Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Misteri Pembunuhan Terbaik!

10 Film Misteri Pembunuhan Terbaik!

Film tentang misteri pembunuhan menjadi salah satu film yang cukup populer dan memiliki banyak fans dan berikut adalah film misteri pembunuhan terbaik. Film misteri pembunuhan merupakan salah satu tema film yang sempat populer di Hollywood. Namun, di era modern ini film dengan tema tersebut berhasil menghadirkan twist yang unik dan menarik. Berikut adalah beberapa film misteri pembunuhan terbaik.

10 The Nice Guy

Film misteri pembunuhan terbaik pertama adalah The Nice Guy. The Nice Guys adalah film yang diproduksi pada tahun 2016 oleh Warner Bros. Picture. Digarap oleh sutradara Shane Black, film ini menampilkan dua aktor papan atas sebagai bintang utamanya, Ryan Gosling dan Russell Crowe. Bersetting pada tahun 1977, film ini bercerita tentang petualangan sepasang penegak hukum swasta dan detektif pribadi.

Mereka menyelidiki hilangnya seorang gadis dengan di Los Angeles. Holland March pada suatu hari bertemu Mrs. Glenn yang mengklaim keponakannya masih hidup. March tidak percaya lantaran diketahui secara umum bahwa keponakan Mrs. Glenn, Misty Mountains, mati dalam sebuah kecelakaan mobil. Dalam perjalanannya, March kemudian kemudian bertemu Jackson Healy.

Keduanya lalu bekerjasama menerima kasus dari Mrs. Glenn lantaran menyadari bahwa seorang gadis lain juga dinyatakan hilang yang bernama Amelia Kuttner. Meskipun menghadirkan tema tentang misteri pembunuhan, film ini menghadirkan juga berbagai genre lainnya seperti aksi dan komedi. Penampilan dari kedua bintang utamanya juga menjadi salah satu daya tarik dari film ini.

9 Ready Or Not

Film satu ini mungkin sangat esktrem jika dibandingkan dengan film sebelumnya. Ready or Not disutradarai oleh Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett. Film sekte ini dibintangi oleh Samara Weaving, Adam Brody, Mark O’Brien, dan Henry Czerny, serta filmnya rilis pada tahun 2019. Ready or Not menceritakan tentang seorang pengantin wanita muda bernama Grace yang baru saja menikahi suami kaya raya dari keluarga Le Domas.

Keluarga tersebut terkenal sebagai keluarga yang memiliki bisnis permainan dan hiburan. Setelah pernikahan, Grace diundang untuk ikut dalam tradisi keluarga yang aneh yaitu bermain permainan yang ditentukan oleh kotak kartu permainan. Namun, Grace dengan cepat menyadari bahwa permainan tersebut memiliki konsekuensi yang sangat berbahaya. Permainan yang akhirnya mereka mainkan adalah kucing-kucingan.

Ketika dia sedang ikut dalam permainan tersebut, dia kemudian mengetahui bahwa para anggota keluarga suaminya memiliki rencana jahat untuk memburunya sebagai bagian dari ritual keluarga. Grace benar-benar memperlihatkan emosi yang luar biasa dan tekad untuk bisa bertahan hidup dari permainan yang mematikan tersebut. Inilah yang membuat Ready or Not penuh dengan adegan aksi.

8 Brick

Rian Johnson mungkin lebih terkenal sebagai sutradara dari film Knives Out, namun sebelum kemudian dia populer dengan film tersebut Rian Johnson pernah menghadirkan film dengan tema serupa yaitu Brick. Film ini rilis pada 2005 dan dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt yang berperan sebagai seorang anak SMA. Dalam ceritanya diperlihatkan seorang murid SMA melakukan investigasi terhadap mantan kekasihnya yang menghilang.

Meskipun setting ceritanya adalah sekolah SMA di era modern, namun Brick tetap menghadirkan elemen klasik dari film detektif dari masa lalu. Di sepanjang ceritanya, para penonton akan dibuat bertanya-tanya mengenai siapa sebenarnya pelakunya dan apa yang sebenarnya terjadi. Brick benar-benar menjadi film yang jadi landasan Rian Johnson untuk menghadirkan film Knives Out.

Pasalnya, ada beberapa hal atau elemen dalam film Brick yang dimunculkan dalam film Knives Out. Joseph Gordon-Levitt sukses memerankan karakternya dengan baik yang mana bahkan film ini kemudian berhasil mendapatkan penghargaan dari para juri di ajang film Sundance. Di sisi lain, film ini juga jadi salah satu batu loncatan dari karir sang aktor di industri film Hollywood.

7 Game Night

Meskipun pada awalnya semuanya nampak menyenangkan dan seru, namun pada akhirnya mereka menyadari bahwa nyawa mereka dalam bahaya. Game Night merupakan film misteri pembunuhan karya Jonathan Goldstein, John Francis Daley, dan Billy Magnussen. Film ini dibintangi oleh dua nama tenar Hollywood yaitu Jason Bateman dan Rachel McAdams yang diceritakan sebagai sepasang kekasih.

Dalam film ini diceritakann jika pasangan kekasih tersebut sangat senang bermain permainan. Bahkan, keduanya pun pertama kali bertemu dan jatuh cinta akibat permainan. Suatu hari, kedua pasangan tersebut mengundang teman-temannya untuk ikut bermain bersama di rumah mereka. Namun, yang awalnya mereka menduga bahwa itu adalah bagian dari permainan justru menyadari bahwa semuanya menjadi kenyataan.

Hal tersebut membuat pasangan itu akhirnya menyadari bahwa nyawa mereka berada dalam bahaya. Film yang rilis pada 2018 menghadirkan premis yang cukup umum dalam film misteri pembunuhan yaitu yang awalnya sebuah permainan justru berubah menjadi kejadian nyata. Film Game Night sendiri mendapatkan rating 85% di situs rating film Rotten Tomatoes.

6 Murder On The Orient Express

Murder on the Orient Express film misteri pembunuhan terbaik lainnya dalam daftar ini.  Ini merupakan film yang merupakan hasil garapan dari sutradara Kennet Branagh yang mengadaptasi novel misteri berjudul sama karya Agatha Christie. Di film bergenre misteri ini Branagh bahkan ikut berperan sebagai detektif Hercule Poirot yang terkenal karena kumis khas dan kemampuan deduksinya yang luar biasa.

Murder on the Orient Express menceritakan tentang perjalanan kereta mewah Orient Express dari Istanbul ke Calais. Dalam perjalanan, seorang penumpang kaya bernama Ratchett ditemukan tewas di dalam keretanya. Untuk memecahkan misteri ini, detektif terkenal Hercule Poirot dipanggil untuk menyelidiki. Ketika Poirot menyelidiki kasus ini, dia menemukan bahwa hampir semua penumpang memiliki motif untuk membunuh Ratchett.

Misteri ini menjadi semakin rumit karena setiap orang memiliki alibi yang kuat. Poirot yang brilian mencoba mengungkap kebenaran di balik kematian Ratchett dengan memeriksa detail-detail kecil dan mendalam ke dalam karakter setiap penumpang. Para cast yang luar biasa, misteri yang membuat para penonton penasaran, dan penampilan dari Kenneth Branagh yang menyenangkan menjadi beberapa alasan mengapa film ini menarik. Branagh sendiri tetap mengacu pada apa yang muncul dalam alur cerita versi novelnya.

5 Scream

Film misteri pembunuhan terbaik selanjutnya adalah Scream. Jika Halloween adalah pionir dari film bergenre slasher dari era 1980an, maka Scream adalah “penerus” dari Halloween sebagai film dengan genre horor slasher dan murder mystery di era akhir 1990an. Film Scream rilis pada tahun 1996 dan dibintangi oleh Drew Barrymore serta Neve Campbell. Film ini disutradarai Wes Craven, yang memang merupakan sutradara spesialis film horor.

Scream menceritakan tentang seorang pembunuh berantai bertopeng yang meneror sebuah kota. Para penduduk di kota tersebut harus mendapatkan teror dari Ghostface yang sudah menghabisi banyak nyawa remaja di sana. Setelah menjadi misteri besar di kota tersebut, akhirnya terungkap siapa sebenarnya Ghostface dan apa yang kemudian menjadi motivasi para pembunuh tersebut melakukannya.

Film Scream menghadirkan kompleksitas yang menarik dari sebuah film horor slasher dan murder mystery. Wes Craven benar-benar membuat para fans penasaran mengenai siapa pelaku pembunuhannya. Dan hal ini pun terbukti dari kesuksesan filmnya. Suksesnya film Scream pertama akhirnya membuat pihak studio film memberikan lampu hijau untuk menghadirkan berbagai sekuelnya. Diketahui, sejauh ini, Scream berhasil menelurkan 6 film sekuel.

4 The Hateful Eight

The Hateful Eight disutradarai oleh Quentin Tarantino, yang juga menjadi penulis naskahnya. Film ini dibintangi oleh Samuel L. Jackson, Kurt Russell, Jennifer Jason Leigh, Walton Goggins, Demián Bichir, Tim Roth, Michael Madsen, dan Bruce Dern. The Hateful Eight menghadirkan setting beberapa tahun setelah Perang Saudara di Amerika. Filmnya memperlihatkan seorang bounty hunter bernama John Ruth sedang membawa seorang tahanan bernama Daisy Domergue.

Ruth membawa tahanan tersebut untuk diadili dan digantung di kota Red Rock. Ruth kemudian bertemu dengan Marquis Warren, seorang mantan tentara dan juga bounty hunter, dan Chris Mannix, yang mengaku sebagai sheriff baru Red Rock. Mereka terjebak dalam badai salju sehingga terpaksa berlindung di sebuah pondok. Di pondok tersebut, mereka bertemu dengan beberapa orang lain yang mencurigakan.

Mereka adalah Oswaldo Mobray seorang pengacara, Joe Gage seorang koboi, Bob penjaga pondok, dan Jenderal Sanford Smithers. Saat mereka berada di pondok, muncul rahasia, kecurigaan, dan pengkhianatan yang mengarah pada pertempuran mematikan di antara mereka. Yang menarik kemudian adalah Tarantino menyediakan tiga ending yang berbeda yang mana hal tersebut tergantung dari bioskop yang ditonton.

3 Clue

Clue merupakan sebuah film murder mystery yang unik pasalnya film ini diadaptasi bukan dari novel atau cerita pendek melainkan sebuah papan permainan. Clue merupakan sebuah board game yang membuat para pemainnya harus menjelajahi sebuah mansion atau rumah mewah besar untuk mengetahui siapa yang sudah menghabisi pemilik rumahnya, yaitu Mr. Boddy.

Mereka akan mengidentifikasi berbagai alat yang digunakan untuk menghabisi Mr. Boddy dan juga ruangan atau tempat yang menjadi lokasi pembunuhan tersebut. Biasanya, ada enam orang karakter yang dicurigai sebagai pelakunya; Professor Plum, Miss Scarlet, Colonel Mustard, Mrs. White, Mr. Green, dan Mrs. Peacock. Popularitas dari permainan ini membuat di sebuah rumah produksi sempat mengadaptasi dalam versi film di era tahun 1980an.

FIlm tersebut dibintangi oleh Tim Curry yang mana alur ceritanya sendiri mirip dengan versi papan permainannya. Semuanya tergantung kepada para tamu untuk menemukan siapa sebenarnya pembunuh dari Mr. Boddy. Kesuksesan dari film ini bahkan membuat pihak Hasbro saat ini memutuskan untuk melakukan remake terhadap filmnya.

2 Knives Out

Knives Out merupakan salah satu film murder mystery yang populr saat ini. Filmnya sendiri dirilis pada 27 November 2019 dan disutradarai oleh Rian Johnson yang juga ikut terlibat sebagai penulis. Dalam film ini, Daniel Craig memerankan seorang detektif terkenal bernama Benoit Blanc. Selain Craig, film ini juga menghadirkan berbagai deretan aktor Hollywood lainnya seperti Chris Evans, Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, dan Christopher Plummer.

Knives Out menghadirkan cerita di mana keluarga Thrombey merayakan ulang tahun ke-85 bagi Harlan Thrombey. Setelah pesta, hal mengejutkan terjadi di mana Harlan ditemukan tewas dalam kondisi yang mencurigakan. Detektif terkenal Benoit Blanc dipanggil untuk menyelidiki kasus pembunuhan tersebut. Blanc mulai memeriksa anggota keluarga dan staf yang bekerja di rumah tersebut.

Keluarga Thrombey terdiri dari karakter-karakter yang memiliki motif dan rahasia masing-masing, yang menjadi pusat perhatian penyelidikan. Misteri pembunuhan yang terjadi dipenuhi dengan twist dan kejutan, dan penonton dihadapkan pada teka-teki yang rumit dan intrik keluarga yang rumit. Film ini sangat sukses dan mendapatkan sambutan yang positif. Bahkan, di tahun 2025 nanti Knives Out akan menghadirkan film ketiga.

1 Get Out

Film murder mystery atau misteri pembunuhan yang terakhir adalah Get Out. Film garapan Jordan Peele ini menjadi salah satu film horor misteri pembunuhan yang cukup unik dari segi narasi. Get Out menghadirkan cerita tentang seorang pria Afrika Amerika bernama Chris Washington, yang pergi berlibur dengan pacarnya, Rose Armitage, untuk bertemu dengan keluarganya.

Rumah dari keluarga sang kekasih sendiri ada di sebuah pedesaan. Namun, ketika Chris tiba di rumah orang tua Rose, dia mulai merasa tidak nyaman dengan sikap aneh dan perilaku keluarga Armitage. Dia juga menyadari bahwa pembantu mereka yang semuanya adalah orang Afrika Amerika juga berperilaku aneh. Seiring berjalannya waktu, Chris mulai menyadari bahwa ada sesuatu yang sangat tidak beres di rumah itu, dan dia harus mencari cara untuk keluar dari situasi yang semakin berbahaya sebelum terlambat.

Meskipun anggaran produksinya relatif kecil, Get Out menjadi film yang laku keras dan menjadi salah satu film yang masuk jajaran box office. Ini menjadi film horor karya Jordan Peele lainnya yang berhasil. Dalm film ini, Jordan Peele coba untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan film horor. Satu hal yang membuat film ini laku adalah bagaimana para peonton akan terhanyut dalam ceritanya yang menarik.

Murder mystery sepertinya masih akan terus populer untuk beberapa tahun kedepan meskipun film yang menghadirkan tema cerita ini tidak terlalu banyak. Hal yang berkaitan dengan misteri selalu menarik untuk disaksikan. Dan di atas adalah beberapa contoh nyata dari film misteri pembunuhan tersebut.

Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.
Exit mobile version