Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Populer Yang Ternyata Remake!

10 Film Populer Yang Ternyata Remake!

Mungkin banyak dari Geeks tidak menyadari bahwa beberapa film populer di Hollywood merupakan remake dari berbagai film sebelumnya. Menghadirkan sebuah film remake memang bukan hal yang baru dalam industri Hollywood. Namun, umumnya, beberapa film remake “diadaptasi” dari film yang kurang populer atau film yang populer tapi sudah mulai terlupakan. Beberapa film populer Hollywood ternyata bukan original melainkan remake dari versi sebelumnya. Apa saja?

10 The Italian Job

Film populer yang ternyata remake yang pertama adalah The Italian Job. Film ini dirilis pada tahun 2003 dan disutradarai oleh F. Gary Gray. The Italian Job dibintangi sederet aktris Hollywood seperti Mark Wahlberg, Charlize Theron, Edward Norton, Jason Statham, Seth Green, Mos Def, dan Donald Sutherland. Film ini merupakan remake dari film berjudul sama yang dirilis pada tahun 1969.

Meskipun keduanya memiliki premis yang sama, yaitu tentang pencurian besar-besaran di Italia, versi tahun 2003 menampilkan banyak perubahan dalam plot dan karakter dari versi tahu 1969. The Italian Job menceritakan tentang sekelompok pencuri yang merencanakan dan melaksanakan serangkaian pencurian besar di Italia. Namun, salah satu dari mereka, Steve, mengkhianati kelompok tersebut dan membawa kabur hasil curiannya.

Bahkan, dia juga menghabisi sosok pemimpin sebelumnya. Charlie Croker kemudian berusaha untuk membalas dendam apa yang sudah dia lakukan. Sayangnya, film ini dianggap tidak sebaik versi originalnya. Meskipun begitu, filmnya tetap meraup keuntungan besar. Dan The Italian Job sendiri masih menjadi salah satu film yang cukup populer hingga sekarang.

9 The War Of The World

Film yang dirilis pada tahun 2005 ini diadaptasi dari novel klasik berjudul sama karya H.G. Wells yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1898. Film ini dibintangi oleh Tom Cruise dan Dakota Fanning yang menceritakan tentang bumi yang diserang oleh alien. Fokus ceritanya sendiri adalah sosok Ray Ferrier yang mana di film tersebut dia berusaha untuk melindungi anak perempuannya, Rachel, dan anak laki-lakinya, Robbie, dari invasi alien.

Ketika armada alien muncul secara tiba-tiba di seluruh dunia dan mulai menghancurkan segala yang ada di depan mereka, Ray terpaksa memimpin anak-anaknya untuk mencari tempat perlindungan. Mereka harus menghindari serangan alien yang mematikan dan bertahan hidup dalam keadaan yang semakin memburuk. Selama perjalanan mereka yang berbahaya tersebut Ray juga bertemu dengan orang lain yang juga berusaha bertahan hidup.

Film ini mendapatkan tanggapan yang positif dan berbagai pihak dan cukup populer. Namun, ini bukanlah film pertama yang diadaptasi dari novel tersebut. Pada tahun 1953, ada film berjudul sama yang juga mendapatkan ulasan positif dan laku keras kala itu. Namun, teknologi yang mereka gunakan saat itu memang masih sederhana yang mana hal ini berbeda dengan versi tahun 2005.

8 Charlie And The Chocolate Factory

Mungkin, ini adalah salah satu film populer yang banyak orang ketahui memiliki banyak versi remakenya. Charlie and the Chocolate Factory menceritakan tentang seorang anak bernama Charlie Bucket yang tinggal bersama keluarga besarnya di sebuah kota kecil. Di seberang jalan rumah mereka terdapat sebuah pabrik cokelat misterius yang dimiliki oleh seseorang bernama Willy Wonka.

Dia merupakan seorang pembuat cokelat eksentrik yang sangat terkenal di kota tersebut. Suatu hari, Willy Wonka mengumumkan bahwa dia akan memberikan kesempatan untuk lima anak beruntung yang menemukan Golden Ticket atau Tiket Emas di dalam bungkus cokelat buatannya. Kelima anak tersebut nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk bisa melihat langsung proses pembuatan coklat Wonka di pabriknya.

Charlie And The Chocolate Factory yang rilis pada 2006 ini sebenarnya merupakan remake dari judul yang sama yang rilis pada tahun 1971. Gene Wilder merupakan aktor yang memerankan Wonka di film tersebut.. Yang menarik adalah di tahun 2023 kemarin sempat ada versi remake lainnya dengan cerita yang menarik yaitu Wonka yang dibintangi oleh Timothée Chalamet.

7 The Thing

The Thing merupakan salah satu film horor yang berpengaruh dalam industri film dan juga untuk genre horor khususnya. Filmnya sendiri dirilis pada tahun 1982 dan menghadirkan cerita tentang sekelompok ilmuwan yang ada di stasiun penelitian di Antartika. Suatu hari, mereka menyadari bahwa ada makhluk alien yang mampu meniru bentuk tubuh orang lain mengancam nyawa mereka.

Sudah banyak korban dari makhluk alien tersebut, di mana makhluk itu bisa menyamar menjadi sosok orang yang dia temui. Dan makhluk alien tersebut akan menghabisi nyawa mereka. Para ilmuwan yang ada di stasiun tersbeut harus berjuang untuk bertahan hidup dan menghentikan alien tersebut sebelum dapat melarikan diri ke dunia luar dan mengancam umat manusia.

Banyak fans yang mungkin tidak tahu jika film garapan sutradara spesialis horor dan monster, John Carpenter, ini sebenarnya merupakan remake dari film The Thing from Another World yang rilis pada 1951. Kedua versi film tersebut ceritanya diadaptasi dari satu sumber yang sama yaitu cerita pendek Who Goes There? karya John W. Campbell Jr. Namun, berbeda dengan versi tahun 1951, versi 1980an ini jauh lebih populer dan dianggap film klasik.

6 A Star Is Born

Geeks mungkin mengenal film A Star is Born sebagai film yang menghadirkan sosok Bradley Cooper dan Lady Gaga sebagai bintang utamanya. Film musikal ini benar-benar menjadi sebuah fenomena baru di dunia film dan musik, yang mana banyak orang memuji pasangan tersebut di filmnya. Ini juga bahkan menjadi debut dari Lady Gaga di dunia film yang kemudian sukses membuatnya terkenal juga sebagai aktris.

Namun, faktanya, film tersebut merupakan versi remake dan ada kurang lebih empat versi yang dibuat ulang dari film yang rilis pertama kali pada 1937. Tiga versi remake – yaitu pada tahun 1954, 1976, dan 2018 – memiliki fokus cerita kepada musik. Sedangkan, versi orisinal filmnya benar-benar menghadirkan cerita sesuai judulnya yaitu tentang bagaimana seorang bintang dari seni peran lahir dan cerita tragis dari kisah romansa yang dia jalani.

Karakter utama di film A Star is Born versi orisinal berkecimpung di dunia akting, bukan di industri musik. Film versi orisinal ini mungkin memang lebih baik dari versi 1976, namun tidak lebih baik dari versi 1954 dan di tahun 2018. Dan bisa dibilang versi tahun 2018 jauh lebih populer dari versi originalnya. Film ini bahkan berhasil memboyong beberapa penghargaan sekaligus.

5 I Am Legend

Film populer yang ternyata remake selanjutnya adalah I Am Legend. Geeks mungkin sudah tidak asing dengan film yang dibintagi oleh Will Smith ini. I Am Legend disutradarai oleh Francis Lawrence dan dibintangi oleh Will Smith yang berperan sebagai Dr. Robert Neville. Film I Am Legend rilis pada 2001 dan diadaptasi dari novel berjudul sama karya Richard Matheson yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1954.

I Am Legend mengisahkan tentang Dr. Robert Neville, seorang ilmuwan militer yang dianggap sebagai manusia terakhir yang selamat di New York City. Sebuah wabah virus yang awalnya diciptakan untuk menyembuhkan kanker akhirnya justru menjadi pandemi yang mematikan. Virus tersebut mematikan sebagian besar populasi manusia, dan yang selamat berubah menjadi makhluk zombie pemakan daging yang disebut Darkseekers.

Film I Am Legend ini sendiri sebenarnya bukan adaptasi yang pertama dari novel tersebut. Novel I Am Legend karya Francis Lawrence tersebut sebelumnya sudah diadaptasi menjadi film yang The Last Man on Earth pada 1964 dan The Omega Man pada 1971. Artinya, sejauh ini I Am Legend sudah tiga kali diremake dengan alur cerita yang sama namun beberapa poin cerita yang berbeda. Dan tidak banyak orang yang tahu tentang hal ini berkat kesuksesan dari film yang dibintangi oleh Will Smith.

4 Heat

Film ikonik lainnya yang masuk daftar ini. Heat menceritakan tentang konflik antara seorang detektif LAPD, Vincent Hanna, dan seorang perampok, Neil McCauley. Hanna dan timnya berusaha menangkap McCauley dan kelompoknya yang melakukan serangkaian perampokan bank dan pencurian berencana tingkat tinggi di Los Angeles. McCauley sendiri adalah seorang perampok profesional.

Di sisi lain, Hanna adalah seorang detektif yang kompeten dan sangat terobsesi untuk mengejar penjahat. Kisah dari film Heat sendiri merupakan adaptasi dari proses pengejaran seorang kepolisian bernama Chuck Adamson dalam mengejara penjahat bernama Neal McAuley. Vincent Hanna merupakan adaptasi dari sosok detektif Chuck Adamson yang bertugas di Chicago saat mengejar Neal di tahun 1960an.

Film yang dibintangi oleh Al Pacino dan juga sederet nama beken lainnya, seperti val Kilmer dan Robert de Niro, menjadi salah satu film aksi yang populer hingga sekarang. Dan ini juga merupakan salah satu film terbaik dari Al Pacion dan De Niro. Namun, sang sutradara, Michael Mann, sebenarnya melakukan remake dari film L. A. Takedown dengan beberapa perubahan di berbagai hal.

3 Ocean’s 11

Ocean’s Eleven adalah film pertama dari trilogi Ocean’s. Film ini dirilis pada tahun 2001 dan disutradarai oleh Steven Soderbergh. Banyak yang mungkin tidak tahu jika cerita dasar dari film ini diadaptasi dari film Ocean’s 11 versi tahun 1960 yang disutradarai oleh Lewis Milestone. Beberapa pemeran yang terlibat dalam film Ocean’s Eleven antara lain adalah George Clooney, Brad Pitt, Matt Damon, dan masih banyak lagi.

Filmnya sendiri bercerita tentang Danny Ocean yang merupakan seorang mantan narapidana yang baru saja bebas dari penjara. Dia memiliki rencana besar untuk merampok tiga kasino terbesar di Las Vegas dalam satu malam. Danny kemudian mempersiapkan semua rencana untuk perampokan tersebut bersama temannya Rusty Ryan.

Keduanya kemudian membentuk tim yang memiliki kemampuan berbeda masing-masingnya. Setiap anggota tim memiliki peran khusus dalam pelaksanaan rencana tersebut. Namun, kemudian terungkap bahwa ternyata misi tersebut bukan hanya tentang merampok kasino, tetapi juga merupakan usaha Danny Ocean untuk memenangkan kembali hati mantan istrinya, Tess, yang sekarang berkencan dengan Terry Bennedict, pemilik tiga kasino yang jadi target mereka.

2 The Departed

The Departed adalah film yang dirilis pada tahun 2006 dan disutradarai oleh Martin Scorsese. Film ini juga dibintangi beberapa nama beken seperti Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, Mark Wahlberg, Martin Sheen, dan Alec Baldwin. The Departed mendapat pujian yang luas dan memenangkan empat piala Oscar, termasuk Best Picture, Best Director untuk Martin Scorsese, Best Adapted Screenplay, dan Best Film Editing.

Filmnya menceritakan dua karakter utama yaitu Billy Costigan, seorang polisi muda yang menyusup ke dalam organisasi mafia di bawah kepemimpinan Frank Costello, dan Colin Sullivan, seorang anggota mafia yang menyusup ke dalam kepolisian sebagai informan. Kedua karakter ini hidup dengan identitas ganda dan saling mencoba mencari tahu identitas satu sama lain.

The Departed sendiri sebenarnya merupakan film remake dari film Hong Kong tahun 2002 yang berjudul Infernal Affairs, yang disutradarai oleh Andrew Lau dan Alan Mak. Yang menarik adalah baik versi asli atau remakenya sama-sama sukses di pasaran. Meskipun begitu, The Daparted tetap jadi filmm yang banyak orang ketahui daripada Internal Affairs.

1 Scarface

Film populer yang ternyata remake yang terakhir adalah Scarface. Ketika berbicara tentang film Scarface yang rilis di tahun 1983, kita akan disuguhkan dengan kalimat ikonik, “Say hello to my little friend”, kalimat yang diucapkan oleh Tony Montana. Kalimat tersebut muncul di adegan terakhir filmnya ketika Tony Montana diserang oleh kelompok rivalnya dan menjadi akhir dari kisah Tony.

Sebenarnya film ini merupakan remake dari film klasik tahun 1932 dengan judul yang sama. Film Scarface seniri menceritakan tentang Tony Montana, seorang imigran Kuba yang datang ke Amerika Serikat dengan tujuan untuk merubah nasibnya menjadi sosok yang kaya raya. Setelah tiba di Miami, dia terlibat dalam dunia kejahatan dan mulai naik pangkat di dalam sindikat obat-obatan terlarang.

Dengan kecerdasan, ambisi, dan kekejaman yang luar biasa, Tony menjadi gembong obat-obatan terkenal yang mengendalikan sindikat perdagangan di Miami. Namun, keberhasilannya di dunia kejahatan diiringi juga oleh kehancuran dari kehidupan pribadinya karena dia terjerumus dalam kehidupan yang penuh dengan kekerasan dan pengkhianatan.

Beberapa film populer yang bahkan berhasil mendapatkan penghargaan ternyata merupakan remake dari film yang berasal dari puluhan tahun lalu atau bahkan beberapa tahun sebelumnya. Yang menarik justru film versi remake ini yang lebih terkenal dari versi aslinya, yang membuat orang tidak tahu bahwa sebenarnya film tersebut adalah remake.

Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.
Exit mobile version