itu tidaklah benar.

8 Planet Of The Apes

Plot twist paling populer di dunia film selanjutnya berasal dari film Planet of the Apes. Mungkin banyak yang tidak menduga jika franchise ini sudah ada sejak era akhir 1960an. Disutradarai oleh Franklin J. Schaffner, Planet of The Apes merupakan film yang diadaptasi dari buku milik penulis asal Perancis, Pierrel Boulle. Film pertama dari Planet of The Apes bersetting di tahun 3978 dan berfokus pada sebuah kelompok astronot manusia yang tidak sengaja mendarat darurat di sebuah planet.

George meyakini bahwa dia mendapat di sebuah planet yang sangat mirip dengan bumi, di mana peradaban di planet tersebut dikuasai oleh para kera. George juga terkejut bahwa para kera atau primata tersebut memiliki kecerdasan layaknya manusia. Namun, dia kemudian terkejut dengan fakta yang sebenarnya ketika George mengetahui bahwa dia sebenarnya bukan ada di planet lain.

Planet tempat George berada saat ini ternyata adalah planet bumi. Planet tersebut kenyataanya sudah mengalami perubahan yang sangat drastis selama ribuan tahun. Manusia diperlihatkan sudah punah dan para kera atau primata yang kemudian mengambil alih planet tersebut. Momen atau adegan tersebut kemudian menjadi salah satu plot twist yang paling populer hingga sekarang.

7 The Prestige

Berbicara mengenai plot twist paling populer di dunia film The Prestige merupakan salah satunya. Dengan setting waktu di London, Inggris, pada abad ke 19 The Prestige menghadirkan cerita menarik dari rivalitas panas dua pesulap yaitu Robert Angier dan Alfred Borden. Mereka berdua bersaing untuk membuktikan siapa dari keduanya yang terbaik dalam menghadirkan berbagai aksi dan trik sulap.

Mereka beruda bahkan rela melakukan apa pun yang bisa mengancam nyawa mereka sendiri. Terdapat elemen fiksi ilmiah dalam film ini yaitu bagaimana cara keduanya untuk bisa saling mengalahkan satu sama lain. Untuk menghadirkan berbagai trik sulap yang epik, mereka harus melakukan berbagai uji coba yang berbahaya dan menghadirkan berbagai penemuan yang tidak biasa.

Yang menjadi plot twist dalam film ini adalah bagaimana sebenarnya dua pesulap tersebut aslinya merupakan satu orang, yaitu Alfred Boden. Sosok Alfred Boden ternyata memiliki dua kepribadian berbeda. Angier ternyata memiliki alat untuk menciptakan kloning dan menghabisi kloningnya setiap kali dia melakukan trik. Para penonton diajak berpikir bahwa ada dua karakter berbeda yang mana sebenarnya itu merupakan satu orang yang sama dengan kepribadian yang berbeda.

6 The Matrix

The Matrix merupakan sebuah film yang membangkitkan karir dari Keanu Reeves di industri film Hollywood. Selain penampilannya yang luar biasa, salah satu alasan yang membuatnya mengalami peningkatan popularitas adalah karena plot twist yang dihadirkan dalam filmnya. Rilis perdana pada 1999, The Matrix menghadirkan cerita tentang sebuah dunia di mana teknologi dan kecerdasan buatan sangat mendominasi.

Neo berusaha untuk mencari arti hidup dengan memanfaatkan kemampuan hacking atau peretasan yanng dia miliki. Tanpa diduga, kemampuan peretasan dari Neo tersebut ternyata menarik perhatian the Matrix dan orang-orang yang beruaha untuk menghadapi mereka. Meskipun Neo sangat terkejut dengan fakta sebenarnya, dia harus menerima kenyataan bahwa realita yang ada ternyata tidaklah nyata.

Neo dan para karakter atau manusia lain terjebak dalam sebuah simulasi komputer. Sedangkan, penguasa dari the Matrix tersebut menggunakan tubuh manusia sebagai sumber daya atau bahan bakar. Mereka sengaja membangun semacam peternakan manusia untuk memanfaatkan tubuh mereka. Di film-film selanjutnya, kita pun melihat petualangan Neo untuk bisa lepas dari dunia virtual tersebut.

5 Psycho

Psycho merupakan salah satu film klasik yang sangat berpengaruh yang dirilis pada tahun 1960 dan disutradarai oleh Alfred Hitchcock. Film thriller ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Robert Block serta diadaptasi dari kisah nyata dari kasus pembunuh berantai Ed Gein. Filmnya sendiri menceritakan kisah Marion Crane, seorang sekretaris yang melarikan diri setelah mencuri 40,000 Dollar Amerika dari majikannya.

Dia sengaja melakukan hal tersebut untuk memulai hidup baru bersama kekasihnya, Sam Loomis. Dalam pelariannya, Marion menginap di sebuah motel terpencil yang dikelola oleh seorang pemuda bernama Norman Bates. Secara penampilan, Norman Bates nampak seperti pria ramah dan baik pada umumnya meskipun sedikit canggung. Marion sendiri sempat pergi ke rumah dari Norman dan bertemu dengan sang ibu.

Pertemuan itu membuat Marion memutuskan untuk mengembalikan uang yang dia curi. Namun, sebelum kemudian dia berhasil melakukannya nyawa dari Marion harus menghilang setelah Norman menghabisi nyawa dari Marion. Adegan dari pembunuhan Marion ini jadi salah satu adegan paling ikonik dalam sejarah film Hollywood. Dan plot twistnya sendiri kemudian terungkap bahwa Norman bukanlah sosok polos yang banyak diduga oleh orang-orang.

4 Shutter Island

Shutter Island menjadi salah satu film yang terkenal menghadirkan plot twist luar biasa dalam filmnya. Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini berkisah tentang seorang U.S. Marshal bernama Teddy Daniels, yang pergi ke sebuah pulau bernama Shutter Island. Dia dan rekannya, Chuck, berusaha untuk melakukan investigasi atas hilangnya seorang pasien gangguan jiwa di pulau tersebut.

Namun, semakin dalam mereka melakukan investagasi berbagai fakta pun mulai terkuak. Ternyata, sebenarnya tidak pernah ada cerita tentang orang yang hilang atau tidak pernah ada sosok Teddy Daniels menjadi seorang U.S. Marshall. Pada faktanya, Teddy adalah pasien yang hilang dari rumah sakit jiwa di pulau tersebut. Semua hal yang berkaitan dengan investigasi dalam ceritanya merupakan sebuah sesi terapi peran dari Teddy.

Hal tersebut memang sengaja dilakukan dan didesain untuk membantunya menenangkan diri dari peristiwa masa lalunya yang mengerikan. Bagaimana alur ceritanya mampu mempermainkan pikiran para penonton jadi salah satu daya tarik dari filmnya. Ini juga yang kemudian membuat Shutter Island menjadi salah satu film yang berhasil menghadirkan plot twist paling populer.

3 Interstellar

Banyak yang beranggapan jika film garapan Christopher Nolan ini jadi salah satu representasi terbaik mengenai konsep time travel di dunia film. Di sisi lain, hal tersebut justru sebenarnya membuat konsep tersebut semakin membingungkan dengan adanya penjelasan fisika terkait fenomena tersebut. Dalam salah satu momen, kita melihat bagaimana seorang astronot NASA, Joseph Cooper, terjebak di luar angkasa dan terhisap lubang hitam alias black hole.

Dan dia pun mengalami sebuah fenomena time travel. Dia bahkan berada di luar dimensi nyata, di mana hal ini dibuktikan bahwa dia terjebak di tengah-tengah dimensi dan berusaha berkomunikasi dengan anaknya, Murphy Cooper, melalui berbagai petunjuk. Yang menarik adalah di awal film diperlihatkan bagaimana Murphy dan ayahnya mencoba untuk mencari tahu siapa sebenarnya sosok “hantu” tersebut.

Namun, di akhir filmnya akhirnya terungkap bahwa sosok tersebut tidak lain adalah Joseph Cooper yang terjebak di dimensi lain. Christopher Nolan memang terkenal sebagai sutrdara yang sering menghadirkan film-film mindblowing. Selain karena elemen sains yang dianggap mendekati akurat, salah satu hal yang juga menarik dari film Interstellar adalah momen plot twist ini.

2 Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back

Rasanya hampir semua Geeks mengetahui film Star Wars satu ini. Film ini disutradarai oleh Irvin Kershner dengan George Lucas sebagai produser eksekutif. The Empires Strikes Back merupakan salah satu film paling populer dalam franchise Star Wars. The Empire Strikes Back memenangkan Oscar untuk katagori Best Sound, serta dinominasikan untuk sejumlah kategori lainnya.

Film ini dianggap oleh banyak penggemar dan kritikus sebagai salah satu sekuel terbaik sepanjang masa dan telah berdampak signifikan terhadap budaya populer. Setelah kekalahan pertama mereka di Death Star, para pasukan pemberontak berada ancaman yang mana pihak Empire terus mengejar mereka. Luke Skywalker melakukan pelatihan Jedi dengan Yoda di planet terpencil Dagobah.

Sementara Leia, Han Solo, Chewbacca, dan yang lainnya berusaha untuk menghindari kejaran Darth Vader dan tentara Imperium. Pertarungan puncak antara Luke Skywalker dan Darth Vader jadi yang paling populer dalam sejarah film. Dan dalam pertarungan ini, para fans diperlihatkan plot twist paling populer di mana Darth Vader mengaku bahwa dia adalah ayah dari Luke. Adegan ini bahkan banyak diparodikan seperti yang dilakukan oleh film Toy Story.

1 The Sixth Sense

Sebagai salah satu karya pertama sutradara M. Night Shyamalan, The Sixth Sense adalah film horor supernatural yang berhasil membuatnya terkenal di Hollywood. Alasannya adalah karena film ini berhasil menghadirkan elemen horor yang cukup relate dengan banyak orang, yaitu anak kecil yang bisa melihat dan berbicara dengan hantu-hantu mengerikan yang ada di sekitar mereka.

Dengan akting dari Bruce Willis sebagai Malcolm Crowe dan Haley Joel Osment sebagai anak bernama Cole Sear, film ini berhasil membuat penontonnya berpikir bahwa memang anak kecil dapat melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat orang dewasa. Malcolm sendiri menduga bahwa apa yang Cole katakan bahwa dia bisa melihat orang yang sudah mati merujuk pada orang lain.

Namun, pada kenyataanya, sosok yang Cole maksud tersebut adalah Malcolm. Ternyata, Malcolm sebenarnya diceritakan sudah tewas bahkan sejak awal filmnya. Banyak penonton yang tidak menduga jika sebenarnya karakter yang Bruce Willis perankan tersebut merupakan hantu sedari awal. Inilah alasan mengapa kemudian filmnya berhasil menghadirkan plot twist paling populer di dunia film.

Plot twist merupakan salah satu hal yang umum terjadi dalam sebuah cerita film. Para penonton akan diajak untuk meyakini sesuatu atau sebuah cerita, sebelum kemudian di akhir ceritanya terungkap bahwa apa yang selama filmnya hadirkan tidaklah benar. Berbagai plot twist di atas diketahui sangat populer di kalangan fans karena berheasil membuat mereka terkejut.

Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.
Exit mobile version