Home COMIC COMIC FEATURES 6 Varian Fantastic Four Paling Kuat!

6 Varian Fantastic Four Paling Kuat!

Fantastic Four adalah tim superhero ikonik dari Marvel Comics, dikenal sebagai tim superhero pertama yang diciptakan oleh penulis Stan Lee dan artis Jack Kirby. Mereka debut dalam “Fantastic Four” #1 pada November 1961. Tim ini terkenal karena kekuatan super mereka yang unik, dinamika keluarga yang kuat, dan petualangan yang luar biasa. Menariknya nih Geeks, Marvel tidak hanya membuat satu Fantastic Four saja, karena ternyata mereka juga membuat beberapa varian Fantastic Four yang terkenal sangat kuat. Siapa saja mereka? Simak berikut ini Geeks!

6 Fantastic Thors

Fantastic Thors pertama kali muncul dalam komik Secret Wars: Thors #2 (2015) sebagai bagian dari event crossover besar Marvel, “Secret Wars”. Dalam event ini, berbagai realitas alternatif bertabrakan dan digabungkan menjadi satu dunia yang dikenal sebagai Battleworld. Di sini, Doctor Doom menciptakan sebuah tim yang beranggotakan Thor dari berbagai macam universe untuk menjaga planetnya, Battleworld.

Di antara banyaknya Thor yang muncul, ada empat sosok Thor yang menyebut mereka sebagai anggota Fantastic Thors. Masing-masing dari Thor tersebut memiliki kekuatan yang tidak biasa, karena mereka menyimpan kekuatan uniknya tersendiri. Contohnya salah satu Thor yang memiliki kemampuan menghilang. Selain itu, ada juga Thor yang memiliki kekuatan api, di mana bentuk tubuhnya mirip seperti Surtur.

Yap, masing-masing dari anggota Fantastic Thors itu sendiri memang memiliki kekuatan seperti layaknya anggota Fantastic Four. Menariknya, keempat Thor tersebut juga mempunyai palunya masing-masing. Fantastic Thors sebenarnya diciptakan untuk melindungi Doctor Doom dari ancaman Reed Richards. Doom merasa bahwa posisinya Ketika itu terancam, sehingga dia membuat Fantastic Thors.

5 Ultimate Fantastic Four

Ultimate Fantastic Four adalah varian Fantastic Four yang muncul dalam “Ultimate Marvel” dari Marvel Comics. Versi Ultimate memang sengaja dimunculkan sebagai upaya untuk menarik pembaca baru, dengan memperbarui dan menyegarkan asal-usul dan cerita karakter klasik Marvel. Ultimate Fantastic Four pertama kali muncul dalam komik Ultimate Fantastic Four #1 yang diterbitkan pada Februari 2004. Komik ini ditulis oleh Brian Michael Bendis dan Mark Millar, dengan ilustrasi oleh Adam Kubert.

Dalam versi Ultimate, asal-usul Fantastic Four berbeda dari versi klasik. Reed Richards, Sue Storm, Johnny Storm, dan Ben Grimm mendapatkan kekuatan dari dimensi parallel yang disebut Negative Zone, bukan setelah terpapar radiasi kosmik di luar angkasa. Salah satu perbedaan utama antara Ultimate Fantastic Four dan versi klasik adalah usia mereka. Reed, Sue, Johnny, dan Ben lebih muda dalam versi Ultimate, dengan Reed dan Sue menjadi remaja atau di awal usia 20-an, menjadikan mereka lebih relatable bagi pembaca muda.

Ultimate Fantastic Four menghadapi banyak penjahat yang mirip dengan versi klasik, tetapi dengan beberapa perubahan. Misalnya, Doctor Doom memiliki asal-usul dan kekuatan yang berbeda dalam versi Ultimate, termasuk kemampuan untuk mengendalikan logam. Sayangnya, Reed Richards mengalami banyak tragedi yang membuatnya berubah menjadi villain yang dikenal The Maker.

4 Future Foundation

Future Foundation pertama kali muncul dalam Fantastic Four #579 yang diterbitkan pada Juli 2010. Organisasi ini diciptakan oleh Jonathan Hickman dan Dale Eaglesham. Bisa dibilang bahwa Future Foundation menjadi varian Fantastic Four paling kuat yang pernah ada. Future Foundation dibentuk oleh Reed Richards untuk melawan ilmuwan gila yang menciptakan teknologi untuk menghancurkan Bumi.

Namun yang harus dicatat bahwa Future Foundation tidak hanya beranggotakan 4 orang saja, tetapi ada lebih banyak lagi karakter yang bergabung ke dalam tim ini, seperti Nathaniel Richards, Medusa, Miss Thing, Valeria Richards, She-Hulk, Spider-Man, Powerhouse, dan masih banyak lagi. Dapat dibayangkan jika para superhero kuat tersebut saling berkumpul dan membentuk Future Foundation untuk melindungi Bumi.

Future Foundation sering terlibat dalam berbagai petualangan dan konflik yang melibatkan ancaman kosmik dan interdimensional. Mereka menghadapi berbagai penjahat dan tantangan, termasuk ancaman dari multiverse dan makhluk-makhluk super kuat. Tim ini dikenal karena pendekatan inovatif mereka terhadap masalah. Mereka sering menggunakan teknologi canggih dan ide-ide out-of-the-box untuk mengatasi berbagai ancaman.

3 Fantastic Five

Fantastic Five melakukan debut di komik What If? Vol. 2 #105 di tahun 1997. Seperti Namanya, varian Fantastic Four ini terdiri dari lima orang, bukan empat orang seperti yang biasa kita lihat. Tim pahlawan super ini terdiri dari beberapa karakter seperti Human Torch, Lyja, Franklin Richard, dan yang lainnya. Di sini, cedera hebat memaksa Mister Fantastic dan Invisible Woman untuk tetap tinggal di Negative Zone.

Karena itulah Human Torch didapuk sebagai pemimpin baru Fantastic Five. Mereka berasal dari Earth-982, dan mereka memiliki markas di Five Freedoms Plaza yang berada di New York. Ketika Dr. Doom terlihat di Latveria, PBB meminta Fantastic Five atau F5 untuk menyelidikinya. Sebenarnya Fantastic Five juga telah berganti-ganti anggota, seperti Super Storm yang kemudian bergabung ke dalam tim ini.

Setiap kekuatan anggotanya membuat tim Fantastic Five ini jauh lebih kuat dari Fantastic Four. Sebagai contoh, Psi-Lord alias Franklin Richard yang ternyata mutan level Omega. Psi-Lord adalah anak Reed Richards yang mempunyai kemampuan sangat kuat, seperti telekinesis, telepati dan ledakan energil.  Bahkan dia mampu untuk membuat sebuah realitas baru.

2 Challengers of the Fantastic

Challengers of the Fantastic adalah tim superhero dari alam semesta alternatif di komik Marvel, yang menggabungkan elemen dari dua kelompok superhero terkenal: Fantastic Four dari Marvel Comics dan Challengers of the Unknown dari DC Comics. Challengers of the Fantastic muncul di universe Amalgam, yang diciptakan selama event crossover DC vs. Marvel pada tahun 1996.

Di universe ini, karakter-karakter dari kedua perusahaan tadi digabungkan untuk menciptakan pahlawan dan penjahat yang baru. Nah Challengers of the Fantastic terdiri dari anggota yang merupakan gabungan dari Fantastic Four dan Challengers of the Unknown, seperti Reed “Prof” Richards (gabungan dari Reed Richards dan Prof Haley). Nah berbeda dari Fantastic Four biasa, anggota Challengers of the Fantastic memiliki kekuatan tambahan, seperti Prof. Richards yang mempunyai empat lengan robot.

Selain itu, ada Rocky Grimm yang mempunyai empat lengan batu, Red Storm menggunakan senjata pelontar api, dan anggota wanita bernama Ace Storm. Tapi sayangnya, kemunculan Challengers of the Fantastic memang tidak terlalu lama, dan mereka menghilang dan tidak pernah dimunculkan kembali setelah eventnya berakhir.

1 All-New Fantastic Four

Satulagi varian Fantastic Four paling berbeda yang pernah ditampilkan di Marvel Universe. Varian ini bernama All-New Fantastic Four. Tim ini terdiri anggota yang sama sekali berbeda, bukan Reed Richards dan kawan-kawan, melainkan Spider-Man, Wolverine, Hulk (Grey Hulk/Joe Fixit), dan Ghost Rider (Danny Ketch). Mereka menggantikan anggota asli Fantastic Four dalam situasi darurat.

Tim ini pertama kali muncul dalam “Fantastic Four” Vol. 1, #347-349 (1990-1991), yang ditulis oleh Walt Simonson dan digambar oleh Arthur Adams. Mereka bersatu untuk menggantikan anggota asli Fantastic Four yang hilang. Cerita dimulai dengan Fantastic Four yang asli (Reed Richards, Sue Storm, Johnny Storm, dan Ben Grimm) diculik oleh Skrulls. Lyja, seorang Skrull yang menyamar sebagai Alicia Masters, mengajak Spider-Man, Wolverine, Hulk, dan Ghost Rider untuk menggantikan mereka.

Kombinasi karakter dalam All-New Fantastic Four sangat unik karena mereka berasal dari latar belakang yang sangat berbeda dan biasanya tidak beroperasi sebagai tim. Dinamika antara karakter-karakter ini menjadi salah satu daya tarik utama dari cerita tersebut.
Dan menariknya, All-New Fantastic Four pada akhirnya berhasil menyelamatkan tim Fantastic Four yang asli dari cengkraman De’Lila.

Exit mobile version